Benchmarking

Universitas Narotama Lakukan Benchmarking Prodi PG PAUD Umsida untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan

fpip.umsida.ac.id – Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (FPIP) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) kembali menjadi pusat perhatian dengan kunjungan benchmarking yang dilakukan oleh Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) Universitas Narotama pada 17 Maret 2025. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan akreditasi Program Studi PG PAUD Universitas Narotama.

Mengapa Universitas Narotama Memilih Umsida untuk Benchmarking?

Benchmarking

Dr Septi Budi Sartika MPd, Dekan Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan Umsida, menjelaskan bahwa Universitas Narotama memilih Umsida sebagai tempat benchmarking karena beberapa alasan utama. Salah satunya adalah reputasi Umsida sebagai institusi yang telah terbukti unggul, terutama dalam hal akreditasi Program Studi PG PAUD yang sudah memperoleh akreditasi yang baik. “Umsida sudah memiliki MOU dengan Universitas Narotama, dan dalam MOU tersebut terdapat ruang lingkup yang mencakup pendidikan dan pengajaran,” ujar Dr Septi.

Menurut beliau, kedekatan geografis antar kedua universitas juga menjadi faktor penting dalam pemilihan Umsida sebagai tujuan benchmarking. Kegiatan ini bertujuan untuk meninjau dan melakukan review terhadap borang reakreditasi dari Program Studi PG PAUD Universitas Narotama. Selain itu, benchmarking juga dilakukan untuk mengevaluasi persyaratan yang perlu dipenuhi untuk mendapatkan akreditasi yang lebih baik.

Fokus Utama dalam Benchmarking: Akreditasi dan Peningkatan Kualitas Pengelolaan

Benchmarking

Dr Septi menjelaskan bahwa tujuan utama dari benchmarking ini adalah untuk menilai kesiapan Program Studi PG PAUD Universitas Narotama dalam memenuhi enam syarat perlu yang ditetapkan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan (LAM DIK). Beberapa syarat yang menjadi fokus perhatian termasuk kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dosen, implementasi kurikulum berbasis Outcome-Based Education (OBE), publikasi ilmiah dosen, serta prestasi mahasiswa.

“Di Prodi PG PAUD Umsida, kami sudah mulai mengimplementasikan kurikulum OBE yang mengutamakan keterampilan dan kompetensi lulusan. Kami juga memprioritaskan pengajaran inklusi untuk anak berkebutuhan khusus (ABK), yang menjadi bagian penting dalam pendidikan masa kini,” lanjut Dr Septi. Dalam diskusi benchmarking ini, Prodi PG PAUD Umsida juga berbagi pengalaman terkait pengelolaan mahasiswa reguler dan mahasiswa RPL, serta tantangan yang dihadapi dalam pemenuhan syarat perlunya, terutama dalam hal jumlah dosen yang berkualifikasi.

Tantangan dan Rencana Ke Depan untuk Prodi PG PAUD Umsida

Meskipun telah mendapatkan berbagai penghargaan dalam hal kualitas pengelolaan program studi, Dr Septi menekankan bahwa tantangan terbesar bagi Program Studi PG PAUD Umsida adalah memastikan bahwa semua persyaratan dan kebijakan yang ditetapkan oleh lembaga akreditasi dapat dipenuhi dengan maksimal. “Mengubah kurikulum memang tidak mudah karena harus ada keputusan dari universitas dan fakultas, bukan hanya dari program studi,” tambahnya.

Namun, tantangan ini tidak menyurutkan semangat Prodi PG PAUD Umsida untuk terus berinovasi. Dengan adanya kegiatan benchmarking dan berbagi pengalaman ini, Dr Septi berharap Prodi PG PAUD Universitas Narotama dapat mengambil langkah yang tepat dalam menyusun kurikulum dan manajemen yang lebih baik ke depannya. Selain itu, Umsida juga siap untuk terus menjadi rujukan bagi institusi pendidikan lainnya dalam hal pengelolaan Program Studi PG PAUD yang unggul.

Meningkatkan Mutu Pendidikan Lewat Benchmarking

Benchmarking

Kegiatan benchmarking ini menunjukkan bahwa Prodi PG PAUD Umsida tidak hanya unggul di tingkat nasional, tetapi juga mampu memberikan kontribusi dalam pengembangan pendidikan tinggi di Indonesia. Dengan berbagi pengetahuan dan pengalaman, Prodi PG PAUD Umsida berkomitmen untuk terus memajukan kualitas pendidikan anak usia dini di seluruh Indonesia.

Diharapkan dengan adanya kegiatan seperti ini, Program Studi PG PAUD Umsida dapat terus memimpin dalam meningkatkan kualitas pendidikan di bidang PAUD, serta memberikan inspirasi dan kontribusi nyata bagi pendidikan nasional.

 

Penulis: Mutafarida

Bertita Terkini

PLP
Mewujudkan Guru Berkualitas, Mahasiswa PLP 1 Umsida Belajar Dari Pengalaman Di SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo
April 6, 2025By
SDIT Madani Ekselensia
SDIT Madani Ekselensia Bersama Mahasiswa PLP 1 Meningkatkan Pembelajaran melalui Outdoor Learning
April 5, 2025By
PLP I
Mahasiswa PLP I Umsida Memeriahkan Hari Peduli Sampah Nasional di SMP Negeri 4 Sidoarjo
April 4, 2025By
PPII
Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Kolaborasi PPII dan Prodi Pendidikan IPA Umsida
April 3, 2025By
plp i
Mahasiswa PLP I Umsida di SMK Muhammadiyah 1 Taman: Menggali Pengalaman Nyata dalam Dunia Pendidikan
April 2, 2025By
pgsd
Membangun Kesadaran dan Pengalaman Mahasiswa PGSD Pada PLP 1 Di SD Islam Khazanah Ilmu
March 31, 2025By
Tolak UU TNI
Tolak UU TNI Aliansi Mahasiswa Sidoarjo Beraksi
March 30, 2025By
SD Muhammadiyah
Meningkatkan Kompetensi Lulusan: SD Muhammadiyah 1&2 Taman Terapkan Program Karya Ilmiah untuk Siswa Kelas 6
March 29, 2025By

Prestasi

alumni
Alumni PGSD Umsida Raih Dua Beasiswa Kemdikbud, Kini Lanjut Studi S3 di UNESA
March 5, 2025By
Empat Mahasiswa PGSD Umsida Ikuti PMM di UNESA, Perkuat Kolaborasi Antar Kampus
March 2, 2025By
mahasiswa
Mahasiswa Prodi PBI Umsida Raih Juara di Paku Bumi Open Championship 2025
February 18, 2025By
PAUD
Mahasiswa PG PAUD Juara 2 Pencak Silat, Siap Berkembang dan Mencapai Prestasi Lebih Tinggi
February 16, 2025By
juara
Mahasiswa PGSD Umsida Raih Juara 1 di Paku Bumi Open Championship 2025
February 13, 2025By

Riset dan Inovasi

buku
Dosen PG Paud Ciptakan Buku Ajar, Musik Mampu Tingkatkan Kecerdasan Anak Usia Dini
February 5, 2025By
literasi
Wisata Literasi Virtual Reality (VR) Ramah Difabel Hadir sebagai Inovasi dari PTI Umsida
January 7, 2025By
buku ajar
Dosen FPIP Umsida Buat Buku Ajar untuk Solusi Pendidikan Literasi di Kelas Awal
December 13, 2024By