Kolaborasi, Umsida dan Universiti Malaya Sukses Upayakan Internasionalisasi Pendidikan

fpip.umsida.ac.id – Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (FPIP) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) menyambut tamu dari Negeri jiran, Universiti Malaya Malaysia. Pada kesempatan lawatan tersebut Umsida dan Universiti Malaya melakukan kolaborasi untuk mengadakan beberapa kegiatan dalam rangkaian Lawatan Pendidikan Internasionalisasi Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan Umsida dan Fakulti Pendidikan Universiti Malaya pada Kamis (17/08/2023).

Rangkaian acara diawali dengan ramah tamah kemudian langsung disambung dengan ceremonial formal secara ringkas di ruang mini teater Kampus 1 Umsida. Dipandu oleh Master of Ceremony, dibuka dengan lantunan ayat suci al-Qur’an dan menyanyikan lagu Indonesia Raya Serta Mars Muhammadiyah secara khidmat. Kedua Dekan dari perwakilan masing-masing fakukltas pun berkesempatan memberikan sambutan pada pembukaan acara.

Dekan FPIP Umsida, Dr Septi Budi Sartika M Pd menerangkan dalam sambutannya bahwa kegiatan kolaborasi semacam ini adalah langkah baik yang harus selalu disambut serta dijalankan dengan positif. Sejalan dengan pandangan Umsida yang berkarakter sinergi, Dr Septi juga menambahkan bahwa kolaborasi dalam skala internasional penting untuk memberikan insight lebih luas, khususnya sebagai fakultas yang membidangi psikologi dan pendidikan yang dimana dua bidang tersebut jelas akan terus mengalami perubahan dan kemajuan, baik skala lokal maupun global.

Perwakilan Dekan dari Fakulti Pendidikan Universiti Malaya, yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Dr Mohd Nazri bin Abdul Rahman pun menyampaikan dalam sambutannya bahwa sifat adaptif sangatlah perlu dijalankan oleh setiap lembaga pendidikan. Ia pun menambahkan bahwa adanya suatu kolaborasi antar lembaga juga merupakan suatu upaya yang bijak untuk menjadi adaptif ditengah semakin majunya perkembangan zaman.

Sambutan pamungkas diberikan oleh Rektor Umsida, Dr Hidayatulloh M Si. Beliau menyampaikan bahwa memang kerjasama secara internasional itu sudah selayaknya harus dilakukan, sejalan dengan visi serta misi Umsida kedepannya. Dr Hidayatulloh juga sangat menyambut baik, Beliau juga mengapresiasi segala bentuk kegiatan positif yang dilakukan oleh segenap Fakultas di Umsida yang dewasa ini juga sudah semakin maju dengan prospek serta kerjasamanya masing-masing yang tak hanya berjalan di jalur lokal saja, namun juga sudah mampu merambah dunia internasional.

Rangkaian acara pembukaan pun berjalan ringkas dan berisi, ditutup dengan sesi foto bersama dan langsung dilanjutkan menuju agenda selanjutnya untuk kegiatan kolaborasi FPIP Umsida dan Fakulti Pendidikan Universiti Malaya.

Penulis : Arya Bimantara

Sumber Berita : Umsida