mahasiswa

Mahasiswa Umsida di PLP1 SMKN 2 Buduran: Langkah Awal Menuju Karier Profesional

fpip.umsida.ac.id – Pengenalan Lapangan Persekolahan 1 (PLP 1) yang dilaksanakan oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) dan Pendidikan Teknologi Informasi (PTI) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) kembali memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk terjun langsung ke lapangan dan memahami dunia pendidikan lebih dalam. Pada kesempatan kali ini, kegiatan PLP 1 dilaksanakan di SMKN 2 Buduran Sidoarjo, yang berlangsung mulai tanggal 17 hingga 21 Februari 2025. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada mahasiswa mengenai kultur sekolah, manajemen, proses pembelajaran, dan kompetensi pendidik.

Observasi Kultur dan Manajemen Sekolah

Selama lima hari observasi, mahasiswa melakukan pengamatan terhadap berbagai aspek penting di SMKN 2 Buduran. Mereka mengamati kultur sekolah yang kental dengan kedisiplinan dan nilai-nilai religius. Kegiatan rutin seperti salat Dhuha dan Zuhur berjamaah, upacara pagi, serta kebiasaan siswa mengenakan seragam sekolah dengan tertib menunjukkan betapa kuatnya disiplin di sekolah ini.

Selain itu, mahasiswa juga melakukan wawancara dengan berbagai pihak di sekolah, termasuk Guru Pamong, Ketua OSIS, dan Wakil Kesiswaan. Wawancara ini memberikan wawasan mengenai pengelolaan organisasi siswa dan bagaimana sekolah menangani permasalahan yang ada, serta pembinaan karakter siswa.

“Kami mendapatkan pemahaman langsung tentang bagaimana sekolah mengelola kegiatan akademik dan non-akademik dengan sistem yang terorganisir dengan baik,” ungkap Aprilia, salah satu mahasiswa PBI peserta PLP 1.

Pengamatan Proses Pembelajaran dan Kompetensi Guru

mahasiswa

Di SMKN 2 Buduran, mahasiswa mengamati berbagai metode pengajaran yang diterapkan oleh guru-guru di sekolah tersebut. Mereka memperhatikan bagaimana guru menggunakan pendekatan inovatif, termasuk pemanfaatan teknologi informasi seperti papan interaktif dan media digital dalam pembelajaran. Mahasiswa juga berinteraksi dengan guru-guru untuk mendiskusikan penggunaan Kurikulum Merdeka dan strategi pembelajaran yang diimplementasikan di sekolah.

Adam, mahasiswa PTI yang terlibat dalam program ini, menyatakan, “Proses pembelajaran di SMKN 2 Buduran sangat menarik. Guru-guru tidak hanya mengajarkan, tetapi juga berusaha untuk memahami kebutuhan setiap siswa dan menyesuaikan metode pembelajaran dengan karakteristik mereka.”

Para guru juga aktif dalam mempersiapkan berbagai media pembelajaran yang sesuai dan menggunakan teknologi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, terutama dalam mempersiapkan siswa untuk menghadapi era digital.

Penerapan Kurikulum dan Kegiatan Ekstrakurikuler di SMKN 2 Buduran

Di SMKN 2 Buduran, kurikulum yang diterapkan adalah Kurikulum Merdeka yang memberikan ruang bagi siswa untuk lebih aktif dan kreatif dalam proses belajar. Selain kegiatan akademik, sekolah juga mengadakan berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang bertujuan untuk mengembangkan keterampilan sosial dan minat siswa. Kegiatan ekstrakurikuler tersebut antara lain pramuka, seni tari, futsal, dan lainnya.

Menurut seorang guru di SMKN 2 Buduran, “Ekstrakurikuler ini sangat penting untuk membangun karakter siswa dan memberi mereka kesempatan untuk mengembangkan bakat mereka di luar akademik.”

Sekolah juga menerapkan kegiatan positif seperti program tidur siang untuk siswa kelas satu yang dilaksanakan selama satu jam pada siang hari. Program ini bertujuan untuk membantu siswa menyesuaikan diri dengan jam belajar penuh atau full-day school yang diterapkan di SMKN 2 Buduran.

