Gemar Bermedia Sosial, Mahasiswa PBI Juarai 4 Lomba Konten Kreatif dalam Sebulan

fpip.umsida.ac.id – Memiliki kegemaran bermedia sosial membuat Jaka Purnama, seorang mahasiswa dari program studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (PBI Umsida), berhasil menyabet 4 juara sekaligus dalam waktu satu bulan di beberapa lomba membuat konten kreatif.

Lomba konten kreatif dalam sebulan

Mahasiswa yang akrab disapa Jaka ini telah mengikuti 4 lomba membuat konten kreatif selama sebulan dan mendapatkan juara. Diantaranya:

  1. Lomba video keketuaan Asean yang diselenggarakan oleh Kemenko PMK pada 17 November 2023 dan meraih juara 2
  2. Lomba video menyambut Ibu Kota Nusantara (IKN) yang diselenggarakan oleh Kompasiana dan IKN pada 7 Desember 2023 dan meraih juara favorit
  3. Lomba video media sosial Anugerah Jurnalistik Sahabat Bahari Kementerian Kelautan dan Perikanan yang dilaksanakan pada 12 Desember 2023, menjadi juara 3
  4. Lomba media sosial anti pemalsuan dan bangga produk lokal oleh Masyarakat Indonesia Anti Pemalsuan (MIAP) dan Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) pada 19 Desember 2023 dan mendapatkan juara 3

Dari kompetisi tersebut, ada beberapa penganugerahan dilakukan secara online melalui platform sosial media dan ada yang dilakukan secara langsung, seperti lomba terakhir yang ia ikuti di Jakarta.

Persiapan dan motivasi

Sebelum mengikuti lomba konten kreatif, ia melakukan riset tentang tema lomba yang akan ia ikuti. Setelah itu, Jaka membuat skrip yang akan dijadikan video, lalu melakukan proses produksi atau shooting. Dan yang terakhir, Jaka harus mengedit video tersebut. Selama menyiapkan lomba Jaka menemui beberapa hambatan. Namun, ia bisa mengatasi hambatan tersebut.

“Hambatannya mungkin dari alat yang kurang memadai. Tetapi kita harus bisa memaksimalkan yang minimal dan percaya diri. Kita bisa memaksimalkan hambatan tadi menjadi sebuah kelebihan,” ujar mahasiswa semester tujuh itu.

Kuncinya, sambung Jaka, jangan pernah takut untuk mencoba hal baru. Jaka berprinsip bahwa fokus ke satu tujuan dan disiplin, bisa membuat seseorang menjadi juara. Menurutnya, kesuksesan tidak bisa didapatkan secara instan, melainkan melalui proses. Dari proses itulah, menjadi bagian dari perjalanan menuju kesuksesan.

“Kalau saya, konsisten, belajar, dan menambah inovasi terkini agar karya kita bisa menjadi sebuah karya yang memang layak dibagikan kepada masyarakat. Lalu, nikmati segala proses tersebut, dan tentunya tidak lupa berdoa. Karena menurut saya, di situlah rencana baik Allah akan datang untuk mewujudkan impian yang selama ini diinginkan,” tegasnya.

Selain itu, dukungan dari keluarga dan teman-teman mempengaruhi perjalanan Jaka dalam mengikuti lomba konten kreatif. Mereka menjadi senjata terbaik di saat ia merasa lelah atau kurang percaya diri. Dan doa mereka menjadikannya sebagai pribadi yang lebih kuat.

Mengharumkan nama kampus

Selama mengikuti berbagai lomba konten kreatif, Jaka merasa bersyukur karena masih bisa dan diberi kesempatan untuk menjadi juara. Karena menurutnya, melalui lomba membuatkonten kreatif, ia bisa menjalin relasi dengan orang-orang penting. Selain itu, ia ingin mengangkat nama besar Umsida agar khalayak mengetahui bahwa Umsida merupakan kampus terbaik yang mencetak generasi berkualitas dan melek akan peradaban teknologi.

Dari keempat lomba yang telah ia ikuti selama satu bulan, Jaka mengungkapkan bahwa lomba yang terakhir kali ia ikuti adalah lomba yang paling berkesan. Alasannya, pihak penyelenggara berani memfasilitasi peserta untuk datang ke Jakarta dan menanggung seluruh biaya transportasi, akomodasi, serta jamuan yang sangat memadai.

Selain itu, dalam lomba ini ia bertemu dengan orang-orang hebat dari berbagai petinggi perusahaan ternama yang membuatnya merasakan pengalaman baru dan momen indah di akhir tahun.

“Dari pencapaian yang saya dapatkan ini, tidak hanya soal perayaan saja. Tapi bagaimana kita harus terus berbenah agar menjadi seorang content creator yang tidak hanya membuat konten saja, tapi bisa mengedukasi masyarakat akan pengetahuan yang telah kita dapatkan itulah perayaan yang sesungguhnya,” pungkas Jaka dengan semangat.

Penulis: Romadhona S.

Sumber Berita : Umsida

Bertita Terkini

Raih Juara 1, Content Creator Umsida Ini Akan Terus Berkarya
June 14, 2024By
Ini Benefit Jadi Mahasiswa PGSD Umsida
June 11, 2024By
Ini Cara Prodi Pendidikan IPA Umsida Cetak SDM Guru Berkualitas
June 10, 2024By
Magang Internasional PBI Umsida, Siap Ukir Prestasi dan Kolaborasi Edukasi Antar Negara Yang Gemilang
June 7, 2024By
Serunya Jaya Melati Hizbul Wathan, Siap Wujudkan Generasi Kader Kepanduan FPIP Yang Tangguh dan Berakhlak Mulia
June 5, 2024By
Kolaborasi Gemilang : FPIP Umsida dan Fakultas Psikologi UNESA Satukan Langkah Untuk Inovasi Dunia Psikologi
May 29, 2024By
Diklat ACTION FPIP Umsida, Langkah Awal Siapkan Generasi Pengajar Dengan Semangat Keikhlasan dan Pengabdian
May 27, 2024By
Presentasi International Conference on Education di KJRI Hongkong, Dosen FPIP Umsida Angkat Isu Gender Dalam Pendidikan Dasar
May 13, 2024By

Prestasi

Raih Juara 1, Content Creator Umsida Ini Akan Terus Berkarya
June 14, 2024By
Magang Internasional PBI Umsida, Siap Ukir Prestasi dan Kolaborasi Edukasi Antar Negara Yang Gemilang
June 7, 2024By
Kesan dan Pesan Student Mobility dan Visiting Lecture FPIP Umsida – Universiti Malaya, Nantikan Sinergi Serta Kolaborasi Berkelanjutan
May 8, 2024By