Pengembangan Media Digital Interactive Books di SD Negeri Kenongo 1 Sidoarjo Tingkatkan Kemampuan Komunikasi dan Kolaborasi dalam Era Merdeka Belajar

fpip.umsida.ac.id – Dalam upaya mendukung program Merdeka Belajar yang dicanangkan oleh pemerintah, dosen dari salah satu perguruan tinggi terkemuka di Jawa Timur, yakni Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) melakukan riset pengembangan media digital Interactive Books di SD Negeri Kenongo 1 Sidoarjo. Kegiatan ini merupakan bagian dari implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pada bidang penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Penelitian ini dipimpin oleh salah satu dosen program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (FPIP), Feri Tirtoni M Pd dan berfokus pada pengembangan media pembelajaran digital yang inovatif, yang diberi nama Interactive Books. Media ini dirancang untuk membantu meningkatkan kemampuan komunikasi dan kolaborasi siswa dalam proses belajar mengajar. Dengan menggunakan teknologi digital, Interactive Books menawarkan pengalaman belajar yang lebih interaktif, dinamis dan tentunya menarik bagi siswa.

“Kami melihat bahwa era Merdeka Belajar menuntut adanya inovasi dalam media pembelajaran agar siswa dapat belajar dengan lebih efektif dan efisien. Media Interactive Books ini kami kembangkan dengan tujuan untuk mengintegrasikan teknologi dalam proses pembelajaran serta meningkatkan kemampuan komunikasi dan kolaborasi siswa,” ujar Feri Tirtoni.

Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Kenongo 1 Sidoarjo dan melibatkan para guru serta siswa sebagai peserta. Hasil awal dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Interactive Books dalam pembelajaran mampu meningkatkan keterlibatan siswa di kelas, memfasilitasi pembelajaran berbasis proyek, dan mendorong kerja sama yang baik antar siswa. Para guru juga merasakan manfaat yang signifikan dalam memudahkan penyampaian materi dan mengelola kelas dengan lebih dinamis.

“Kami sangat terbantu dengan adanya media pembelajaran ini. Siswa terlihat lebih antusias dan aktif dalam pembelajaran. Selain itu, kami juga bisa mengajak siswa untuk lebih banyak berdiskusi dan bekerja sama dalam kelompok,” ungkap salah satu guru yang terlibat dalam penelitian ini.

Dengan adanya penelitian ini, diharapkan para guru dan siswa dapat lebih siap menghadapi tantangan era digital dan Merdeka Belajar. Pengembangan media digital seperti Interactive Books ini tidak hanya memberikan manfaat bagi siswa dalam mengembangkan kemampuan mereka, tetapi juga menjadi sumber daya berharga bagi para guru dalam meningkatkan metode pembelajaran.

Penelitian ini masih akan berlanjut dengan berbagai tahapan pengembangan lebih lanjut dan uji coba di berbagai sekolah lainnya. Harapannya, inovasi ini dapat diimplementasikan secara luas dan memberikan dampak positif yang signifikan bagi dunia pendidikan di Indonesia.

 

Penulis : Feri Tirtoni

Editor : Arya Bimantara