fpip.umsida.ac.id — Sebagai bagian dari program Pengabdian kepada Masyarakat yang berlangsung sejak Februari hingga Mei 2025, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (FPIP) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) bekerja sama dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Inggris Kabupaten Sidoarjo untuk menyelenggarakan workshop. Kegiatan workhshop ini bertajuk “Mewujudkan SDG 4 melalui Kreativitas dalam Pengajaran: Pelatihan Digital Storytelling untuk Guru Bahasa Inggris SMA.”
Kegiatan utama berupa workshop ini dilaksanakan pada Senin, 21 April 2025 yang bertempat di Aula K.H. Mas Mansur, Kampus 1, Umsida. Workshop digital storytelling ini dihadiri oleh 51 guru Bahasa Inggris dari berbagai SMA di Kabupaten Sidoarjo. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital guru, khususnya dalam mengintegrasikan pendekatan digital storytelling dalam pengajaran Bahasa Inggris.
Mengasah Kreativitas Guru lewat Praktik Digital Storytelling Interaktif
Workshop dibuka dengan sambutan oleh Ketua MGMP Bahasa Inggris Kabupaten Sidoarjo, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi dari narasumber, yaitu Sheila Agustina MPd, Dr Fika Megawati MPd, dan Dr Ermawati Zulikhatin Nuroh MPd. Ketiga narasumber menyampaikan konsep pemanfaatan digital storytelling dalam pembelajaran Bahasa Inggris yang menarik dan kontekstual. Selanjutnya, peserta mengikuti sesi praktik pembuatan digital storytelling menggunakan platform Canva, dan beberapa di antaranya berkesempatan mempresentasikan hasil karyanya di akhir kegiatan.
Dukungan Berkelanjutan untuk Guru dari PBI Umsida: Monitoring dan Apresiasi Inovasi Pembelajaran
Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian pengabdian masyarakat yang mencakup juga kegiatan monitoring ke sekolah-sekolah peserta serta pemberian apresiasi kepada tiga guru dengan produk digital storytelling terbaik. Salah satu peserta menyampaikan kesan positifnya, “Semoga pelatihan ini membawa manfaat jangka panjang dan mendorong kami untuk terus berinovasi dalam pengajaran.” Melalui kegiatan ini, prodi berharap dapat turut mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG) 4, yaitu pendidikan berkualitas, dengan cara memperkuat kapasitas guru dalam pembelajaran abad ke-21 berbasis teknologi.
Penulis: Sheila Agustina
Editor: Mutafarida