Umsida Kenalkan Kearifan Lokal pada Mahasiswa Internasional Universiti Malaya

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) menerima 16 mahasiswa internasional Universiti Malaya Malaysia dalam kegiatan international student exchange selama satu minggu, (9-15/01/2024).

Kegiatan ini merupakan kolaborasi antar fakultas di Umsida Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (FPIP), Fakultas Bisnis Hukum dan Ilmu Sosial (FBHIS), Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES), Fakultas Sains dan Teknologi (FST), dan Fakultas Agama Islam (FAI).

“Kegiatan ini nantinya bersifat paralel ya. Jadi kami bergantian dengan fakultas lainnya untuk mendampingi mahasiswa internasional ini untuk mengunjungi beberapa budaya lokal hingga satu minggu kedepan,” ujar Dr Septi Budi Sartika MPd, dekan FPIP Umsida.

Mempelajari kearifan lokal
Mahasiswa internasional Universiti Malaya belajar budaya lokal

Adapun beberapa budaya yang akan mereka pelajari selama pertukaran mahasiswa internasional ini, seperti pembuatan udeng pacung gowang, berkunjung ke gunung Bromo, dan desa wisata Bejijong, Mojokerto. Di hari pertama, mahasiswa tersebut belajar membuat udeng pacul gowang dan mengunjungi Bromo.

“Udeng pacul gowang ini merupakan karya mahasiswa pendidikan IPA yang tahun lalu lolos hibah P2MB dan PKMK. Udeng ini dibuat menggunakan batik eco printing sehingga lebih ramah lingkungan,” jelas Dr septi.

Udeng ini, sambungnya, merupakan salah satu kearifan lokal yang dimiliki Sidoarjo yang bisa dijadikan sebagai identitas daerah. Udeng di tiap daerah bentuknya berbeda-beda, walaupun sama-sama di pulau Jawa misalnya.

Setelah mengikuti workshop, para mahasiswa internasional yang berasal dari China ini akan bertolak ke gunung Bromo. Tak hanya sekedar menikmati pemandangan alamnya saja, mereka juga akan mempelajari budaya yang ada di daerah sana.

Pada hari keempat, rombongan mahasiswa internasional yang tengah menempuh studi magister pendidikan anak usia dini tersebut akan mengunjungi desa wisata Bejijong, Mojokerto untuk mengunjungi destinasi sleeping Buddha dan wisata lokal di desa tersebut. Tak hanya mengunjungi tempat wisata saja, mereka juga akan mengikuti lomba budaya lokal.

“Mahasiswa FPIP dan mahasiswa PMM juga akan berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Jadi nanti tidak hanya partisipan lokal saja, tapi ada nasional dan internasional juga,” tandasnya.

Selain belajar budaya, mereka juga mengikuti rangkaian kegiatan lain, seperti international class metodologi penelitian bidang pendidikan, visiting lecture tentang perkembangan anak usia dini, dan musik untuk stimulasi anak usia dini, paper presentation, dan membuat media belajar anak usia dini.

Dari rangkaian acara ini, Dr Septi berharap agar mahasiswa bisa bertukar tak hanya tentang budaya, tapi juga pengetahuan, baik akademik maupun non akademik. Dan nantinya, semoga Umsida juga bisa mengikuti kegiatan pertukaran secara internasional.

Kesan mahasiswa internasional
Mahasiswa internasional Universiti Malaya belajar budaya lokal

Chloe, salah satu mahasiswa yang ikut dalam kegiatan ini mengaku tertarik dengan kegiatan ini.

“Udeng ini sangat menarik. Menurut saya, mungkin udeng ini awalnya adalah penutup kepala orang-orang yang tinggal di hutan. Lalu mereka mengambil dedaunan sebagai warna dan motif kain udengnya,” ucap mahasiswa S2 semester 1 ini.

Seiring berjalannya waktu, sambung Chloe, model udeng berubah dan berkembang menjadi benda pakai dan aksesori kepala dan lama kelamaan menjadi budaya lokal. Ia tidak merasa kesulitan dalam membuat udeng ini. Karena saat kuliah, ia sudah sering praktek membuat kerajinan tangan.

“Walau stepnya cukup banyak, tapi kalau menyimak cara pembuatannya, itu sangat jelas. Saya senang bisa belajar budaya lokal di sini, sangat seru,” tutupnya.

Penulis: Romadhona S.

Sumber Berita : Umsida

Bertita Terkini

Kembangkan Keterampilan Penelitian dan Analisis, PPL Mahasiswa S2 PAUD Unesa di Prodi PG-PAUD Umsida
April 4, 2024By
Penyambutan Mahasiswa PMM di FPIP Umsida, Bertukar Sementara untuk Bermakna Selamanya
April 4, 2024By
Langkah Bersama Menuju Unggul, Kolaborasi PGSD Umsida dan PGSD UMLA
April 2, 2024By
Perkuat Kolaborasi dan Wujudkan Komitmen Kontribusi, MoA FPIP Umsida dan FISH UNIPA
March 20, 2024By
FGD Seru Antar Mahasiswa Cina Universitas Malaya dan Umsida: Terbuka Rahasia ‘First Impression’ dan Kebiasaan Sehari-hari yang Menarik
January 18, 2024By
Pesona Bromo: Mahasiswa Universitas Malaya Terpesona dengan Alam dan Kultur Lokal, Nikmati Indahnya Mentari Bromo Pagi
January 18, 2024By
16 Mahasiswa Universiti Malaya Kunjungi Umsida Ikuti Kegiatan International Student Exchange
January 16, 2024By
Pendidikan Anak di Era Society 5.0 Tak Hanya Soal Akademik
January 16, 2024By

Prestasi

Gemar Bermedia Sosial, Mahasiswa PBI Juarai 4 Lomba Konten Kreatif dalam Sebulan
January 2, 2024By
Umsida Raih Juara Umum Lomba Kategori Video Psikoedukasi APSIPTMA Se-Indonesia 2023
December 11, 2023By
Tips dari Atlet Taekwondo yang Jadi Wisudawan Berprestasi: Waktu Bukan Diatur, Tapi Diciptakan
December 7, 2023By