teknologi digital

Teknologi Digital Inovasi Pendidikan di Inspire Conference Umsida 2025

fpip.umsida.ac.id — Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), melalui Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (FPIP), dengan bangga mempersembahkan Inspire Conference: International Synergy on Psychology, Intercultural Research and Education.

Acara bergengsi ini akan diselenggarakan pada Senin, 20 Oktober 2025 pukul 08:00 WIB yang bertempat Auditorium Nyai Walidah, GKB 7, Lantai 7 Kampus 3 Umsida.

Konferensi ini bukan sekadar pertemuan ilmiah biasa. Ia adalah sebuah forum penting yang menghadirkan para cendekiawan dan praktisi pendidikan terkemuka dari berbagai penjuru dunia, termasuk Malaysia, Indonesia, Kazakhstan, dan Aljazair.

Tujuan utamanya adalah untuk berdiskusi secara mendalam mengenai transformasi pendidikan yang sedang berlangsung serta menjajaki potensi sinergi global yang dapat dicapai di bidang psikologi dan pendidikan.

Membangun Jembatan Ilmu Teknologi Digital

teknologi digital

Dalam era globalisasi yang semakin kompleks, kolaborasi lintas negara menjadi semakin penting dalam memajukan pendidikan.

Inspire Conference hadir sebagai jembatan yang menghubungkan berbagai perspektif dan pengalaman dari berbagai negara, memungkinkan para peserta untuk saling belajar dan menginspirasi.

Salah satu agenda utama dalam konferensi ini adalah membahas bagaimana pendidikan dapat bertransformasi melalui kolaborasi dan inovasi.

Para peserta akan diajak untuk berpikir kritis mengenai tantangan-tantangan yang dihadapi oleh sistem pendidikan di berbagai negara, serta mencari solusi-solusi kreatif yang dapat diterapkan secara global.

Salah satu pembicara utama yang sangat dinantikan adalah Prof. Hind Amel Mostari dari Djillati Liabés University of Sidi Bel Abbes, Aljazair.

Lihat Juga: Mempersiapkan Mahasiswa PLP II Tahun 2025: Deep Learning Diajarkan untuk Pembelajaran Bermakna dan Interaktif

Beliau adalah seorang ahli di bidang teknologi pendidikan dan pembelajaran bahasa, dan akan memberikan pandangannya yang berharga mengenai pentingnya integrasi teknologi digital dalam pembelajaran bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing (EFL).

Dalam presentasinya, Prof. Hind Amel Mostari menjelaskan bahwa transformasi digital telah mengubah lanskap pendidikan secara fundamental.

“Integrasi teknologi digital dalam pengajaran dan pembelajaran EFL di universitas membuka peluang baru yang belum pernah terjadi sebelumnya, sekaligus menghadirkan tantangan-tantangan yang perlu kita atasi bersama,” ujarnya.

Beliau menambahkan, “Dengan memanfaatkan teknologi digital secara efektif, kita dapat memberdayakan pelajar EFL dengan meningkatkan pengalaman belajar mereka, mendorong otonomi, dan mengatasi hambatan-hambatan tradisional yang selama ini menghalangi kemajuan mereka dalam belajar bahasa.”

Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Pembelajaran EFL

teknologi digital

Sesi yang dipimpin oleh Prof. Hind Amel Mostari juga menyoroti berbagai alat dan platform digital yang telah terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran EFL di universitas-universitas di Indonesia. Beberapa di antaranya meliputi:

– Learning Management Systems (LMS): Platform seperti Moodle dan Blackboard yang memungkinkan pengajar untuk mengatur dan menyajikan materi kuliah secara sistematis, serta memfasilitasi interaksi antara pengajar dan mahasiswa.

– Mobile Assisted Language Learning (MALL): Aplikasi dan latihan interaktif yang dapat diakses melalui perangkat seluler, memungkinkan pelajar untuk belajar kapan saja dan di mana saja.

– Artificial Intelligence (AI) dan Pembelajaran Adaptif: Penggunaan AI untuk memberikan pengalaman belajar yang personal dan adaptif, sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing pelajar.

Selain itu, konferensi ini juga membahas pemanfaatan AI generatif, seperti ChatGPT, untuk membantu pelajar dalam latihan menulis dan berbicara, serta memberikan umpan balik yang dipersonalisasi secara instan.

Aplikasi seperti Duolingo juga menjadi semakin populer di kalangan pelajar EFL karena memberikan latihan bahasa yang menyenangkan dan mudah diakses melalui smartphone.

Prof. Hind Amel Mostari menekankan bahwa kunci keberhasilan integrasi teknologi digital dalam pembelajaran EFL adalah dengan memilih alat dan platform yang tepat, serta melatih pengajar untuk menggunakannya secara efektif.

