PLP II

Pembekalan PLP II Tahun 2025 FPIP Umsida: Mempersiapkan Mahasiswa Menjadi Pendidik Adaptif di Era Digital

fpip.umsida.ac.id — Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (FPIP) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) menggelar Pembekalan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) II bagi mahasiswa semester 6 yang akan dilaksanakan pada tahun 2025. Pembekalan ini berlangsung pada Kamis, 7 Agustus 2025, melalui platform Zoom Meeting yang diikuti oleh sekitar 150 mahasiswa dari lima program studi yang berbeda di FPIP, yaitu Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD), Pendidikan IPA (Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam), Pendidikan Bahasa Inggris (PBI), dan Pendidikan Teknologi Informasi (PTI). Acara ini bertujuan untuk memberikan informasi teknis, materi pendidikan berbasis teknologi, serta mempersiapkan mahasiswa untuk terjun langsung ke dunia pendidikan di sekolah mitra.

Menjadi Pendidik yang Siap Menghadapi Perubahan

PLP II

Kegiatan dimulai dan dibuka dengan sambutan dari Dekan FPIP Umsida, Dr Septi Budi Sartika MPd mengungkapkan pentingnya PLP II sebagai tahap lanjutan dalam mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi pendidik yang adaptif terhadap perkembangan zaman. Dalam sambutannya, Dr Septi menekankan bahwa PLP II kali ini membawa banyak tantangan dan peluang bagi mahasiswa untuk meningkatkan kompetensi mereka, terutama di bidang teknologi pendidikan yang sedang berkembang pesat.

Lihat Juga: Pelatihan Koding dan Kecerdasan Artifisial Resmi Dibuka, Dosen Prodi PTI dan Informatika Umsida Jadi Fasilitator

“PLP II ini adalah kesempatan untuk mempersiapkan diri sebagai calon pendidik yang profesional, kreatif, dan siap menghadapi tantangan dunia pendidikan. Saya berharap kegiatan ini berjalan lancar dan memberikan kontribusi nyata bagi perkembangan masing-masing prodi,” ujar Dr Septi.

Beliau juga menjelaskan bahwa PLP II tidak hanya melibatkan pengalaman mengajar, tetapi juga pengenalan pada konsep-konsep Koding dan Kecerdasan Artifisial (KKA) serta pendekatan Pembelajaran Mendalam (Deep Learning) yang sangat relevan dengan dunia pendidikan saat ini.

Persiapan Mahasiswa PLP II untuk Terjun Langsung ke Sekolah Mitra

Setelah pembukaan dari Dekan, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan teknis pelaksanaan PLP II oleh Fitria Eka Wulandari SSi MPd. Fitria Eka mengungkapkan bahwa kegiatan PLP II ini akan dilakukan selama 6 minggu di sekolah mitra, yang sebelumnya sudah digunakan sebagai tempat PLP I. “Mahasiswa akan berperan sebagai guru di sekolah mitra, mempersiapkan pembelajaran akademik, serta menangani administrasi yang terkait. Setiap mahasiswa juga akan dibimbing oleh guru pamong di sekolah untuk mendalami tugas-tugas tersebut,” jelas Fitria Eka.

Lebih lanjut, Fitria Eka menjelaskan bahwa mahasiswa akan dikelompokkan dalam kelompok kecil yang terdiri dari maksimal 8 orang dengan satu Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Kegiatan ini juga akan menghasilkan beberapa luaran, seperti artikel ilmiah, reels, dan berita yang akan dipublikasikan di website Umsida, FPIP, dan prodi masing-masing. Hal ini diharapkan dapat menambah kontribusi mahasiswa dalam dunia pendidikan melalui karya-karya yang bermanfaat.

Menyiapkan Mahasiswa Menghadapi Pendidikan Berbasis Teknologi Melalui Materi Coding dan Deep Learning

Setelah pemaparan teknis, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi Koding dan Kecerdasan Artifisial (KKA) oleh Fitria Nur Hasanah MPd, Kaprodi PTI Umsida. Fitria NH menjelaskan pentingnya KKA dalam dunia pendidikan, khususnya dalam mendukung pembelajaran digital yang semakin berkembang.

“Di era digital saat ini, keterampilan KKA menjadi hal yang sangat penting. Pembelajaran yang berbasis teknologi dapat membantu siswa belajar dengan cara yang lebih interaktif dan menyenangkan. Oleh karena itu, mahasiswa perlu mempelajari dan mengintegrasikan KKA dalam proses pembelajaran mereka nantinya saat berPLP,” ungkap Fitria NH.

Lihat Juga: Kolaborasi FPIP dan FBHIS Umsida Bersama WIJABA, Buka Peluang Karir Lewat Magang dan Pendidikan

Sesi berikutnya dilanjutkan dengan materi deep learning yang dipaparkan oleh Dr Kemil Wachidah, SPdI MPd, Kaprodi PGSD. Dalam materi ini, Dr Kemil menjelaskan konsep deep learning dalam pendidikan anak usia dini dan bagaimana konsep ini dapat diterapkan dalam praktik pengajaran. “Deep learning bukan hanya tentang pemahaman materi yang mendalam, tetapi juga tentang menciptakan pengalaman belajar yang bermakna dan kontekstual. Mahasiswa diharapkan dapat menggunakan pendekatan ini untuk memberikan pembelajaran yang lebih efektif dan menyeluruh kepada siswa di sekolah mitra,” jelas Dr Kemil.

