Kembangkan Keterampilan Penelitian dan Analisis, PPL Mahasiswa S2 PAUD Unesa di Prodi PG-PAUD Umsida

fpip.umsida.ac.id — Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (FPIP) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) berkolabroasi untuk sukseskan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa S2 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Universitas Negeri Surabaya (Unesa) di Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) Umsida pada 01 Oktober — 23 November 2023. Kegiatan tersebut diikuti oleh 4 Mahasiswa Program Studi S2 PAUD Unesa dan didampingi oleh 2 dosen Program Studi PG-PAUD Umsida.

 

Dalam kegiatan tersebut, mahasiswa S2 PAUD Unesa secara berkala didampingi dan memiliki kesempatan untuk mengembangkan keterampilan praktis yang relevan dengan bidang Pendidikan termasuk keterampilan mengajar, manajemen kelas, evaluasi pembelajaran, desain kurikulum, serta kemampuan untuk berkomunikasi dan berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan dalam konteks pendidikan.

 

Selain itu, mahasiswa PPL juga melakukan pengembangan mereka atas keterampilan penelitian dan analisis dalam konteks pendidikan. Mereka pun dapat mengumpulkan data, menganalisis trend, mengevaluasi dampak intervensi pendidikan, dan menyusun rekomendasi berdasarkan temuan-temuan penelitian mereka yang dilakukan di prodi PG-PAUD Umsida.

 

Kaprodi PG-PAUD Umsida, Luluk Iffatur Rocmah SS M Pd yang juga sebagai pendamping pada kegiatan kali ini, menyampaikan bahwa kegiatan ini juga dapat memberikan kesempatan bagi mahasiswa S2 Unesa untuk mengembangkan kemampuan manajemen dan kepemimpinan, terutama jika mereka terlibat dalam proyek-proyek pengembangan kurikulum, program pembelajaran, atau kegiatan ekstrakurikuler di lembaga pendidikan.

 

“Sebagai mitra kegiatan, tentunya baik Unesa maupun Umsida sama-sama bisa menarik manfaat dari kegiatan tersebut, seperti halnya pengembangan, evaluasi dan analisis penerapan kurikulum ataupun juga peningkatan kualitas pembelajaran kelas yang strategis dan inovatif”, imbuh Luluk Iffatur Rocmah. Dan dari terlaksananya kegiatan ini pun dapat disusun rencana tindak lanjut dimana masing-masing pihak dapat menggunakan hasil evaluasi dan umpan balik dari PPL untuk mengembangkan atau menyempurnakan kurikulum dan program pendidikan.

 

Penulis : Arya Bimantara