smartbox

Penggunaan Media Interaktif Smartbox Meningkatkan Kolaborasi Siswa di SD Muhammadiyah 1 Gempol

fpip.umsida.ac.id — Gempol, Pasuruan – 23/09/2025 Mahasiswa Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) II dari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (FPIP) Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) melaksanakan inovasi pembelajaran dengan menghadirkan media interaktif Smartbox di kelas 5 SD Muhammadiyah 1 Gempol. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan serta kolaborasi antarsiswa dalam proses belajar.

Mahasiswa Umsida Hadirkan Smartbox

Smartbox merupakan media pembelajaran berbasis digital yang memadukan teknologi interaktif dengan permainan edukatif. Penggunaan media Smartbox diinisiasi karena mahasiswa ingin menghadirkan pembelajaran yang inovatif, menarik, dan mudah digunakan oleh siswa sekolah dasar.

Dibuat agar siswa tidak hanya belajar secara teoritis, tetapi juga melalui pengalaman langsung yang interaktif. Dengan adanya Smartbox, diharapkan pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, siswa lebih aktif, serta mampu meningkatkan pemahaman konsep secara konkret.

Lihat Juga: Kajian Keputrian FORTAMA FPIP Tahun 2025: Menumbuhkan Marwah dan Etika Sejak Dini

Selain itu, media ini juga menjadi jawaban atas tantangan guru dalam menciptakan variasi pembelajaran yang kreatif. Smartbox berisi permainan dan materi.

Cara kerjanya cukup sederhana: Guru atau siswa membuka kotak, di dalamnya terdapat permainan mencocokkan yang harus diselesaikan.permainan ini bisa digunakan secara individu maupun berkelompok melalui kegiatan yang sudah terstruktur.

Kolaborasi dan Antusiasme Siswa dalam Penggunaan Smartbox

smartboxMelalui media ini, siswa diajak untuk bekerja sama dalam kelompok guna memecahkan soal, menjawab pertanyaan, serta menyelesaikan tantangan yang disajikan secara visual.

“Penggunaan Smartbox ini diharapkan dapat menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan, aktif, dan kolaboratif,” ungkap salah satu mahasiswa PLP Umsida.

“Kami ingin menghadirkan pembelajaran yang tidak hanya berpusat pada guru, tetapi juga memberi ruang bagi siswa untuk bekerja sama dan berpikir kritis.”

Lihat Juga: Kunjungan Perpustakaan dalam Kegiatan Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Literasi Siswa

madiyah 1 Gempol mengapresiasi langkah kreatif mahasiswa Umsida dalam menghadirkan pembaharuan metode pembelajaran di kelas.

“Media Smartbox ini sangat bermanfaat, terutama untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi dan bekerja sama,” tuturnya.

“Anak-anak terlihat antusias dan lebih aktif ketika belajar.”

Selama kegiatan, siswa tampak bersemangat saat menggunakan Smartbox. Mereka saling berdiskusi, berbagi ide, dan bekerjasama untuk menyelesaikan setiap soal yang ditampilkan. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan kolaborasi serta interaksi positif antar teman sekelas.

Smartbox sebagai Inovasi Berkelanjutan di Sekolah

smartboxSetelah program PLP selesai, Smartbox akan diserahkan kepada sekolah sebagai media pembelajaran yang dapat terus digunakan oleh guru dalam kegiatan belajar mengajar. Guru juga memiliki kesempatan untuk mengembangkan Smartbox ini dengan menambahkan materi baru sesuai kebutuhan pembelajaran.

Dengan begitu, tidak hanya bermanfaat selama masa PLP, tetapi juga menjadi salah satu inovasi berkelanjutan yang dapat membantu proses pembelajaran di sekolah secara terus-menerus.

Dengan adanya implementasi media interaktif, diharapkan tercipta pengalaman belajar yang lebih variatif dan inovatif, serta mampu mendukung tercapainya profil pelajar Pancasila, khususnya pada aspek gotong royong dan kreativitas.

Penerapan di lingkungan sekolah dasar bukan hanya menghadirkan inovasi dalam bentuk media pembelajaran, tetapi juga menumbuhkan semangat baru dalam dunia pendidikan.

