HIMA Pendidikan Teknologi Informasi FPIP UMSIDA Adakan Workshop Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran

Pada tanggal 06 Juni 2022 pukul 14:00 WIB, Himpunan Mahasiswa Pendidikan Teknologi Informasi, mengadakan “Workshop dan Sosialisasi : How To Make Education Game for Study Learning”. Yang diselenggarakan di KH. Mas Mansyur lantai 7 GKB 2 Umsida Kampus 1, kegiatan ini fokus kepada siswa SMK dan SMA sebagai bekal untuk mengembangkan potensi siswa dalam membuat game untuk sarana edukasi, dan dapat menghasilkan game sederhana untuk sarana edukasi.

Pesatnya perkembangan teknologi di era globalisasi membuat manusia tidak dapat dipisahkan dari dunia internet. Game online adalah aplikasi yang dirancang untuk menghilangkan kejenuhan,Mereka percaya bahwa game dapat digunakan sebagai alat untuk revisi saat belajar. Namun nyatanya mereka banyak memainkan permainan yang tidak bermanfaat untuk ilmu pengetahuan, bahkan membuat mereka kecanduan, sehingga mereka lupa untuk belajar. Bahkan, beberapa siswa memang sengaja hanya membawa laptop ke sekolah, untuk game online dan game selain untuk kegiatan belajar.

Game jaman sekarang tidak seperti game-game sebelumnya, jika sebelumnya game hanya bisa dimainkan maksimal 2 orang, sekarang dengan kemajuan teknologi khususnya internet, game ini bisa dimainkan oleh siapapun dan dimanapun. Citra game di masyarakat masih dianggap sebagai sarana hiburan daripada sarana pembelajaran. Sifat permainan yang menantang, adiktif dan menyenangkan bagi pecinta game modern dapat berdampak negatif jika game yang dimainkan bersifat non-edukatif. Untuk itu perlu dikembangkan sebuah game edukasi yang dapat digunakan sebagai alat bantu belajar yang dapat menumbuhkan minat siswa terhadap minat belajar.

Related Posts

Leave a Reply