Sinergi FPIP Umsida dalam Suksesi ICLS-14 di UMG

fpip.umsida.ac.id – ICLS-14 atau “The 14th International Conferense on Lesson Study sukses digelar ALSI di Hall Sang Pencerah Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG), 8-11 September 2023.  Ada 700 peserta yang mengikuti acara ini, baik luring maupun daring ini. Sebanyak 200 makalah dipresentasikan secara luring. Pembicara utama melibatkan pakar lesson study dari Jepang, Australia, Inggris, Singapura, Malaysia, Philipina, dan Thailand.

 

Pada kesempatan tersebut, Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (FPIP) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) berkesempatan untuk ikut andil dengan menjadi co-host acara ICLS-14 bersama dengan tuan rumah, UMG. FPIP Umsida mengirimkan 10 orang presenter yang terdiri dari 5 Dosen dan 5 Mahasiswa yang mengikuti seluruh rangkaian kegiatan secara offline dan online.

 

Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UMG Dr Nur Fauziyah MPd menjelaskan pertemuan tahunan ICLS ini untuk mempresentasikan hasil pemikiran terkait praktik dan perkembangan lesson study mutakhir. Sebelum dilaksanakan seminar, ICLS ini didahului dengan acara ALSI Meeting. Akademisi Lesson Study Indonesia (ALSI) adalah suatu organisasi nirlaba yang dibentuk tahun 2013 di Malang. “Selain ALSI Meeting dan seminar, ICLS14 juga mengadakan workshop yang diikuti oleh 200 peserta. Mereka adalah guru PAUD, SD, dan SMP di Kota Gresik,” tuturnya.

 

Sementara itu, Dekan FPIP Umsida Dr Septi Budi Sartika MPd menuturkan bahwa kegiatan ICLS14 juga sangat baik untuk mampu meningkatkan jejaring kerja sama serta capaian publikasi bagi para dosen. Dr Septi juga menuturkan harapannya untuk meningkatkan sinergitas kegiatan tersebut, “kesinambungan serta intensitas ICLS14 ini haruslah selalu dijalankan mulai dari definisi awal sampai dengan parktik lesson study secara langsung di lapangan”, tutur Dr Septi.

 

Terakhir, ucapan terima kasih disampaikan oleh Dr Nur Fauziyah, dirinya menyampaikan bahwa suksesi acara kali ini tak terlepas dari dukungan aktif dari berbagai pihak. Dukungan lain diperoleh dari Majelis Dikdasmen dan PNF Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur. “Dukungan tersebut diwujudkan dalam bentuk penandatanganan MoU tripartit bersama UMG dan ALSI”. Dr Nur Fauziyah juga menyampaikan harapannya agar selepas acara ICLS, program-program lesson study dapat lebih disebarluaskan dan diintensifkan untuk membawa kemanfaatan yang lebih besar lagi.

 

*Sumber Berita : pwmu.co

Penulis : Arya Bimantara