Langkah Bersama Menuju Unggul, Kolaborasi PGSD Umsida dan PGSD UMLA

fpip.umsida.ac.id – Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (FPIP) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) terima kunjungan silaturahmi dan kegiatan benchmarking program studi dari Fakultas Sains Teknologi dan Pendidikan (FSTP) Universitas Muhammadiyah Lamongan (UMLA) pada Rabu (27/03/2024) di Ruang Rapat GKB 7 Kampus 3 Umsida.

 

  • Tujuan & Latar Belakang Kegiatan 

Adapun kegiatan benchmarking tersebut dilakukan untuk menunjang program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) UMLA dengan sharing bersama prodi PGSD Umsida seputar pengelolaan dan penerapan tri dharma, visi dan misi pendidikan, kurikulum, abdimas, join riset, hibah internal sampai dengan pembinaan serta kegiatan kemahasiswaan. Tentunya dengan membawa semangat progresif menuju unggul dengan peningkatan kualitas literasi dan numerasi, membawa nilai-nilai al-islam dan kemuhammadiyahan (AIK) untuk kesejahteraan masyarakat dalam skala nasional maupun internasional.

Kegiatan dimulai dengan pembukaan sambutan selamat datang oleh Dekan FPIP Umsida, Dr Septi Budi Sartika M Pd kepada jajaran tamu dari UMLA, sembari bertukar salam, kegiatan dilanjutkan dengan sambutan Dekan FSTP UMLA, Eko Handoyo M Kom. “Kesempatan kali ini sebagai upaya ikhtiar menuju pengelolaan perguruan tinggi yang lebih baik dan tentunya juga sebagai ajang silaturahmi kepada sesama saudara AUM PTMA, dan harapannya nanti kita bisa ikut menyusul menuju unggul”, tutur Eko Handoyo.

 

Eko Handoyo M Kom juga menambahkan bahwa pilihan untuk melakukan benchmarking prodi ke Umsida juga bukan tanpa alasan, menurutnya dengan latar belakang pembentukan fakultas FSTP UMLA yang memiliki kesamaan dengan FPIP Umsida, dimana yang awalnya terdiri dari beberapa fakultas kemudian harus digabungkan menjadi satu fakultas turut menjadi poin penting untuk mengambil pembelajaran dari segi tata kelola dan implementasi visi misi. Dimana melihat dari latar belakang tersebut, tentunya tantangan dalam pengelolaan fakultas menuju unggul juga pastinya memiliki berbagai dinamika dan keberagaman.

 

  • Sharing Session 

Memasuki forum sharing, Kaprodi PGSD Umsida, Kemil Wachidah M Pd menyampaikan bahwa salah satu penunjang untuk PGSD Umsida terakreditasi unggul ialah adanya kegiatan internasionalisasi, meskipun akreditasi nasional tapi tetap memiliki prospek dan gerak dalam kegiatan-kegiatan yang bersifat internasional. “Dimulai dari join riset dan publikasi, reviewer jurnal scopus, visiting lecturer, hingga kegiatan-kegiatan abdimas dan kemahasiswaan seperti KKN internasional ataupun pertukaran mahasiswa asing”, tutur Kemil Wachidah.

 

Lebih lanjut, dalam sharing kurikulum OBE PGSD Umsida yang berafiliasi dengan SD Labschool Umsida disampaikan visi untuk menghasilkan lulusan yang profesional, unggul dan inovatif di tingkat ASEAN dalam bidang pendidikan dasar berbasis literasi, numerasi, dan sains dasar yg responsif inklusif dan adaptif terhadap perkembangan IPTEKS berdasarkan nilai-nilai Islam untuk kesejahteraan masyarakat ada tahun 2038. Sedangkan dari segi penelitian, adanya join riset dan publikasi dengan dosen di perguruan tinggi nasional dan internasional yang ditunjukkan dengan adanya dokumen kerja sama Dalam Negeri dan Luar Negeri baik dibiayai internal UMSIDA atau hibah kompetitif nasional.

