Pengembangan Media Digital Interactive Books di SD Negeri Kenongo 1 Sidoarjo Tingkatkan Kemampuan Komunikasi dan Kolaborasi dalam Era Merdeka Belajar

fpip.umsida.ac.id – Dalam upaya mendukung program Merdeka Belajar yang dicanangkan oleh pemerintah, dosen dari salah satu perguruan tinggi terkemuka di Jawa Timur, yakni Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) melakukan riset pengembangan media digital Interactive Books di SD Negeri Kenongo 1 Sidoarjo. Kegiatan ini merupakan bagian dari implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pada bidang penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Penelitian ini dipimpin oleh salah satu dosen program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (FPIP), Feri Tirtoni M Pd dan berfokus pada pengembangan media pembelajaran digital yang inovatif, yang diberi nama Interactive Books. Media ini dirancang untuk membantu meningkatkan kemampuan komunikasi dan kolaborasi siswa dalam proses belajar mengajar. Dengan menggunakan teknologi digital, Interactive Books menawarkan pengalaman belajar yang lebih interaktif, dinamis dan tentunya menarik bagi siswa.

“Kami melihat bahwa era Merdeka Belajar menuntut adanya inovasi dalam media pembelajaran agar siswa dapat belajar dengan lebih efektif dan efisien. Media Interactive Books ini kami kembangkan dengan tujuan untuk mengintegrasikan teknologi dalam proses pembelajaran serta meningkatkan kemampuan komunikasi dan kolaborasi siswa,” ujar Feri Tirtoni.

Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Kenongo 1 Sidoarjo dan melibatkan para guru serta siswa sebagai peserta. Hasil awal dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Interactive Books dalam pembelajaran mampu meningkatkan keterlibatan siswa di kelas, memfasilitasi pembelajaran berbasis proyek, dan mendorong kerja sama yang baik antar siswa. Para guru juga merasakan manfaat yang signifikan dalam memudahkan penyampaian materi dan mengelola kelas dengan lebih dinamis.

“Kami sangat terbantu dengan adanya media pembelajaran ini. Siswa terlihat lebih antusias dan aktif dalam pembelajaran. Selain itu, kami juga bisa mengajak siswa untuk lebih banyak berdiskusi dan bekerja sama dalam kelompok,” ungkap salah satu guru yang terlibat dalam penelitian ini.

Dengan adanya penelitian ini, diharapkan para guru dan siswa dapat lebih siap menghadapi tantangan era digital dan Merdeka Belajar. Pengembangan media digital seperti Interactive Books ini tidak hanya memberikan manfaat bagi siswa dalam mengembangkan kemampuan mereka, tetapi juga menjadi sumber daya berharga bagi para guru dalam meningkatkan metode pembelajaran.

Penelitian ini masih akan berlanjut dengan berbagai tahapan pengembangan lebih lanjut dan uji coba di berbagai sekolah lainnya. Harapannya, inovasi ini dapat diimplementasikan secara luas dan memberikan dampak positif yang signifikan bagi dunia pendidikan di Indonesia.

 

Penulis : Feri Tirtoni

Editor : Arya Bimantara

Bertita Terkini

Parade Semaphore
Kompetisi Parade Semaphore PGSD Umsida: Aksi Kreatif Meningkatkan Keterampilan Siswa
June 6, 2025By
MIPA Champions
MIPA Champions 2025: Wadah Eksplorasi Sains Anak Bangsa dalam Semarakkan FPIP Edufair 2025
June 5, 2025By
Free Fire
Hima PTI Sukses Gelar Turnamen Free Fire sebagai Wadah Kreativitas dan Keterampilan Remaja Sidoarjo
June 4, 2025By
Olimpiade MIPA
Lomba Olimpiade MIPA: Memperkenalkan Sains dengan Seru di FPIP EduFair 2025
June 3, 2025By
Story Telling
Kemeriahan Lomba Story Telling FPIP Edufair 2025: Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris dan Kreativitas Pelajar
June 2, 2025By
Speech Contest
Sukses Digelar! Lomba Speech Contest FPIP Edufair 2025 Jadi Ajang Prestisius Bagi Pelajar SMP dan SMA
June 1, 2025By
Gebyar Lomba PBB Bertongkat
Gebyar Lomba PBB Bertongkat: Merajut Disiplin, Membangun Karakter Pandu yang Unggul
May 31, 2025By
psikologi
Hima Psikologi Umsida Sukses Gelar Ground Archery U-16, Mengembangkan Keterampilan Psikologi Siswa Lewat Olahraga
May 30, 2025By

Prestasi

LOEI
Inspiratif!, Kisah Isna Elsyien Maulana Mustaqim Lolos LOEI International Internship Program 2025
May 27, 2025By
Peneliti Terbaik
Penghargaan Peneliti Terbaik Berhasil Diraih Oleh Dosen FPIP Umsida, Dr Rahmania Sri Untari
April 23, 2025By
pendidikan
Mengoptimalkan Pendidikan di Era Digital: Studi Doktoral Dr. Ermawati Zulikhatin Nuroh dalam Meningkatkan Literasi Digital 
April 21, 2025By
PSPB
PSPB Umsida Raih Penghargaan Pusat Studi Terbaik: Inovasi dan Kolaborasi untuk Maju Bersama
April 17, 2025By
Program MBKM
Program MBKM Asistensi Mengajar: Pengalaman Berharga bagi Mahasiswa Prodi Pendidikan IPA Umsida
April 8, 2025By

Riset dan Inovasi

buku
Dosen PG Paud Ciptakan Buku Ajar, Musik Mampu Tingkatkan Kecerdasan Anak Usia Dini
February 5, 2025By
literasi
Wisata Literasi Virtual Reality (VR) Ramah Difabel Hadir sebagai Inovasi dari PTI Umsida
January 7, 2025By
buku ajar
Dosen FPIP Umsida Buat Buku Ajar untuk Solusi Pendidikan Literasi di Kelas Awal
December 13, 2024By