FGD Seru Antar Mahasiswa Cina Universitas Malaya dan Umsida: Terbuka Rahasia ‘First Impression’ dan Kebiasaan Sehari-hari yang Menarik

fpip.umsida.ac.id – Suasana keceriaan dan semangat pengetahuan memenuhi Forum Group Discussion (FGD) yang baru-baru ini diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) pada Sabtu (13/01/2024). Acara ini menjadi panggung bagi mahasiswa dari Universitas Malaya Malaysia (UM) Malaysia, khususnya mereka yang berasal dari Cina. Antusias keikutsertaan FGD ini juga diikuti oleh mahasiswa dari UMSIDA yang juga didampingi oleh kepala kemahasiswaan Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (FPIP) serta dosen psikologi. Tema pembicaraan seputar kebiasaan sehari-hari, pandangan budaya, dan ‘first impression’ di antara mahasiswa kedua negara.

Diskusi dimulai dengan pemaparan mengenai kebiasaan harian, termasuk morning routine seperti makan, mandi, tidur, dan bekerja. Perbedaan menarik antara cara hidup orang Indonesia dan Cina pun muncul, menciptakan landasan pembicaraan yang menarik. Mahasiswa Cina menyampaikan bahwa mayoritas dari mereka makan tiga kali sehari, yaitu pagi, siang, dan malam. Namun, bagi mereka, mahasiswa, sering melewatkan makan pagi karena kebiasaan tidur larut malam yang menyebabkan mereka bangun siang. Selain itu, terkait kebiasaan mandi, mereka terbiasa menggunakan air hangat karena suhu dingin di sana, dan mereka meyakini hal ini baik untuk kesehatan. Sedangkan untuk orang Indonesia, kebiasaan mandi dua hingga tiga kali sehari dan ini mengejutkan mereka.

Diskusi bersama mahasiswa yang berasal dari UM Malaysia berlangsung penuh tawa dan cerita

Dalam suasana yang hangat, para mahasiswa mengeksplorasi ‘first impression’ saat pertama kali berkunjung ke negara mitra. Mahasiswa Cina dengan tulus mengungkapkan kesan positif mereka terhadap keramahan dan kebaikan hati orang Indonesia. “Indonesian people are so friendly and very good” ungkap salah satu mahasiswa yang bernama Lester. “Yeah, yeah. Indonesian people are friendly” mahasiswa yang lain menyetujuinya sambil mengangguk-angguk.

Sebaliknya, mahasiswa Indonesia menyadari bahwa stereotip yang menyebut orang Cina sebagai individu yang pendiam dan agak kurang ramah tidak sepenuhnya mencerminkan kenyataan. Salah satu mahasiswa dari Umsida pada awalnya mengatakan, “I know the fact that Chinese people are hard worker, they smart, and rich” ungkap mahasiswa Umsida, yang kemudian dilanjutkan oleh moderator FGD,Yeah, in Indonesia many companies owned by China, Chinese people, and it’s dominant in Indonesia” ungkap Riza, salah satu mahasiswa Umsida ketika menyampaikan persepsi mereka terhadap orang China. Mahasiswa lain juga menambahkan, “Yeah it’s true that Chinese people are smart, there is a saying, Pursue knowledge all the way to China” yang artinya kejarlah ilmu sampai ke negeri China. Namun, beberapa mahasiswa Umsida juga di akhir kalimat sangat kaget dan senang karena kenyataannya di sisi lain mahasiswa China sangat suka bernyanyi dan menari, dan mahasiswa yang berasal dari China mengakui dan menyetujuinya.

Acara semakin hidup dengan permainan Truth or Dare di akhir sesi, yang memunculkan kejutan dan tawa yang menghangatkan. Mereka melontarkan pertanyaan seperti apakah pernah bolos kuliah atau tidak, kemudian menceritakan tentang pengalaman paling berharga saat kecil, dance challenge, dan lain-lain. Dengan antusias mereka saling melontarkan pertanyaan-pertanyaan yang menarik yang membuat sesi itu semakin berkesan.

Sesi foto bersama setelah FGD antar mahasiswa Umsida dan UM Malaysia

 

Sesi berakhir dengan momen foto bersama, menandai pertumbuhan hubungan positif dan pemahaman yang lebih dalam antara mahasiswa kedua negara. Forum Group Discussion berhasil membuka jendela keanekaragaman dan meruntuhkan prasangka, memberikan dasar yang kokoh untuk kerjasama budaya yang lebih erat di masa depan. Kesuksesan acara ini juga memicu harapan akan lebih banyak kolaborasi serupa yang menghasilkan pemahaman global yang lebih luas di kalangan mahasiswa.

Penulis: Riza Mafiroh

Bertita Terkini

Kembangkan Keterampilan Penelitian dan Analisis, PPL Mahasiswa S2 PAUD Unesa di Prodi PG-PAUD Umsida
April 4, 2024By
Penyambutan Mahasiswa PMM di FPIP Umsida, Bertukar Sementara untuk Bermakna Selamanya
April 4, 2024By
Langkah Bersama Menuju Unggul, Kolaborasi PGSD Umsida dan PGSD UMLA
April 2, 2024By
Perkuat Kolaborasi dan Wujudkan Komitmen Kontribusi, MoA FPIP Umsida dan FISH UNIPA
March 20, 2024By
Pesona Bromo: Mahasiswa Universitas Malaya Terpesona dengan Alam dan Kultur Lokal, Nikmati Indahnya Mentari Bromo Pagi
January 18, 2024By
16 Mahasiswa Universiti Malaya Kunjungi Umsida Ikuti Kegiatan International Student Exchange
January 16, 2024By
Umsida Kenalkan Kearifan Lokal pada Mahasiswa Internasional Universiti Malaya
January 16, 2024By
Pendidikan Anak di Era Society 5.0 Tak Hanya Soal Akademik
January 16, 2024By

Prestasi

Gemar Bermedia Sosial, Mahasiswa PBI Juarai 4 Lomba Konten Kreatif dalam Sebulan
January 2, 2024By
Umsida Raih Juara Umum Lomba Kategori Video Psikoedukasi APSIPTMA Se-Indonesia 2023
December 11, 2023By
Tips dari Atlet Taekwondo yang Jadi Wisudawan Berprestasi: Waktu Bukan Diatur, Tapi Diciptakan
December 7, 2023By