Kembalinya Substansi Pendidikan Anak Usia Dini yang Berkualitas Lewat Penguatan Relasi Guru Siswa

fpip.umsida.ac.id – Relasi guru siswa yang positif merupakan isu yang strategis, sehingga perlu diperkuat di dalam dunia pendidikan, terutama di sekolah dasar atau di pendidikan anak usia dini. Hal tersebut diungkapkan oleh Dr Eko Hardi Ansyah M Psi dalam kegiatan visiting lecture di fakulti Pendidikan Universiti Malaya hasil kerjasama dengan Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (FPIP) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) pada Senin (29/04/2024). Pentingnya relasi guru siswa terwujud dari kajian Dr Eko terhadap beberapa publikasi yang menyatakan pengaruh positif relasi guru siswa yang kuat terhadap meningkatnya prestasi siswa, tingginya penyesuaian diri siswa, efikasi diri serta motivasi siswa.

 

Dr Eko menyampaikan bahwa pengaruh relasi guru dan siswa tersebut, bisa menjadi pengaruh langsung dari rendahnya kualitas akademik pelajar Indonesia berdasarkan PISA karena lemahnya relasi guru dan siswa yang dikembangkan di sekolah atau di dalam ruang kelas. Sedangkan semestinya, guru yang mampu memperkuat relasi dengan siswanya akan menciptakan lingkungan kelas yang lebih kondusif untuk belajar dan memenuhi kebutuhan perkembangan, emosi, dan akademik siswa.

 

Sayangnya, dalam beberapa studi kasus yang dilakukan oleh Dr Eko, masih menunjukkan adanya relasi guru-siswa yang mengalami masalah. Hasilnya, sebanyak 26 persen guru menunjukkan indikasi hubungan guru-siswa yang rendah dan bahkan 7 persen yang lain tergolong sangat rendah. Adanya indikasi tersebut mampu dilihat dengan adanya amarah, rasa cemas, keterasingan, dan kurangnya pemahaman guru dalam relasi dengan siswanya. Hal ini disampaikan Dr Eko yang juga merupakan wakil dekan FPIP Umsida pada kesempatan visiting lecture tersebut.

 

Di hadapan para mahasiswa pasca sarjana Universiti Malaya yang pada kesempatan kali ini 100 persen diisi mayoritas mahasiswa dari China, Dr Eko menegaskan, “meskipun relasi guru siswa adalah pola komunikasi yang bersifat dyadic atau dua arah. Guru tetap memiliki peran dominan didalam menentukan arah relasi guru siswa”. Oleh karena itu, pentingnya guru sebagai orang dewasa terwujud dalam teori Zone of Proximal Development (zona perkembangan proksimal) dari Vygotski, yang menekankan pada pentingnya peran orang dewasa dalam mengembangkan kompetensi siswa. Persoalannya adalah, masih ada guru yang saat ini hadir di dalam kelas kehilangan ghirah (semangat) untuk membangun relasinya dengan siswa. Guru hanya hadir di kelas untuk mengajar materi tapi tanpa menambahkan ‘sentuhan’ sebagai seorang guru yang sebenar-benarnya untuk membangun kehangatan dengan para siswa.

 

Berdasarkan hasil risetnya tentang model relasi guru dan siswa, Dr Eko turut menyampaikan tiga variabel yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan relasi guru dan siswa, antara lain :