“Teknologi hanyalah alat bantu. Yang terpenting adalah bagaimana kita sebagai pengajar dapat memanfaatkannya untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik, interaktif, dan bermakna bagi para pelajar,” ujarnya.

Mengatasi Tantangan dan Meraih Peluang dalam Era Transformasi Digital

Meskipun teknologi digital menawarkan banyak manfaat, Prof. Hind Amel Mostari juga mengingatkan bahwa ada tantangan-tantangan yang perlu diatasi agar transformasi digital dalam pendidikan dapat berjalan sukses.

Salah satu tantangan utama adalah kesenjangan akses digital, di mana tidak semua pelajar memiliki akses yang sama terhadap perangkat digital atau koneksi internet yang memadai.

“Kita harus memastikan bahwa semua pelajar memiliki kesempatan yang sama untuk mengakses teknologi digital dan memanfaatkannya untuk meningkatkan kualitas belajar mereka,” tegas Prof. Hind Amel Mostari.

Lihat Juga: Zahra Novianti Raih Medali Emas dan Perunggu di Ajang Kejuaraan Pencak Silat Kanjuruhan Fighter Competition II 2025

Selain itu, beliau juga menyoroti pentingnya pelatihan bagi pengajar agar mereka dapat menggunakan teknologi digital secara efektif dalam pembelajaran.

“Pengajar perlu dilatih untuk menggunakan teknologi digital secara kreatif dan inovatif, serta untuk mengintegrasikannya ke dalam kurikulum secara bermakna,” jelasnya.

Namun, dengan dukungan yang tepat dari pemerintah, universitas, dan masyarakat, Prof. Hind Amel Mostari yakin bahwa transformasi digital dalam pendidikan dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi masa depan generasi muda.

Penulis: Nabila Wulyandini

Bertita Terkini

Outbond Student EAGI Kazakhstan Perkuat Mobilitas Internasional Mahasiswa PBI Umsida
November 20, 2025By
kegiatan sosialisasi
Kegiatan Sosialisasi Program Les Gratis untuk Anak-anak Wilayah Buduran, Meningkatkan Akses Pendidikan
November 19, 2025By
ipk tinggi
Mahasiswa FPIP Berprestasi Ungkap Kunci Sukses Pertahankan IPK Tinggi
November 18, 2025By
guter tahap
GUTER Tahap 3 Umsida Gelar Bimtek Pengimbasan UKPPPG
November 17, 2025By
fpip
Pelantikan Wisuda Ke-46 Umsida 2025: FPIP Kukuhkan Lulusan Unggul, Berkarakter, dan Siap Mengabdi
November 15, 2025By
pertukaran mahasiswa
Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Umsida 2025 Ikuti Pertukaran Mahasiswa di Unesa
November 14, 2025By
reaksi
REAKSI FPIP Resmi Dilantik: Dari Ikrar, Tanggung Jawab, hingga Ruang Kreativitas Mahasiswa di Era Digital
November 13, 2025By
naungan
Naungan FPIP Kukuhkan Pengurus Baru Wujudkan Semangat di Action (Activist of Education)
November 12, 2025By

Prestasi

ipk tinggi
Mahasiswa FPIP Berprestasi Ungkap Kunci Sukses Pertahankan IPK Tinggi
November 18, 2025By
nabilla maulidia sari
Nabilla Maulidia Sari Mahasiswa FPIP Umsida 2025 Raih Prestasi Olahraga Bukti Konsistensi dan Semangat Juang
November 3, 2025By
Tapak Suci
Di 15th Airlangga Championship Tapak Suci National Open 2025, Deisyah Amalia Rawethi Raih Medali Emas
October 14, 2025By
Airlangga Championship
Syihabudin Robbani Berjaya di Airlangga Championship Nasional Open 2025, Raih Dua Gelar Juara
October 10, 2025By
Medali Emas
Mahasiswa Psikologi Umsida Raih Medali Emas di Indonesia Expo Battle Piala DPR RI
October 3, 2025By

Riset dan Inovasi

Psikologi Al-Fatihah
Pelatihan Psikologi Al-Fatihah oleh Tim Dosen Psikologi Umsida, Tingkatkan Layanan Guru BK SMA Muhammadiyah 3 Tulangan Sidoarjo
August 20, 2025By
buku
Dosen PG Paud Ciptakan Buku Ajar, Musik Mampu Tingkatkan Kecerdasan Anak Usia Dini
February 5, 2025By
literasi
Wisata Literasi Virtual Reality (VR) Ramah Difabel Hadir sebagai Inovasi dari PTI Umsida
January 7, 2025By