16 Mahasiswa Universiti Malaya Kunjungi Umsida Ikuti Kegiatan International Student Exchange

300 Mahasiswa Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (FPIP) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) dan 16 Mahasiswa Universiti Malaya Malaysia mengikuti kegiatan International Student Exchange di Aula KH Mas Mansoer Umsida, Rabu (10/01/2024).

Pertukaran Mahasiswa Internasional

Universiti Malaya Malaysia mengirimkan 16 mahasiswa nya didampingi oleh Prof Madya Dr Mohd Nazri bin Abdul Rahman ke Umsida untuk mengikuti beberapa kuliah dari FPIP. Kegiatan ini adalah implementasi dari kerjasama yang dilakukan FPIP Umsida bersama Universiti Malaya.

16 Mahasiswa Universiti Malaya Kunjungi Umsida Ikuti Kegiatan International Student Exchange

Dekan FPIP Dr Septi Budi Sartika MPd membuka kegiatan ini dengan welcome speech. Dr Septi mengungkapkan bahwa kegiatamn ini adalah hal yang mengesankan bagi seluruh mahasiswa baik dari Umsida maupun Universitas Malaya. Ia juga berharap bukan hanya mahasiswa dari Universiti Malaya yang bisa datang dan belajar ke Umsida tapi ada saatnya sebaliknya teman-teman Umsida juga bisa mengikuti program student exchange yang di fasilitasi oleh Kampus.

Selanjutnya Rektor Umsida Dr Hidayatulloh MSi turut hadir dan memberikan sambutan. Menurutnya kegiatan ini menjadi bagian penting untuk mengembangkan institusi dimulai dari tingkat fakultas dan program studi (prodi).

16 Mahasiswa Universiti Malaya Kunjungi Umsida Ikuti Kegiatan International Student Exchange

“Kegiatan ini menjadi bagian tak terpisahkan dari penguatan iklim di universitas. Sebuah keharusan bagi mahasiswa untuk mengembangkan pengetahuan keterampilan dan sikap itu bisa kita lakukan secara bersamaan dalam kegiatan melakukan perluasan kerjasama internasional. Kegiatan ini menjadi salah satu dari ikhtiar kita untuk memperluas jaringan kerjasama yang dikembangkan oleh Umsida mulai hari ini sampai beberapa hari kedepan oleh Fakultas psikologi dan ilmu pendidikan,” Ungkapnya.

Dr Hidayatulloh mengutip surat Al Hujurat ayat 13 yang berbunyi, Yā ayyuhan-nāsu innā khalaqnākum min żakariw wa unṡā wa ja’alnākum syu’ụbaw wa qabā`ila lita’ārafụ, inna akramakum ‘indallāhi atqākum, innallāha ‘alīmun khabīr.

Dalam ajaran agama islam dipercayai melalui surat ini bahwa kita manusia awalnya diciptakan oleh dua jenis yaitu laki-laki dan perempuan.

“Sesungguhnya aku (Allah) menciptakan kalian semuanya dari jenis laki-laki dan perempuan berdasarkan ayat ini agama kita itu memberikan isyarat jika ingin melakukan pertemuan sampai pernikahan itu harus laki-laki dan perempuan bukan sejenis karena itu LGBT dalam agama kita itu tidak ada,” Jelasnya.

Kemudian, sambungnya manusia itu akan saling mengenal. Sama halnya dengan kegiatan ini seluruh mahasiswa dari dua negara akan saling bertemu dan mengenal. Mahasiswa dari kedua universitas akan saling bertukar pikiran, pengetahuan dan ketrampilan.

Menutup sambutannya, Dr Hidayatulloh berpesan kepada seluruh mahasiswa FPIP yang hadir agar bisa memberikan kesan terbaik dan penghormatan yang baik kepada para tamu dari Universiti Malaya.

Kegiatan dilanjutkan dengan mengikuti International Class bersama narasumber Dr M Faizal AMir MPd. Kemudian Visiting Lecturer dengan dua narasumber Prof Madya Dr Mohd Nazri bin Abdul Rahman dan Evie Destiana SSn MPd.

Tak berhenti sampai disitu, mahasiswa dari Universiti Malaya juga melakukan paper presentation dan mengikuti workshop local wisdom di sesi ini International Student diajak mengenali budaya lokal Sidoarjo yang sangat terkenal yaitu Udeng Pacul Gowang.

Penulis : Rani Syahda

Sumber Berita : Umsida

Bertita Terkini

Kembangkan Keterampilan Penelitian dan Analisis, PPL Mahasiswa S2 PAUD Unesa di Prodi PG-PAUD Umsida
April 4, 2024By
Penyambutan Mahasiswa PMM di FPIP Umsida, Bertukar Sementara untuk Bermakna Selamanya
April 4, 2024By
Langkah Bersama Menuju Unggul, Kolaborasi PGSD Umsida dan PGSD UMLA
April 2, 2024By
Perkuat Kolaborasi dan Wujudkan Komitmen Kontribusi, MoA FPIP Umsida dan FISH UNIPA
March 20, 2024By
FGD Seru Antar Mahasiswa Cina Universitas Malaya dan Umsida: Terbuka Rahasia ‘First Impression’ dan Kebiasaan Sehari-hari yang Menarik
January 18, 2024By
Pesona Bromo: Mahasiswa Universitas Malaya Terpesona dengan Alam dan Kultur Lokal, Nikmati Indahnya Mentari Bromo Pagi
January 18, 2024By
Umsida Kenalkan Kearifan Lokal pada Mahasiswa Internasional Universiti Malaya
January 16, 2024By
Pendidikan Anak di Era Society 5.0 Tak Hanya Soal Akademik
January 16, 2024By

Prestasi

Gemar Bermedia Sosial, Mahasiswa PBI Juarai 4 Lomba Konten Kreatif dalam Sebulan
January 2, 2024By
Umsida Raih Juara Umum Lomba Kategori Video Psikoedukasi APSIPTMA Se-Indonesia 2023
December 11, 2023By
Tips dari Atlet Taekwondo yang Jadi Wisudawan Berprestasi: Waktu Bukan Diatur, Tapi Diciptakan
December 7, 2023By