Pemaparan materi KKA dan deep learning diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih dalam bagi mahasiswa tentang bagaimana teknologi dapat digunakan untuk mendukung pembelajaran yang lebih interaktif dan efektif. Hal ini juga menjadi bekal penting bagi mahasiswa untuk menjadi pendidik yang adaptif terhadap perkembangan teknologi.

Meningkatkan Kualitas Pendidikan dan Pengalaman Mahasiswa PLP II

PLP II

Dengan pemaparan materi yang lengkap dan teknis, PLP II diharapkan dapat menjadi pengalaman berharga bagi mahasiswa FPIP Umsida. Pembekalan ini tidak hanya mempersiapkan mahasiswa dalam aspek akademik, tetapi juga kemampuan teknologi yang kini sangat dibutuhkan dalam dunia pendidikan. Diharapkan mahasiswa dapat memanfaatkan setiap kesempatan yang ada di PLP II untuk belajar, berinovasi, dan memberikan kontribusi nyata untuk kemajuan dunia pendidikan.

Dengan adanya pembekalan yang komprehensif ini, PLP II 2025 di FPIP Umsida diharapkan dapat menghasilkan calon pendidik yang tidak hanya kompeten dalam bidangnya, tetapi juga memiliki kemampuan teknologi yang adaptif dan siap menghadapi tantangan zaman. Ke depannya, kegiatan ini akan terus berlanjut untuk memperkuat kualitas pendidikan di Indonesia melalui peningkatan kapasitas mahasiswa sebagai pendidik yang inovatif dan berwawasan luas.

 

Penulis: Mutafarida

Bertita Terkini

wisudawan berprestasi
Yuniar Rifti Nurfadhila, Wisudawan Berprestasi yang Menginspirasi dengan Dedikasi dan Manajemen Waktu yang Efektif
August 7, 2025By
Wisudawan Terbaik
Wisudawan Terbaik Nada Salsabila Ungkap Manajemen Waktu dan Dedikasi Tinggi Adalah Kunci
August 6, 2025By
wisudawan berprestasi
Wisudawan Berprestasi dari Prodi pendidikan IPA yang Menjadi Inspirasi dengan Mengatur Waktu Antara Kuliah, Kerja, dan Organisasi
August 5, 2025By
Mahasiswa
Mahasiswa Psikologi Umsida, Nabilla Maulidia Sari Persembahkan Medali Emas dalam Kejuaraan Pencak Silat Naional
August 4, 2025By
mahasiswa
Prestasi Gemilang Mahasiswa PGSD Umsida, Syihabudin Robbani Raih Juara 1 di Kejuaraan Nasional Malang Championship 5
August 1, 2025By
mahasiswa
Mahasiswa Psikologi Umsida Kembali Ukir Prestasi, Tarikh Bima Damarjati Raih Emas di Kejuaraan Nasional
July 31, 2025By
mahasiswa
Mahasiswa Psikologi Umsida Sabet Juara 2 di Kejuaraan Tapak Suci Nasional, Prestasi Dhia Kesuma Qatrunnada R.
July 30, 2025By
mahasiswa
Adisti Al Qur’ani Anggorowati, Mahasiswa PTI Umsida Raih Predikat Wisudawan Terbaik
July 29, 2025By

Prestasi

wisudawan berprestasi
Yuniar Rifti Nurfadhila, Wisudawan Berprestasi yang Menginspirasi dengan Dedikasi dan Manajemen Waktu yang Efektif
August 7, 2025By
Wisudawan Terbaik
Wisudawan Terbaik Nada Salsabila Ungkap Manajemen Waktu dan Dedikasi Tinggi Adalah Kunci
August 6, 2025By
wisudawan berprestasi
Wisudawan Berprestasi dari Prodi pendidikan IPA yang Menjadi Inspirasi dengan Mengatur Waktu Antara Kuliah, Kerja, dan Organisasi
August 5, 2025By
Mahasiswa
Mahasiswa Psikologi Umsida, Nabilla Maulidia Sari Persembahkan Medali Emas dalam Kejuaraan Pencak Silat Naional
August 4, 2025By
mahasiswa
Prestasi Gemilang Mahasiswa PGSD Umsida, Syihabudin Robbani Raih Juara 1 di Kejuaraan Nasional Malang Championship 5
August 1, 2025By

Riset dan Inovasi

buku
Dosen PG Paud Ciptakan Buku Ajar, Musik Mampu Tingkatkan Kecerdasan Anak Usia Dini
February 5, 2025By
literasi
Wisata Literasi Virtual Reality (VR) Ramah Difabel Hadir sebagai Inovasi dari PTI Umsida
January 7, 2025By
buku ajar
Dosen FPIP Umsida Buat Buku Ajar untuk Solusi Pendidikan Literasi di Kelas Awal
December 13, 2024By