Manfaat Program PLP 1 Bagi Mahasiswa Calon Pendidik

mahasiswa

Program PLP 1 memberikan banyak manfaat bagi mahasiswa yang mengikutinya. Mereka mendapatkan pengalaman langsung mengenai kondisi sekolah, metode pengajaran guru, serta bagaimana sekolah dikelola. Melalui program ini, mahasiswa dapat mempraktikkan apa yang telah dipelajari di kampus dan mengembangkan keterampilan mengajar yang dibutuhkan di dunia pendidikan.

Dengan adanya observasi ini, mahasiswa lebih siap menghadapi dunia pendidikan dan berkontribusi dalam menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik di sekolah-sekolah tempat mereka akan mengabdi di masa depan. Pengalaman ini sangat penting dalam membangun berbagai keterampilan yang dibutuhkan oleh seorang guru, seperti keterampilan mengajar, memahami karakter murid, dan mengembangkan strategi pembelajaran yang efektif.

“Melalui observasi ini, kami bisa belajar banyak tentang bagaimana mengelola kelas dan bagaimana berinteraksi dengan siswa yang memiliki berbagai karakteristik. Ini membantu kami untuk lebih siap menjadi pendidik yang profesional,” ungkap Zayyidah.

 

Penulis: Tim PLP I

Editor: Mutafarida

Bertita Terkini

Speech Contest
Sukses Digelar! Lomba Speech Contest FPIP Edufair 2025 Jadi Ajang Prestisius Bagi Pelajar SMP dan SMA
June 1, 2025By
Gebyar Lomba PBB Bertongkat
Gebyar Lomba PBB Bertongkat: Merajut Disiplin, Membangun Karakter Pandu yang Unggul
May 31, 2025By
psikologi
Hima Psikologi Umsida Sukses Gelar Ground Archery U-16, Mengembangkan Keterampilan Psikologi Siswa Lewat Olahraga
May 30, 2025By
FPIP
Semarak FPIP EduFair 2025: Lomba Mewarnai, Warnai Keceriaan Anak-Anak dan Tumbuhkan Kreativitas Dini
May 29, 2025By
psikologi
Benchmarking Psikologi Umsida dengan UM Purworejo Perkuat Kolaborasi dan Pengembangan Kurikulum
May 28, 2025By
LOEI
Lolos LOEI International Internship Program 2025, Isna Elsyien Maulana Mustaqim Bagikan Kisah Inspiratif!
May 27, 2025By
psikologi
Sinergi Internasional: Psikologi Umsida Jalin Kerjasama dengan Universiti Malaya dan UM Purwokerto dalam Pendidikan Psikologi
May 26, 2025By
FPIP Edufair 2025
Penutupan FPIP Edufair 2025: Merayakan Talenta Muda dengan Kegiatan Kompetitif dan Inspiratif
May 25, 2025By

Prestasi

LOEI
Lolos LOEI International Internship Program 2025, Isna Elsyien Maulana Mustaqim Bagikan Kisah Inspiratif!
May 27, 2025By
Peneliti Terbaik
Penghargaan Peneliti Terbaik Berhasil Diraih Oleh Dosen FPIP Umsida, Dr Rahmania Sri Untari
April 23, 2025By
pendidikan
Mengoptimalkan Pendidikan di Era Digital: Studi Doktoral Dr. Ermawati Zulikhatin Nuroh dalam Meningkatkan Literasi Digital 
April 21, 2025By
PSPB
PSPB Umsida Raih Penghargaan Pusat Studi Terbaik: Inovasi dan Kolaborasi untuk Maju Bersama
April 17, 2025By
Program MBKM
Program MBKM Asistensi Mengajar: Pengalaman Berharga bagi Mahasiswa Prodi Pendidikan IPA Umsida
April 8, 2025By

Riset dan Inovasi

buku
Dosen PG Paud Ciptakan Buku Ajar, Musik Mampu Tingkatkan Kecerdasan Anak Usia Dini
February 5, 2025By
literasi
Wisata Literasi Virtual Reality (VR) Ramah Difabel Hadir sebagai Inovasi dari PTI Umsida
January 7, 2025By
buku ajar
Dosen FPIP Umsida Buat Buku Ajar untuk Solusi Pendidikan Literasi di Kelas Awal
December 13, 2024By