Serah Terima Jabatan BEM FA FPIP Umsida 2024, Semangat Inovasi dalam Kolaborasi

Fpip.umsida.ac.id – Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas (BEM FA) Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan (FPIP) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) resmi melakukan serah terima jabatan dari kepengurusan lama yang dipimpin oleh Muhammad Dipo Marihdina Purwanto kepada pengurus baru, Salsabil Putri M. K. sebagai Ketua dan Wahyu Setyorini sebagai Wakil Ketua pada Jumat (11/10/2024).

Acara ini menjadi momentum penting dalam memastikan kesinambungan program-program unggulan yang telah berjalan, serta membawa inovasi baru yang relevan untuk mahasiswa FPIP Umsida.

Baca juga: Kepemimpinan Baru BEM FPIP: Ready to Make Change Happen

Visi Misi Kepemimpinan Baru

Salsabil, Ketua BEM FA FPIP yang baru, menyampaikan bahwa visi utama kepemimpinannya adalah menciptakan organisasi yang mampu berinovasi dan berkolaborasi dalam meningkatkan kualitas mahasiswa.

“Mewujudkan visi kami dengan melaksanakan program kerja yang sejalan dengan misi untuk membangun lingkungan akademik yang aktif dan produktif,” ujar Salsabil.

Wahyu Setyorini, Rini sapanya, sebagai Wakil Ketua, juga menekankan pentingnya menghadirkan program-program yang melibatkan mahasiswa secara luas. Ia mencontohkan bahwa salah satu program prioritas yang segera dilaksanakan adalah FPIP CUP, pengganti dari DEKAN CUP, yang bertujuan untuk mempererat tali kekeluargaan antar mahasiswa fakultas tersebut.

“Acara ini diharapkan dapat mempererat kerja sama dan gotong royong antar mahasiswa,” tambahnya.

Strategi dalam Menghadapi Tantangan

Rini menegaskan bahwa salah satu tantangan terbesarnya adalah menjaga solidaritas tim dan mengelola dinamika internal dan eksternal.

“Kami akan merangkul anggota BEM, HIMA, dan seluruh ormawa untuk membangun pondasi yang kuat,” ungkapnya.

Langkah ini diharapkan dapat menciptakan badan eksekutif tersebut lebih efektif dan solid dalam menghadapi tantangan ke depan. Untuk meningkatkan partisipasi mahasiswa, BEM akan terus mengadakan program-program yang melibatkan banyak mahasiswa Fakultas tersebut.

“Kami akan memastikan program-program seperti FPIP CUP dan kegiatan lainnya relevan dan menarik bagi mahasiswa,” tutur Wahyu.

Harapan dari Kepengurusan Sebelumnya

Muhammad Dipo Marihdina Purwanto, Ketua BEM FA FPIP periode sebelumnya, memberikan pesan kepada kepengurusan baru agar terus melanjutkan program-program yang berorientasi pada peningkatan kualitas akademik dan non-akademik mahasiswa.

Ia berharap kepengurusan baru mampu menjadi motor penggerak inovasi, serta berani mengambil inisiatif dalam menyelesaikan masalah mahasiswa dan fakultas secara kolaboratif.

“Saya berharap BEM yang baru dapat menjadi jembatan yang kokoh antara mahasiswa dan pihak fakultas, serta mengadvokasi kebutuhan mahasiswa dengan baik,” ujar Dipo.

Baca juga: Kepemimpinan Baru Hima PGSD Umsida 2024/2025

Transisi Kepemimpinan yang Mulus

Dipo juga berkomitmen untuk mendukung transisi kepemimpinan dengan memberikan pendampingan, konsultasi, dan menyerahkan dokumentasi program kerja secara lengkap.

“Kami juga siap berkolaborasi dalam acara besar yang membutuhkan kesinambungan jangka panjang,” tambahnya.

Ia menekankan pentingnya evaluasi bersama antara pengurus lama dan baru, agar ide-ide inovatif dari kepengurusan baru dapat diterapkan dengan lebih baik. Selain itu, Dipo juga akan berbagi jaringan kontak penting yang selama ini mendukung program-program BEM, seperti alumni, sponsor, dan media.

Harapan untuk Pengurus Baru BEM FA FPIP

Baik Salsabil maupun Wahyu memiliki harapan besar untuk dapat melanjutkan dan mengembangkan program-program yang berdampak positif.

“Kami ingin membawa BEM FA FPIP ke arah yang lebih baik dari sebelumnya, dengan fokus pada program yang dapat memperkenalkan fakultas ini ke masyarakat luas,” kata Salsabil.

Melalui kerja sama dengan seluruh elemen mahasiswa dan ormawa di FPIP, kepemimpinan baru ini berharap dapat mewujudkan visi, misi, dan program kerja yang telah dirancang dengan matang. Dengan dukungan dari mahasiswa FPIP, BEM FA FPIP diharapkan dapat terus berkembang dan menjadi wadah yang lebih berdaya guna bagi seluruh mahasiswa.

Penulis: Aisyah Windy

Bertita Terkini

LPTK PTMA: FPIP Umsida Siap Menghasilkan Calon Pendidik Berkualitas
October 18, 2024By
RisetMu 2024: Teliti Tentang Literasi Dosen PGSD Umsida Raih Prestasi
October 17, 2024By
Dosen PBI Umsida Raih Penghargaan Terbaik dalam Hibah Internasional
October 16, 2024By
RisetMu 2024: Dosen Psikologi Umsida Raih Penghargaan Peneliti Terbaik
October 14, 2024By
Kisah Mahasiswa Non Muslim yang Memilih Umsida
October 11, 2024By
Fortama Umsida 2024: Mahasiswa Harus Tau Pentingnya 2 Hal ini di Era Modernisasi
October 10, 2024By
Mahasiswa Baru Umsida Siap Berkarakter Islami dan Berdaya Saing Global
October 9, 2024By
FPIP Umsida Peringati Independent Day of Peace Saat Fortama 2024
October 8, 2024By

Prestasi

RisetMu 2024: Teliti Tentang Literasi Dosen PGSD Umsida Raih Prestasi
October 17, 2024By
Dosen Umsida Kembangkan Teknologi AR Hingga Lolos Riset DRTPM
September 18, 2024By
Libatkan Difabel Dosen Umsida Raih Hibah PDP
September 17, 2024By
PPK Ormawa Umsida di Desa Pesisir Sidoarjo
September 4, 2024By
QRIS Jelajah Indonesia: Mahasiswa Umsida Raih Prestasi
September 3, 2024By

Riset dan Inovasi

Dosen Umsida Kembangkan Teknologi AR Hingga Lolos Riset DRTPM
September 18, 2024By
Libatkan Difabel Dosen Umsida Raih Hibah PDP
September 17, 2024By
Dosen PGSD Umsida Berhasil Raih S3, Atasi Masalah Literasi Siswa
September 10, 2024By