 

  • Abdimas & Kemahasiswaan 

Dalam forum juga disampaikan poin dari segi aspek abdimas, ada kegiatan pengabdian rutin yang dilakukan dosen melalui hibah internal maupun eksternal, kegiatan KKN UMSIDA, KKN Muhamamdiyah nasional maupun internasional. Yang mana dalam Prodi PGSD Umsida juga didukung oleh aktivitas organisasi kemahasiswaan yang meliputi BEM DAN HIMA prodi, yang harus selalu di bina dalam sinergi tri dharma perguruan tinggi dan Catur Dharma PTMA. Dengan segala kegiatan kemahasiswaan memiliki ciri khas khusus dari implementasi nilai-nilai AIK melalui kegiatan di kampus, menjadi anggota majelis di pimpinan ranting, cabang dan daerah untuk semakin menunjang profesionalitas mahasiswa.

Di ujung kegiatan, Dr Septi Budi Sartika pun menyampaikan harapannya bahwa semoga dengan adanya kunjungan ini bisa menambah semangat bersama untuk terus membesarkan AUM, memberikan kontribusi nyata untuk masyarakat luas dan diharapkan kegiatan kerja sama akan terus berjalan, melalui pertukaran mahasiswa merdeka, atau kegiatan MBKM lainnya, join riset dan publikasi dosen PGSD UMLA & UMSIDA, serta kegiatan yang mendukung tegaknya catur dharma PTMA.

Kegiatan yang turut dihadiri oleh Dekan, Wakil Dekan FPIP, Kaprodi, Sekprodi PGSD, Kepala laboratorium, UJM, Kepala Sie Kemahasiswaan, Dosen dari Umsida serta Dekan, Wakil Dekan FSTP, Kaprodi PGSD, Penjaminan Mutu, dan Dosen dari UMLA pun berjalan lancar dan sarat dengan nuansa kekeluargaan dan ditutup dengan tanda tangan MoA antar Fakultas oleh masing-masing Dekan.

 

Penulis : Septi Budi Sartika – Editor : Arya Bimantara

Bertita Terkini

Kembangkan Keterampilan Penelitian dan Analisis, PPL Mahasiswa S2 PAUD Unesa di Prodi PG-PAUD Umsida
April 4, 2024By
Penyambutan Mahasiswa PMM di FPIP Umsida, Bertukar Sementara untuk Bermakna Selamanya
April 4, 2024By
Perkuat Kolaborasi dan Wujudkan Komitmen Kontribusi, MoA FPIP Umsida dan FISH UNIPA
March 20, 2024By
FGD Seru Antar Mahasiswa Cina Universitas Malaya dan Umsida: Terbuka Rahasia ‘First Impression’ dan Kebiasaan Sehari-hari yang Menarik
January 18, 2024By
Pesona Bromo: Mahasiswa Universitas Malaya Terpesona dengan Alam dan Kultur Lokal, Nikmati Indahnya Mentari Bromo Pagi
January 18, 2024By
16 Mahasiswa Universiti Malaya Kunjungi Umsida Ikuti Kegiatan International Student Exchange
January 16, 2024By
Umsida Kenalkan Kearifan Lokal pada Mahasiswa Internasional Universiti Malaya
January 16, 2024By
Pendidikan Anak di Era Society 5.0 Tak Hanya Soal Akademik
January 16, 2024By

Prestasi

Gemar Bermedia Sosial, Mahasiswa PBI Juarai 4 Lomba Konten Kreatif dalam Sebulan
January 2, 2024By
Umsida Raih Juara Umum Lomba Kategori Video Psikoedukasi APSIPTMA Se-Indonesia 2023
December 11, 2023By
Tips dari Atlet Taekwondo yang Jadi Wisudawan Berprestasi: Waktu Bukan Diatur, Tapi Diciptakan
December 7, 2023By