TK Aisyiyah 4 Pondok Jati

TK Aisyiyah 4 Pondok Jati, Membangun Fondasi Anak Hebat di Tengah Tantangan Zaman

fpip.umsida.ac.id – Di era modern yang semakin dinamis dan penuh tantangan, anak-anak memerlukan pendekatan yang inovatif dalam mengembangkan potensi mereka. Agar dapat siap menghadapi tantangan global, memanfaatkan teknologi yang terus berkembang, serta mengembangkan keterampilan yang relevan untuk masa depan, peran orang tua, guru, dan pendidik sangat penting. Mereka harus memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk belajar, berkembang, dan menggali potensi mereka secara maksimal.

Di tengah kebutuhan tersebut, TK Aisyiyah Bustanul Athfal 4 Pondok Jati hadir dengan pendekatan yang sesuai, yaitu menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan berbasis pada pembelajaran sentra dengan pendekatan proyek. Model pembelajaran ini mengintegrasikan muatan MELESAT (Mathematics, Existence, Literacy, Engineering, Science, Art, Technology) yang bertujuan untuk mengoptimalkan berbagai potensi anak. Pembelajaran ini juga disertai dengan penanaman nilai-nilai Islami yang menjadi dasar pengembangan karakter peserta didik yang berakhlakul karimah, serta mengajarkan ajaran agama Islam yang bersumber dari Al-Qur’an dan As-Sunnah dalam kehidupan sehari-hari.

Model Pembelajaran Sentra Berbasis Proyek di TK Aisyiyah 4 Pondok Jati

TK Aisyiyah Bustanul Athfal 4 Pondok Jati menerapkan model pembelajaran sentra berbasis proyek, yang terdiri dari enam sentra, antara lain sentra balok, sentra persiapan, sentra imtaq, sentra bahan alam, sentra bermain peran, dan sentra IT. Sentra IT menjadi salah satu fokus utama dalam membantu anak-anak mengenal dan memahami teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dengan cara yang menyenangkan dan interaktif. Di sini, anak-anak tidak hanya mempelajari dasar-dasar TIK, tetapi juga dilatih untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis, logika, dan problem-solving.

Di sentra IT, anak-anak diajak untuk membuat desain mereka sendiri menggunakan aplikasi Canva. Aktivitas ini tidak hanya meningkatkan keterampilan teknologi, tetapi juga mengasah kreativitas dan kemampuan mereka untuk menyelesaikan masalah secara mandiri. Selain itu, sentra-sentra lainnya juga memberikan manfaat yang signifikan dalam pengembangan keterampilan sosial dan kognitif anak, menciptakan pengalaman belajar yang holistik dan menyeluruh.

Manfaat Program Magang Mahasiswa Umsida untuk TK Aisyiyah 4 Pondok Jati dan Mahasiswa

Selama kegiatan magang, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) terlibat langsung dalam proses pembelajaran di TK Aisyiyah 4 Pondok Jati. Mereka berperan sebagai asisten guru, membantu dalam merancang dan melaksanakan kegiatan pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan. Selain itu, mahasiswa Umsida juga berkesempatan melakukan observasi dan penelitian tentang metode pembelajaran yang efektif bagi anak usia dini. Mereka mengamati dan menganalisis proses belajar anak serta peran guru dalam mendukung perkembangan anak melalui pembelajaran yang efektif.

Kegiatan magang ini diharapkan memberikan manfaat bagi kedua belah pihak. Bagi mahasiswa, ini merupakan kesempatan untuk mendapatkan pengalaman langsung dan memperluas pengetahuan mereka tentang pengembangan kurikulum dan metode pembelajaran yang efektif. Mahasiswa juga dapat mengaplikasikan teori yang telah dipelajari di kelas ke dalam praktik nyata, meningkatkan kemampuan dan keterampilan mengajar mereka.

Di sisi lain, TK Aisyiyah 4 Pondok Jati juga memperoleh manfaat besar dari kegiatan magang ini. Mereka mendapatkan bantuan dalam mengembangkan kurikulum dan metode pembelajaran yang lebih efektif, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah. Selain itu, kegiatan magang ini juga berperan dalam meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru-guru di TK Aisyiyah 4 Pondok Jati, memperkaya metode pengajaran mereka dengan inovasi baru.

Dengan demikian, program magang ini tidak hanya memberikan manfaat akademis bagi mahasiswa UMSIDA, tetapi juga berkontribusi pada pengembangan kualitas pendidikan di TK Aisyiyah 4 Pondok Jati, mempersiapkan anak-anak untuk masa depan yang cerah dan penuh potensi.

 

Penulis: Tim PLP I

Editor: Mutafarida

Bertita Terkini

FPIP
Kolaborasi FPIP dan FBHIS Umsida Bersama WIJABA, Buka Peluang Karir Lewat Magang dan Pendidikan
July 4, 2025By
Field Trip
Field Trip 2025 Mahasiswa Psikologi Umsida: Belajar Langsung dari Dunia Nyata
July 3, 2025By
FPIP Umsida
Yudisium I 2025 FPIP Umsida: 191 Lulusan Siap Menghadapi Dunia Profesional dengan Semangat Baru
July 2, 2025By
Yudisium
Yudisium I 2025 FPIP Umsida Siap Digelar!
July 1, 2025By
karir
Bimbingan Karir di Pra-Yudisium I 2025: Persiapan Calon Wisudawan Menghadapi Dunia Kerja
June 30, 2025By
karir
Bimbingan Karir & Gladi Bersih Pra Yudisium I 2025
June 28, 2025By
psikologi
Kerjasama Psikologi Umsida dan UM Jember: Meningkatkan Kualitas Pendidikan melalui Pertukaran Dosen dan Laboratorium
June 27, 2025By
Umsida
Prodi PPG Umsida Ikuti Pembekalan LPTK Baru untuk Peningkatan Mutu PPG 2025
June 26, 2025By

Prestasi

MBKM Asistensi Mengajar
MBKM Asistensi Mengajar Prodi PTI Umsida, Tingkatkan Keterampilan dan Bawa Kontribusi Nyata
June 20, 2025By
PTI
Kontribusi Prodi PTI dalam Penetapan Umsida sebagai Lembaga Penyelenggara Pendidikan dan Pelatihan Koding serta Kecerdasan Artifisial
June 18, 2025By
IPA
Dosen Pendidikan IPA Umsida Lolos Hibah RisetMu: Upaya Meningkatkan Literasi Lingkungan dan Wawasan Budaya Lokal
June 17, 2025By
Persiapan
Persiapan dan Pengalaman Berharga Dipo, Mahasiswa Psikologi Umsida Raih Medali Perunggu Pomprov Jatim 2025 Cabor Silat
June 11, 2025By
PBI
Mahasiswa PBI Berangkat LOEI International Internship Program, Siap Raih Pengalaman Internasional
June 9, 2025By

Riset dan Inovasi

buku
Dosen PG Paud Ciptakan Buku Ajar, Musik Mampu Tingkatkan Kecerdasan Anak Usia Dini
February 5, 2025By
literasi
Wisata Literasi Virtual Reality (VR) Ramah Difabel Hadir sebagai Inovasi dari PTI Umsida
January 7, 2025By
buku ajar
Dosen FPIP Umsida Buat Buku Ajar untuk Solusi Pendidikan Literasi di Kelas Awal
December 13, 2024By