fpip.umsida.ac.id — Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (FPIP) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) menggelar kuliah umum bertema “Transformasi Pembelajaran Anak Usia Dini di Era Digital: Penerapan Deep Learning untuk Pendidikan yang Adaptif dan Personal” pada Senin, 30 Juni 2025, di Gedung Kuliah Bersama 2 Lantai 5, Kampus 1 Umsida.
Kegiatan ini dihadiri oleh lebih dari 30 peserta, terdiri dari mahasiswa PG PAUD semester 2, 4, 6, dan 8, serta para guru PAUD dari berbagai lembaga pendidikan di Sidoarjo dan sekitarnya. Kuliah umum ini menjadi wadah interaksi dan pembelajaran bersama antara calon pendidik dan praktisi dalam menghadapi tantangan pendidikan anak usia dini di era digital.
Penerapan Inkuiri dan Teknologi Digital dalam Pendidikan Anak Usia Dini
Mufidah SPsi MPdI, pemateri kuliah umum, memaparkan pentingnya pendekatan inkuiri dalam pembelajaran anak usia dini. Ia menjelaskan bahwa pendekatan ini membentuk pola pikir kritis, rasa ingin tahu, dan kreativitas pada anak sejak usia dini. “Dengan pendekatan inkuiri, anak tidak hanya menjadi penerima informasi, tetapi juga aktif dalam proses menemukan makna dari pembelajaran,” ujar Mufidah.
Lihat Juga: Lomba Mewarnai FPIP Edufair 2025: Semarak Kreativitas Anak Usia Dini
Ia juga menekankan bahwa teknologi digital bisa menjadi alat bantu yang efektif dalam mendukung proses inkuiri, seperti melalui video edukatif, gambar interaktif, eksperimen berbasis aplikasi, dan simulasi digital. Mufidah mengingatkan bahwa pendampingan orang dewasa sangat penting agar anak tidak hanya menjadi pengguna pasif teknologi, tetapi bisa menggunakannya untuk berpikir dan mengeksplorasi secara aktif.
Meningkatkan Pengalaman Belajar yang Personal dan Berkelanjutan
Kuliah umum ini juga membahas tentang konsep deep learning dalam pendidikan anak usia dini, yang tidak hanya terkait dengan kecerdasan buatan (AI) tetapi juga dengan menciptakan pengalaman belajar yang mendalam, bermakna, dan berkelanjutan. Deep learning memungkinkan pendidik untuk merancang strategi pembelajaran yang kontekstual dan personal, sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan setiap anak. Mufidah menjelaskan bahwa teknologi digital dapat membantu memahami minat dan gaya belajar anak dengan lebih rinci, sehingga pembelajaran dapat lebih terarah dan efektif. Dengan deep learning, pendidik diharapkan dapat menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan dan relevan dengan kehidupan anak, sekaligus memfasilitasi pembelajaran yang berkelanjutan.
Antusiasme Mahasiswa dan Guru PAUD dalam Menerima Ilmu Baru
Kaprodi PG PAUD Umsida, Dr Luluk Iffatur Rochmah SS MPd dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan kuliah umum ini sangat penting dalam mendukung kompetensi mahasiswa dan guru PAUD. “Kegiatan ini tidak hanya dihadiri oleh mahasiswa, tetapi juga oleh guru-guru PAUD di Sidoarjo. Kami berharap materi yang disampaikan dapat diterapkan dalam pembelajaran anak usia dini,” ujar Dr Luluk. Ia menambahkan bahwa dengan adanya kuliah umum ini, mahasiswa dan guru PAUD bisa lebih memahami dan mengimplementasikan deep learning dalam pendidikan anak usia dini.
Antusiasme peserta terlihat dari sesi diskusi yang sangat aktif. Devina, mahasiswa PG PAUD semester 4, mengungkapkan bahwa kuliah umum ini banyak memberikan manfaat dan pengetahuan baru. “Kami jadi lebih mengenal tentang dunia guru PAUD dan bagaimana teknologi bisa diterapkan dalam pembelajaran anak,” tuturnya. Yuni, mahasiswa semester 6 yang sudah aktif mengajar, menambahkan, “Kuliah umum ini sangat bermanfaat, apalagi bagi kami yang sudah mengajar, karena bisa memperluas wawasan dalam mengajar anak usia dini.”
Lihat Juga: HIMPAUDI Jatim dan Umsida Bersinergi Tingkatkan Kualifikasi Guru PAUD Jawa Timur
Salah satu peserta yang merupakan guru PAUD, juga memberikan kesan positif. “Alhamdulillah, kuliah umum ini memberikan pencerahan. Walaupun tidak bisa mendapatkan materi mendalam, saya jadi lebih tahu tentang pendekatan inkuiri dan bagaimana teknologi bisa diterapkan dalam mengajar anak usia dini,” ujarnya.
Kuliah umum ini mengajak peserta untuk terus belajar dan berinovasi. Kuliah umum ini menegaskan komitmen PG PAUD Umsida untuk mencetak pendidik anak usia dini yang kreatif, adaptif, dan melek digital, serta siap menghadapi tantangan zaman dengan pendekatan yang humanis dan berorientasi pada kebutuhan anak.
Penulis: Mutafarida