fpip.umsida.ac.id – Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) melaksanakan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) 1 di SD Muhammadiyah 1 Krian. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa dalam memahami dinamika pembelajaran di sekolah dasar, khususnya di lingkungan sekolah yang menerapkan konsep Sekolah Ramah Anak dan pendidikan inklusi.
SD Muhammadiyah 1 Krian dikenal sebagai sekolah yang mengedepankan pendidikan berbasis Sekolah Ramah Anak. Sekolah ini menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan menyenangkan bagi seluruh siswa. Pendekatan ini diwujudkan melalui berbagai metode pembelajaran yang interaktif, penggunaan media pembelajaran yang menarik, serta penerapan nilai-nilai kepedulian dan kebersamaan di antara siswa dan tenaga pendidik.
Selain itu, SD Muhammadiyah 1 Krian juga menjadi sekolah inklusi yang menerima siswa dengan berbagai kebutuhan khusus. Dengan didukung tenaga pendidik yang memiliki kompetensi dalam pendidikan inklusi, sekolah ini memberikan layanan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing siswa. Sistem pembelajaran yang diterapkan menekankan pada pendekatan individual dan kolaboratif agar setiap anak dapat berkembang sesuai dengan potensinya.
Sebagai bagian dari pembiasaan harian, SD Muhammadiyah 1 Krian juga rutin melaksanakan berbagai kegiatan pagi seperti baris berbaris, membaca, dan menghafalkan hadis sebelum memulai pembelajaran. Selain itu, bagi siswa kelas tinggi, sekolah ini memiliki program kelas tahfidz Al-Qur’an yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai keislaman serta meningkatkan kemampuan hafalan mereka.
Tak hanya fokus pada akademik, SD Muhammadiyah 1 Krian juga menawarkan berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang memberikan kesempatan bagi siswa untuk lebih memperdalam potensi non-akademik mereka. Beragam pilihan ekstrakurikuler seperti seni, olahraga, pramuka, robotik, dan tahfidz Al-Qur’an menjadi wadah bagi siswa untuk mengembangkan bakat serta keterampilan mereka di luar pelajaran formal. Dengan adanya berbagai kegiatan ini, siswa dapat lebih percaya diri dan memiliki keterampilan yang dapat mendukung masa depan mereka.
Prestasi dalam bidang non-akademik juga menjadi kebanggaan bagi SD Muhammadiyah 1 Krian. Siswa-siswa sekolah ini telah meraih berbagai penghargaan di tingkat lokal maupun nasional, seperti juara Tapak Suci dan juara Dai Cilik. Prestasi ini menunjukkan bahwa sekolah tidak hanya berfokus pada pencapaian akademik, tetapi juga mendorong siswa untuk mengasah bakat dan kemampuan mereka dalam berbagai bidang.
Dalam kegiatan PLP ini, mahasiswa PGSD Umsida terlibat dalam berbagai aktivitas pembelajaran, mulai dari observasi kelas, membantu guru dalam mengajar, hingga berinteraksi langsung dengan siswa. Pengalaman ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi mahasiswa dalam mengembangkan metode pengajaran yang lebih inovatif dan inklusif di masa depan. Seperti salah satu mahasiswa Umsida yang berhasil mengambil simpati siswa berkebutuhan khusus, Dimana anak tersebut merasa nyaman akan kehadiran dan partisipasi mahasiswa pada saat jam pelajaran maupun pada saat luar pelajaran. Pada kegiatan PLP 1 ini pun setiap mahasiswa diberikan satu kelas untuk mengamati dan berlatih mengajar selama kurang lebih 30 menit.
“Kami sangat senang dapat melaksanakan PLP di SD Muhammadiyah 1 Krian. Sekolah ini memberikan pengalaman berharga bagi kami dalam memahami bagaimana menciptakan lingkungan belajar yang ramah anak serta mendukung pendidikan inklusi,” ujar salah satu mahasiswa peserta PLP.
Kepala SD Muhammadiyah 1 Krian, dalam sambutannya, menyampaikan apresiasi terhadap keterlibatan mahasiswa PGSD Umsida dalam kegiatan ini.
“Kami berharap melalui PLP ini, mahasiswa dapat memahami pentingnya pendekatan pendidikan yang tidak hanya akademik, tetapi juga memperhatikan aspek psikologis dan sosial siswa. Sekolah kami berkomitmen untuk terus menjadi sekolah yang ramah bagi semua anak, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus,” ungkapnya.
Dengan adanya program PLP ini, diharapkan mahasiswa PGSD Umsida dapat memperoleh pengalaman nyata dalam dunia pendidikan dasar serta turut berkontribusi dalam menciptakan sistem pembelajaran yang lebih inklusif dan humanis di masa mendatang.
Penulis : Feri Tirtoni dan Tim PLP 1 SD M SAKRI
Editor: Mutafarida