DaBeLCy

Noly Shofiyah Uji Model DaBeLCy untuk Meningkatkan Penalaran Ilmiah Mahasiswa dalam Ujian Disertasi S-3 Pendidikan Sains UNESA

fpip.umsida.ac.id — Dosen Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (FPIP Umsida), Noly Shofiyah MPd MSc baru-baru ini mengikuti ujian tertutup disertasi Program S-3 Pendidikan Sains di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Surabaya (UNESA).

Disertasi yang berjudul “Pengembangan Model Data-Based Learning Cycle (DaBeLCy) untuk Meningkatkan Penalaran Ilmiah IPA Mahasiswa S-1” ini mengangkat topik mengenai pengembangan model pembelajaran inovatif untuk meningkatkan penalaran ilmiah mahasiswa dalam bidang IPA.

Lihat Juga: Dosen Pendidikan IPA Umsida Lolos Hibah RisetMu: Upaya Meningkatkan Literasi Lingkungan dan Wawasan Budaya Lokal

Ujian yang berlangsung pada Rabu, 23 Juli 2025, pukul 08.00 hingga 10.00 WIB bertempat di Gedung IDB FMIPA UNESA ini menunjukkan kesiapan Noly dalam menyelesaikan program doktoralnya. Dalam ujian ini, Noly mempresentasikan hasil penelitiannya yang mengembangkan model pembelajaran berbasis data untuk meningkatkan pemahaman dan penalaran ilmiah mahasiswa dalam pembelajaran IPA.

Tim penguji disertasi ini terdiri dari akademisi terkemuka, termasuk Dr Dian Novita MPd, Wakil Dekan II FMIPA UNESA — Prof Dr Suyatno MSi, Koordinator Program Studi S-3 Pendidikan Sains, serta para promotor dan penguji dari UNESA dan Universitas Terbuka, di antaranya Prof Dr Budi Jatmiko MPd, Prof Nadi Suprapto MPd PhD, Prof Dr Eko Hariyono MPd, Dr Binar Kurnia Prahani MPd dan Prof Dr Paken Pandiangan MSi.

Model DaBeLCy: Inovasi Pembelajaran Berbasis Data untuk Penalaran Ilmiah

Model DaBeLCy yang dikembangkan oleh Noly menggabungkan pendekatan siklus pembelajaran dengan pemanfaatan data sebagai dasar pengambilan keputusan dalam proses belajar. Model ini dirancang untuk membantu mahasiswa dalam memahami dan mengaplikasikan konsep-konsep IPA secara lebih efektif. Dengan mengutamakan penggunaan data, model ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran ilmiah mahasiswa, sehingga mereka dapat lebih kritis dan analitis dalam menyelesaikan masalah dan mengembangkan pemahaman mereka terhadap materi pembelajaran IPA.

Lihat Juga: Noly Shofiyah, Dosen FPIP Raih Penghargaan Publikasi Ilmiah Award 2023-2024 dengan 3 Kategori

Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi penting dalam pengembangan model pembelajaran berbasis data di pendidikan tinggi, khususnya dalam bidang IPA. selain itu, diharapkan bahwa model ini tidak hanya meningkatkan kualitas pembelajaran di Umsida, tetapi juga dapat diadopsi di universitas lain untuk mendukung pengajaran yang lebih efektif dan berbasis data.

Langkah Menuju Gelar Doktor dalam Pendidikan Sains

Setelah ujian tertutup ini, Noly Shofiyah semakin mendekatkan dirinya untuk meraih gelar doktor dalam bidang Pendidikan Sains. Disertasi yang diajukan bukan hanya mencerminkan komitmennya dalam mengembangkan metode pembelajaran yang inovatif, tetapi juga memberikan kontribusi bagi peningkatan kualitas pendidikan sains di Indonesia.

FPIP Umsida khususnya Prodi Pendidikan IPA, sebagai tempat Noly mengabdi, merasa bangga dengan pencapaian ini dan akan terus mendukung para dosennya untuk melakukan penelitian yang memberikan dampak positif dalam dunia pendidikan. Ujian tertutup ini menjadi bukti nyata dari pengabdian Noly untuk meningkatkan kualitas pendidikan sains melalui pendekatan pembelajaran yang berbasis data dan penalaran ilmiah.

 

 

Bertita Terkini

LANG&TECH
Pembelajaran Berbasis Web “LANG&TECH”, Mahasiswa PBI & PTI Umsida Ciptakan Inovasi di SMA Negeri 3 Sidoarjo
October 16, 2025By
Tapak Suci
Di 15th Airlangga Championship Tapak Suci National Open 2025, Deisyah Amalia Rawethi Raih Medali Emas
October 14, 2025By
Perpustakaan
Kunjungan Perpustakaan dalam Kegiatan Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Literasi Siswa
October 13, 2025By
Airlangga Championship
Syihabudin Robbani Berjaya di Airlangga Championship Nasional Open 2025, Raih Dua Gelar Juara
October 10, 2025By
Kajian Keputrian
Kajian Keputrian FORTAMA FPIP Tahun 2025: Menumbuhkan Marwah dan Etika Sejak Dini
October 9, 2025By
Guru Pamong
Admin Kelas PPG Umsida Berperan Aktif dalam Pengolahan Nilai Calon Dosen dan Guru Pamong Nasional
October 8, 2025By
S2 Pendidikan Dasar
Matrikulasi Mahasiswa Baru Prodi S2 Pendidikan Dasar Umsida, 22 Mahasiswa Ikut Berpartisipasi Aktif
October 7, 2025By
Mahasiswa PLP II Prodi PGSD Umsida Ciptakan Mading “Ruang Ilmu dan Reward” di SD Muhammadiyah 1 Gempol
October 6, 2025By

Prestasi

Tapak Suci
Di 15th Airlangga Championship Tapak Suci National Open 2025, Deisyah Amalia Rawethi Raih Medali Emas
October 14, 2025By
Airlangga Championship
Syihabudin Robbani Berjaya di Airlangga Championship Nasional Open 2025, Raih Dua Gelar Juara
October 10, 2025By
Medali Emas
Mahasiswa Psikologi Umsida Raih Medali Emas di Indonesia Expo Battle Piala DPR RI
October 3, 2025By
Tarikh Bima
Tarikh Bima Damarjati Sabet Juara 3 di Kejuaraan Pencak Silat Tingkat Nasional
September 30, 2025By
Nabilla
Nabilla Maulidia Sari Buktikan Semangat Juang Tinggi, Sabet Emas di Kejuaraan Pencak Silat Kanjuruhan Fighter Competition II 2025
September 25, 2025By

Riset dan Inovasi

Psikologi Al-Fatihah
Pelatihan Psikologi Al-Fatihah oleh Tim Dosen Psikologi Umsida, Tingkatkan Layanan Guru BK SMA Muhammadiyah 3 Tulangan Sidoarjo
August 20, 2025By
buku
Dosen PG Paud Ciptakan Buku Ajar, Musik Mampu Tingkatkan Kecerdasan Anak Usia Dini
February 5, 2025By
literasi
Wisata Literasi Virtual Reality (VR) Ramah Difabel Hadir sebagai Inovasi dari PTI Umsida
January 7, 2025By