Lihat Juga: Di 15th Airlangga Championship Tapak Suci National Open 2025, Deisyah Amalia Rawethi Raih Medali Emas

Melalui kolaborasi antara mahasiswa, guru, dan siswa, kegiatan ini menjadi contoh nyata bagaimana teknologi dapat dimanfaatkan secara positif dalam pembelajaran dasar. Smartbox mendorong siswa untuk aktif berpikir, bekerja sama, dan belajar dari pengalaman, bukan sekadar menerima informasi dari guru.

Dari sisi guru, kehadiran media ini juga memperkaya variasi metode mengajar, sehingga proses belajar menjadi lebih hidup dan relevan dengan perkembangan zaman.

Kegiatan ini menunjukkan bahwa inovasi pendidikan tidak harus mahal, tetapi cukup dengan ide kreatif yang berpihak pada kebutuhan siswa.

Melalui proyek seperti ini, diharapkan calon pendidik dari Umsida terus mengembangkan kemampuan mereka sebagai agen perubahan dalam dunia pendidikan dasar, dengan membawa semangat pembaruan dan kreativitas yang berkelanjutan.

Harapannya, inovasi serupa dapat terus berkembang dan menginspirasi sekolah-sekolah lain untuk menciptakan pembelajaran yang lebih bermakna, menyenangkan, dan berorientasi pada perkembangan karakter siswa.

Penulis : Hidayatul Munawaroh

Editor : Nabila Wulyandini

Bertita Terkini

international class session
International Class Session 2025 Perkuat Pengalaman Akademik dan Kolaborasi Global Mahasiswa FPIP Umsida
November 5, 2025By
pelantikan
Pelantikan Akbar FPIP 2025 Teguhkan Komitmen Mahasiswa Menuju Gerak Progresif
November 4, 2025By
nabilla maulidia sari
Nabilla Maulidia Sari Mahasiswa FPIP Umsida 2025 Raih Prestasi Olahraga Bukti Konsistensi dan Semangat Juang
November 3, 2025By
culture study
Culture Study Bromo 2025 Tumbuhkan Semangat Belajar di Luar Ruang Kelas
November 1, 2025By
program magang internasional
Program Magang Internasional 2025 FPIP Umsida Bekali Mahasiswa PBI Mengajar di Thailand
October 31, 2025By
naungan action
Naungan ACTION Umsida 2025 Inovasi Mahasiswa dalam Pengabdian dan Pendidikan Anak Desa
October 30, 2025By
teknologi digital
Teknologi Digital Inovasi Pendidikan di Inspire Conference Umsida 2025
October 29, 2025By
psikologi dan pendidikan
Psikologi dan Pendidikan: Strategi Global di Konferensi INSPIRE Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
October 28, 2025By

Prestasi

nabilla maulidia sari
Nabilla Maulidia Sari Mahasiswa FPIP Umsida 2025 Raih Prestasi Olahraga Bukti Konsistensi dan Semangat Juang
November 3, 2025By
Tapak Suci
Di 15th Airlangga Championship Tapak Suci National Open 2025, Deisyah Amalia Rawethi Raih Medali Emas
October 14, 2025By
Airlangga Championship
Syihabudin Robbani Berjaya di Airlangga Championship Nasional Open 2025, Raih Dua Gelar Juara
October 10, 2025By
Medali Emas
Mahasiswa Psikologi Umsida Raih Medali Emas di Indonesia Expo Battle Piala DPR RI
October 3, 2025By
Tarikh Bima
Tarikh Bima Damarjati Sabet Juara 3 di Kejuaraan Pencak Silat Tingkat Nasional
September 30, 2025By

Riset dan Inovasi

Psikologi Al-Fatihah
Pelatihan Psikologi Al-Fatihah oleh Tim Dosen Psikologi Umsida, Tingkatkan Layanan Guru BK SMA Muhammadiyah 3 Tulangan Sidoarjo
August 20, 2025By
buku
Dosen PG Paud Ciptakan Buku Ajar, Musik Mampu Tingkatkan Kecerdasan Anak Usia Dini
February 5, 2025By
literasi
Wisata Literasi Virtual Reality (VR) Ramah Difabel Hadir sebagai Inovasi dari PTI Umsida
January 7, 2025By