Umsida Raih Juara Umum Lomba Kategori Video Psikoedukasi APSIPTMA Se-Indonesia 2023

Psikologi.ac.id – Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) berhasil meraih juara umum dalam Lomba Nasional Bidang Akademik. Kegiatan ini sukses diselenggarakan oleh Asosiasi Psikologi-Perguruan Tinggi Muhammadiyah ‘Aisyiyah (APSIPTMA) se-Indonesia. Lomba ini merupakan bagian dari kegiatan pertemuan anggota APSIPTMA yang rutin diadakan setiap setahun sekali. Tahun ini kegiatan tersebut berlangsung di Universitas Muhammadiyah Gorontalo, Jumat (9/12).

Menurut Ghozali Rusyid Affandi, Ketua Program Studi Psikologi Umsida sekaligus salah satu peserta dalam pertemuan APSIPTMA, mengatakan bahwa Lomba Nasional Bidang Akademik ini melibatkan mahasiswa dari 23 Prodi Psikologi APSIPTMA dengan perwakilan 3 peserta disetiap kategori. “Lomba ini bertema kesehatan mental dengan 3 kategori lomba yaitu kategori poster, kategori video psikoedukasi, dan desain intervensi komunitas”.

Dari kompetisi ini, sebanyak 6 peserta meraih juara dalam lomba kategori video psikoedukasi. Terbagi dalam dua kategori, yaitu video edukasi kategori individu mendapatkan juara dua dan juara tiga, video edukasi kategori kelompok mendapatkan juara satu dan juara dua.

Ghozali mengaku hal ini sangat membanggakan khususnya bagi prodi psikologi Umsida. Meskipun dalam prosesnya tentu tidak mudah dan mengalami beberapa kendala, namun mereka tetap mampu menghadapi nya. Sejak awal, para dosen psikologi Umsida telah melakukan pendampingan dan pembinaan kepada seluruh peserta lomba dari berbagai kategori lomba yang mereka ikuti, hingga mampu membawa juara dalam kompetisi ini.

“Alhamdulillah hal ini merupakan hal yang patut di syukuri oleh kami semua, sebab Psikologi Umsida berhasil meraih juara umum di kategori video psikoedukasi serta kategori terfavorit untuk lomba poster. Kami juga meraih juara satu dalam kategori intervensi komunitas,” ujar nya.

Hal membanggakan lainnya yaitu antusiasme para mahasiswa semester satu untuk mengikuti kompetisi ini, yang dapat dilihat dari banyaknya pendaftar lomba dari mahasiswa semester satu. “Tidak disangka antusiasme mahasiswa semester satu sangat mengejutkan, mereka sangat tertarik mengikuti perlombaan meskipun masih semester satu,” ujarnya kembali.

Dengan diadakannya lomba ini dan melihat antusiasme para mahasiswa, diharapkan dapat menarik minat para mahasiswa untuk berprestasi dan mengikuti perlombaan yang akan datang.

Penulis : Dyah Tri Meilani

Bertita Terkini

Raih Juara 1, Content Creator Umsida Ini Akan Terus Berkarya
June 14, 2024By
Ini Benefit Jadi Mahasiswa PGSD Umsida
June 11, 2024By
Ini Cara Prodi Pendidikan IPA Umsida Cetak SDM Guru Berkualitas
June 10, 2024By
Magang Internasional PBI Umsida, Siap Ukir Prestasi dan Kolaborasi Edukasi Antar Negara Yang Gemilang
June 7, 2024By
Serunya Jaya Melati Hizbul Wathan, Siap Wujudkan Generasi Kader Kepanduan FPIP Yang Tangguh dan Berakhlak Mulia
June 5, 2024By
Kolaborasi Gemilang : FPIP Umsida dan Fakultas Psikologi UNESA Satukan Langkah Untuk Inovasi Dunia Psikologi
May 29, 2024By
Diklat ACTION FPIP Umsida, Langkah Awal Siapkan Generasi Pengajar Dengan Semangat Keikhlasan dan Pengabdian
May 27, 2024By
Presentasi International Conference on Education di KJRI Hongkong, Dosen FPIP Umsida Angkat Isu Gender Dalam Pendidikan Dasar
May 13, 2024By

Prestasi

Raih Juara 1, Content Creator Umsida Ini Akan Terus Berkarya
June 14, 2024By
Magang Internasional PBI Umsida, Siap Ukir Prestasi dan Kolaborasi Edukasi Antar Negara Yang Gemilang
June 7, 2024By
Kesan dan Pesan Student Mobility dan Visiting Lecture FPIP Umsida – Universiti Malaya, Nantikan Sinergi Serta Kolaborasi Berkelanjutan
May 8, 2024By