Kesan dan Pesan Student Mobility dan Visiting Lecture FPIP Umsida – Universiti Malaya, Nantikan Sinergi Serta Kolaborasi Berkelanjutan

fpip.umsida.ac.id – Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (FPIP) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) berkesempatan melaksanakan kegiatan student mobility dan visiting lecture ke Universiti Malaya selama satu pekan, rangkaian kegiatan tersebut pun berakhir pada Sabtu (04/05/24).

Pada penghujung kegiatan, perpisahan ditutup dengan sesi foto bersama dengan Prof Madya Mohd Nazri Bin Abd Rahman selaku Timbalan Dekan Ehwal Pelajar Universiti Malaya Malaysia dan tim di area DTC (Dewan Tunku Cancelor). Semua dosen dan mahasiswa mengucapkan salam perpisahan pada Prof Nazri dan penyampaian rasa terimakasih atas suatu kesempatan berkunjung di Universiti Malaya.

Kesan dan pesan pun disampaikan oleh beberapa dosen, mahasiswa Umsida dan Prof Nazri, diiringi rasa dan nuansa haru bahagia atas kebersamaan yang terjalin selama bertukar ilmu dan menjalani seluruh rangkaian kegiatan di Universiti Malaya.
“Menurut saya, kegiatan student mobility ini terbilang sukses dan lancar, alhamdulillah berjalan sesuai rencana dan banyak sekali ilmu yang bisa diadopsi di Umsida. Bermula dari jamuan raya untuk memperkuat tali silaturahmi antar dosen dan dosen dengan mahasiswa yang dikemas sangat ramah, sehingga dalam mengawali sebuah kebersamaan dalam seluruh rangkaian kegiatan, nuansa kekeluargaan sangat terasa di setiap sesinya” tutur Dr Septi Budi Sartika selaku Dekan FPIP Umsida.

Tak lupa, kaprodi Psikologi Umsida Ghozali Rusyid Affandi S Psi MA juga menyampaikan kesannya, “Selama kegiatan, kami sangat berterima kasih atas sambutan dan layanan Fakulti Pendidikan Universiti Malaya, terutama kepada Prof Madya Mohd Nazri Bin Abd Rahman selaku Timbalan Dekan Ehwal Pelajar University Malaya beserta tim. Sehingga program-program yang akan dilaksanakan oleh Dosen Umsida serta mahasiswa Umsida, seperti: visiting lecture, student mobility, culture exchange, international conference serta international community service yang telah direncanakan dapat terlaksana dengan baik dan sesuai harapan”.

 

Ghozali Rusyid pun menyampaikan bahwa mahasiswa turut mendapat banyak sekali pengalaman serta manfaat dalam kegiatan internasional antara Universiti Malaya dan Umsida, sehingga ia berharap bahwa kerjasama ini dapat terjalin semakin erat untuk memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kedua universitas.

Salam perpisahan juga turut serta dihaturkan oleh perwakilan dari Timbalan Dekan Universiti Malaya, Malaysia, “Salam, alhamdulillah & terima kasih atas kunjungan. Maaf atas kekurangan dalam segala sisi pelaksanaan kegiatan. Semoga lawatan kolaborasi ini memberi kenangan terindah antara Universiti Malaya dan Umsida”, ujar salam perpisahan dari Prof Madya Mohd Nazri Bin Abd Rahman.

Prof Madya Mohd Nazri pun menyampaikan harapannya untuk bertemu di kesempatan selanjutnya. Bertepatan pada bulan Juni mendatang dengan diadakannya agenda kolaborasi FPIP Umsida dan Fakulti Pendidikan Universiti Malaya, yakni acara “FPIP International Conference 2024 : International Seminar and Call For Papers” dengan mengusung tema “Psychology and Education Transformation For Bright Future”, yang mana beliau berkesempatan untuk mengisi acara tersebut sebagai pembicara.

Pertemua FPIP Umsida dengan Universiti Malaya kali ini sangat membawa kesan berarti, seperti yang disampaikan oleh salah satu mahasiswa FPIP Umsida, “Saya sangat enjoy dan merasakan kesan mendalam, karena ini pengalaman pertama saya ke Malaysia, yang tidak hanya sekedar jalan-jalan namun juga banyak hal baru yg dipelajari. Dengan para penduduknya yang ramah dan penuh penyambutan”.

 

Hal yang paling memorable bagi Dwiki adalah ketika ia berkesempatan berkeliling Malaysia dengan ronda-ronda KL, karena ia bisa mengeksplorasi 27 destinasi wisata dalam waktu sehari saja.

Adapun harapan Dwiki untuk program ini adalah agar student mobility ini bisa menjadi kegiatan rutin setiap tahun, menjadi trademark serta identity branding dari FPIP Umsida yang nantinya tidak hanya berkunjung ke negeri jiran, namun juga bisa berkesempatan untuk menjelajah negara-negara lainnya.

 

Penulis : Hikmah Ikrimatul Lail – Editor : Arya Bimantara

Bertita Terkini

Raih Juara 1, Content Creator Umsida Ini Akan Terus Berkarya
June 14, 2024By
Ini Benefit Jadi Mahasiswa PGSD Umsida
June 11, 2024By
Ini Cara Prodi Pendidikan IPA Umsida Cetak SDM Guru Berkualitas
June 10, 2024By
Magang Internasional PBI Umsida, Siap Ukir Prestasi dan Kolaborasi Edukasi Antar Negara Yang Gemilang
June 7, 2024By
Serunya Jaya Melati Hizbul Wathan, Siap Wujudkan Generasi Kader Kepanduan FPIP Yang Tangguh dan Berakhlak Mulia
June 5, 2024By
Kolaborasi Gemilang : FPIP Umsida dan Fakultas Psikologi UNESA Satukan Langkah Untuk Inovasi Dunia Psikologi
May 29, 2024By
Diklat ACTION FPIP Umsida, Langkah Awal Siapkan Generasi Pengajar Dengan Semangat Keikhlasan dan Pengabdian
May 27, 2024By
Presentasi International Conference on Education di KJRI Hongkong, Dosen FPIP Umsida Angkat Isu Gender Dalam Pendidikan Dasar
May 13, 2024By

Prestasi

Raih Juara 1, Content Creator Umsida Ini Akan Terus Berkarya
June 14, 2024By
Magang Internasional PBI Umsida, Siap Ukir Prestasi dan Kolaborasi Edukasi Antar Negara Yang Gemilang
June 7, 2024By
Gemar Bermedia Sosial, Mahasiswa PBI Juarai 4 Lomba Konten Kreatif dalam Sebulan
January 2, 2024By