  1. Pertama, iklim sekolah yang mengarah pada terbentuknya pola perilaku kepala sekolah yang supportif dan perilaku antar guru yang bersifat kolegial dan intim.
  2. Kedua adalah religiusitas, hal ini mengacu pada bagaimana guru memiliki lima dimensi. Dimensi pertama, yaitu sejauh mana guru bisa meningkatkan pengetahuan untuk menjawab isu-isu keagamaan. Kedua adalah menumbuhkan ideologi atau keyakinan tentang sifat-sifat Allah Yang Pengasih dan Penyayang. Ketiga adalah meningkatkan partisipasi ibadah publik seperti pengajian, sholat berjamaah, shodaqah dan lain lain. Keempat adalah meningkatkan ibadah privasi berupa sholat, dzikir, puasa, berdoa, dan lain-lain. Sedangkan kelima adalah upaya guru untuk meningkatkan pengalaman keagamaan dengan menikmati semua anugrah sebagai rizki dari Allah.
  3. Variabel ketiga adalah kemampuan untuk memperbaiki regulasi diri atau effortful control yaitu kemampuan untuk mereduksi dorongan dominan yang merusak menjadi dorongan yang produktif, dengan regulasi yang baik, guru akan menjadi lebih sabar. Jika hendak marah dengan siswa bisa menggantinya dengan senyuman.

 

Terakhir, Dr Eko berharap agar semoga penguatan relasi guru siswa yang terus membaik akan terus membangun kualitas anak didik yang lebih baik, terlebih pada pendidikan anak usia dini atau pada pendidikan dasar yang akan menjadi fondasi perkembangan karakter siswa saat ini untuk generasi emas 2045, ucapan hari guru nasional pun turut diberikan Dr Eko sebagai penyemangat dan penutup dari sesi wawancara.

 

Penulis : Ghozali Rusyid Affandi – Editor : Arya Bimantara

Bertita Terkini

LKMM-TD Akbar FPIP 2024: Membentuk Pemimpin Masa Depan yang Berintegritas Tanpa Kekerasan
December 20, 2024By
Juara Pertama Berhasil Diraih Mahasiswa FPIP di Temilnas IPK HIMPSI 2024
December 19, 2024By
umsida
Kuliah Tamu Intervensi Individu: Kolaborasi Umsida dan UM Jember Perkenalkan Paradigma Network Analysis
December 18, 2024By
Kazakhstan
FPIP Persiapkan Student Exchange Kazakhstan untuk Tahun Akademik 2024-2025
December 17, 2024By
pbi
PBI Umsida Adakan Diskusi Best Practice English Language Teaching
December 16, 2024By
buku ajar
Dosen FPIP Umsida Buat Buku Ajar untuk Solusi Pendidikan Literasi di Kelas Awal
December 13, 2024By
kasih sayang
Ingatkan Pentingnya Kasih Sayang dalam Keluarga, Wakil Dekan FPIP Soroti Kasus Anak Bunuh Ayah dan Nenek
December 12, 2024By
responsif
Mewujudkan Sekolah Responsif Gender, PGSD Umsida Adakan Diskusi Inspiratif
December 11, 2024By

Prestasi

Juara Pertama Berhasil Diraih Mahasiswa FPIP di Temilnas IPK HIMPSI 2024
December 19, 2024By
profil Dr. rahmania
Dorong Inovasi dan Kontribusi Nyata untuk Masyarakat, Dosen FPIP Terima Penghargaan Top 10 Sinta
November 19, 2024By
Noly Shofiyah Dosen Berprestasi
Noly Shofiyah, Dosen FPIP Raih Penghargaan Publikasi Ilmiah Award 2023-2024 dengan 3 Kategori
November 13, 2024By
Dr. Yuli Astutik Ucap Rasa Syukur, Raih Penghargaan Publikasi Ilmiah Award 2023-2024
November 11, 2024By
Uci Maulidia Wati: Wisudawan Berprestasi
Kisah Uci Maulidia Wati: Wisudawan Berprestasi 2024 yang Sukses Menyeimbangkan Kuliah, Organisasi, dan Prestasi Internasional
November 1, 2024By

Riset dan Inovasi

buku ajar
Dosen FPIP Umsida Buat Buku Ajar untuk Solusi Pendidikan Literasi di Kelas Awal
December 13, 2024By
Dosen Umsida Kembangkan Teknologi AR Hingga Lolos Riset DRTPM
September 18, 2024By
Libatkan Difabel Dosen Umsida Raih Hibah PDP
September 17, 2024By