Serunya Jaya Melati Hizbul Wathan, Siap Wujudkan Generasi Kader Kepanduan FPIP Yang Tangguh dan Berakhlak Mulia

fpip.umsida.ac.id — Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (FPIP) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) mengadakan kegiatan Pelatihan Jaya Melati 1 Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan, yang di selenggarakan di Kampus 3 Umsida pada Jumat-Ahad (17–19/05/2024) dan (1–2/06/2024).

Kegiatan Pelatihan Jaya Melati 1 Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan ini di ikuti oleh seluruh mahasiswa semester 6 dan semester 8 Program Studi PGSD Umsida dan berjumlah sekitar 190 peserta. Rangkaian kegiatan ini juga turut di hadiri oleh Wakil Dekan FPIP, Dr Eko Hardi Ansyah M Psi dan Kaprodi PGSD, Kemil Wachidah S Pd I M Pd bersama dengan ketua pelaksana kegiatan, Arifin Mado S Pd M Pd yang juga merupakan Dosen di PGSD Umsida dan juga Ramanda Khusnul dan Ramanda Ernam sebagai pelatih Hizbul Wathan, serta beberapa perwakilan dari Hizbul Wathan lainnya.

Hizbul Wathan (HW) merupakan organisasi kepanduan yang merupakan salah satu organisasi otonom (Ortom) Muhammadiyah, pengajaran HW dilandaskan pada nilai-nilai islam dan bertujuan untuk membentuk karakter generasi muda yang berakhlak mulia, cerdas, dan tangguh. Kegiatan ini merupakan bagian dari program Program Studi PGSD Umsida sebagai salah satu untuk mengembangkan karakter, keterampilan dan wawasan mahasiswa berdasarkan nilai-nilai kemuhammadiyahan.

Adapun nilai utama dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan semangat kebersamaan dan solidaritas di antara anggota HW, semakin memperkuat nilai-nilai keislaman, serta mengembangkan keterampilan kepemimpinan dan keorganisasian peserta. Kegiatan ini juga diharapkan mampu membentuk karakter peserta menjadi pribadi yang lebih mandiri, ulet, tanggung jawab dan menumbuhkan semangat nasionalisme serta cinta tanah air.

Malam puncak Kegiatan Jaya Melati 1 ini berlangsung pada Sabtu (01/06/2024) yang dimeriahkan dengan kegiatan berkemah di lapangan kampus 3 Umsida dan pada malam harinya sesi bersama api unggun dan penampilan pentas seni setiap kelompok untuk semakin membangun kesan keakraban dan solidaritas, serta agar peserta mampu mengasah diri untuk semakin berpikir dan berekspresi secara kreatif.

Kegiatan Jaya Melati 1 berjalan dengn lancar tanpa adanya kendala, dari awal pertemuan hingga akhir pertemuan. Acara Pelatihan Jaya Melati 1 ini sangat meriah karena antusias dari para peserta yang sangat semangat dalam setiap acara kegiatan tersebut.

“Kegiatan Jaya Melati 1 ini merupakan salah satu program pengembangan karakter dari prodi PGSD, dan outputnya nanti membekali para calon guru khususnya prodi PGSD untuk bisa menjadi Pembina kepanduan di sekolah-sekolah ketika lulus nanti” Ungkap Arifin Mado selaku ketua pelaaksanaan kegiatan.

Respon positif pun banyak datang dari para peserta kegiatan. Dimana sengan adanya kegiatan ini, para peserta banyak mendapatkan pembekalan kepanduan yang kuat, ditambahkan dengan prinsip-prinsip islami yang selalu diajarkan tentunya akan menambah makna mendalam mendalam dari setiap pengajaran yang diberikan. Harapan dari kegiatan Jaya Melati 1 ini agar nantinya semua peserta jaya melati dapat menjadi pemimpin yang tangguh dan berakhlak mulia, serta dapat berkontribusi aktif dalam kegiatan sosial, keagamaan dan kepanduan di sekolah-sekolah.

Penulis : Wahyu Setyorini — Editor : Arya Bimantara