fpip.umsida.ac.id – Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP 1) merupakan kegiatan intrakurikuler yang digunakan bagi mahasiswa tahap awal untuk melaksanakan program magang di sekolah. PLP 1 merupakan salah satu kegiatan magang pendidikan yang akhirnya telah terlaksana, program ini memberikan dampak yang sangat positif bagi instansi pendidikan yang dituju, salah satunya SMPN 3 Sidoarjo.
SMPN 3 Sidoarjo berkolaborasi dengan mahasiswa Pendidikan IPA dan Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (FPIP) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) yang berlangsung selama satu minggu, yakni mulai tanggal 17 Februari hingga 22 Februari 2025. Program ini memberikan kesempatan bagi para mahasiswa untuk memperoleh pengalaman belajar secara nyata untuk meningkatkan kompetensi keprofesian calon guru.
Melalui PLP 1 ini mahasiswa dapat mengobservasi sehingga dapat mengetahui kultur sekolah, manajemen sekolah, pelaksanaan pembelajaran dan kompetensi pendidik. Selama di SMPN 3 Sidoarjo beberapa kegiatan utama yang dilakukan mahasiswa meliputi pengamatan dan wawancara terkait dengan lingkungan sekolah. PLP 1 ini juga mengamati Kurikulum yang digunakan di SMPN 3 Sidoarjo yang menerapkan Kurikulum Merdeka untuk seluruh kelas VII, VII dan IX.
Ibu Dyah selaku Wakil Kepala sekolah bidang Kurikulum SMPN 3 Sidoarjo dalam sambutannya menjelaskan sedikit mengenai SMPN 3 Sidoarjo,
“SMPN 3 Sidoarjo merupakan lembaga pendidikan yang memiliki banyak prestasi baik dari bidang akademik dan non-akademik, namun SMPN 3 Sidoarjo bukan termasuk sekolah penggerak, dikarenakan sekolah penggerak berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter, diawali dengan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru),” ucapnya.
Pada hari pertama setelah penerimaan mahasiswa PLP 1 Umsida di SMPN 3 Sidoarjo, mereka dibagi menjadi dua kelompok sesuai dengan program studi masing-masing diantaranya prodi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam dan prodi Pendidikan Bahasa Inggris. Mahasiswa kemudian diperkenalkan dengan lingkungan SMPN 3 Sidoarjo melalui tour di sekeliling sekolah, termasuk ruang-ruang kelas, ruang laboratorium, perpustakaan, ruang guru, ruang tata usaha, kantin, serta fasilitas lainnya.
Pada hari-hari selanjutnya, mahasiswa memulai kegiatan observasi dan wawancara kepada warga sekolah meliputi keadaan kultur sekolah, manajemen sekolah, pelaksanaan pembelajaran dan kompetensi pendidik. Selain itu mereka juga membantu para guru di SMPN 3 Sidoarjo ketika berhalangan hadir pada saat jam pelajaran.
Observasi dan wawancara terkait manajemen sekolah terdapat point kesiswaan yang selalu menjadi perhatian disetiap sekolah yaitu, kegiatan ektrakurikuler. SMPN 3 Sidoarjo memiliki 2 ektrakurikuler wajib dan 13 ektrakurikuler pilihan.
“Setiap ektrakurikuler memiliki pelatih dan pembina, dimana pembina memegang 3 ektrakurikuler yang bertujuan untuk pengawasan pada peserta didik pada luar jam pembelajaran” ujar Ibu Bekti selaku waka kesiswaan
Dalam pelaksanaan kokurikuler di SMPN 3 Sidoarjo yang salah satu progamnya yakni P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila). Pak Abfsa selaku penanggung jawab program P5 menjelaskan bahwa,
“Jadwal pelaksanaan kokurikuler dilaksanakan selama 2 minggu full, kegiatan tersebut dilaksanakan dengan mengurangi 1 jam pembelajaran untuk program P5.”
Hal tersebut bisa dianggap menjadi salah satu cara agar pembelajaran kurikuler dan program kokurikuler tetap berjalan dengan fleksibel serta saling berkaitan dengan hal-hal yang dipelajari oleh peserta didik.
Dengan adanya observasi dan wawancara yang telah dilakukan, mahasiswa PLP 1 mendapatkan gambaran serta data yang digunakan untuk memenuhi luaran PLP 1. Didukung dengan adanya beberapa pengetahuan serta pengalaman yang diberikan oleh guru-guru di SMPN 3 Sidoarjo.
Kegiatan-kegiatan tersebut terlaksana dengan baik dan sesuai dengan tujuan awal dilaksanakannya PLP 1. Dengan demikian, melalui program PLP 1 ini, mahasiswa mendapatkan pengalaman berharga dan pengetahuan yang tidak hanya bermanfaat bagi mereka, tetapi juga memberikan kontribusi positif bagi SMPN 3 Sidoarjo dan Umsida.
Secara keseluruhan, program PLP 1 merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo program studi kependidikan. Program PLP 1 ini bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa sebagai tenaga kependidikan profesional. Kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang pendidik kompetensi profesional mencakup penguasaan materi, TIK dan kompetensi dasar yang diimplementasikan dalam pembelajaran.
Selain itu, kompetensi pedagogik juga penting untuk memastikan pembelajaran berjalan baik dengan memahami karakteristik peserta didik dan merancang pembelajaran yang sesuai. Guru juga memiliki kepribadian yang stabil, dewasa, berwibawa dan berakhlak mulia untuk membangun hubungan baik dengan peserta didik dan memberikan pengaruh positif.
Dengan adanya program PLP 1 ini, diharapkan mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan untuk menerapkan Ilmu Pengetahuan dan keterampilan secara interdisipliner dalam kehidupan nyata di sekolah atau lembaga pendidikan lainnya. Program ini tidak hanya memberikan manfaat bagi mahasiswa, tetapi juga bagi sekolah dan kampus Umsida.
Penulis : Tim PLP 1
Editor: Mutafarida