Kemitraan FPIP Umsida Dengan INOVASI, Wujudkan Literasi dan Numerasi Untuk Karakter Unggul

fpip.umsida.ac.id –Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (FPIP) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) berkesempatan menghadiri undangan Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia  (INOVASI) pada penyelenggaraan kegiatan forum group discussion dalam rangka keberlanjutan program inovasi yang meliputi literasi, numerasi, karakter & responsif gender pada Rabu-Kamis (23-24/08/2023) di Ballroom Hotel Aria Gajayana,  Malang. Kegiatan tersebut memuat 3 diskusi panel dalam kegiatan ini. Panel pertama meliputi potensi literasi numerasi dan karakteri bagi calon guru PGSD/PGMI/PAUD terintegrasi dalam kurikulum PGSD/PGMI/PAUD,  panel kedua meliputi kolaborasi untuk penguatan literasi numerasi dan penguatan karakter, dan panel ketiga meliputi kemitraan untuk keberlanjutan program literasi numerasi dan karakter unggul dan gender di perguruan tinggi. Kegiatan tersebut diikuti oleh perguruan tinggi yang ada di jawa timur.

Dekan FPIP Umsida, Dr Septi Budi Sartika sebagai salah satu narasumber dalam rangkaian kegiatan kemitraan pendidikan Program Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia menuturkan bahwa melalui INOVASI, literasi, numerasi, pembentukan karakter dan gender dapat dipahami dan diimplementasikan oleh para sekolah mitra. “Dengan ini, besar harapan bahwa akan selalu ada keberlanjutan kemitraan seperti sharing model pembelajaran, diseminasi program untuk sekolah lainnya serta join reasearch sampai dengan publikasi”, tutur Dr Septi.

INOVASI adalah kemitraan antara pemerintah Australia dan Indonesia, melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Kementerian Agama (Kemenag) dan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), serta mitramitra di tingkat daerah di Provinsi: Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, dan Jawa Timur. Program ini berupaya mengidentifikasi dan mendukung perubahan dalam hal praktik pembelajaran, sistem, dan kebijakan pendidikan yang secara nyata mampu mempercepat peningkatan hasil belajar siswa di bidang literasi, numerasi dan keterampilan abad 21 melalui penguatan karakter unggul. Di Jawa Timur, program ini dilaksanakan pada 2018-2023 yang bekerja erat dengan mitra-mitra pemerintah dan non-pemerintah, termasuk organisasi dan perguruan tinggi.

 

Penulis : Dr Septi Budi Sartika

Editor : Arya Bimantara