guru

Berkesan! Mahasiswa PGSD Umsida Melihat Langsung Interaksi Guru Murid SD Muda Tulangan

fpip.umsida.ac.id – Sepuluh mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (FPIP) telah mengukir sebuah pengalaman berharga selama lima hari di SD Muhammadiyah 2 Tulangan (SD Muda). Program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) ini tidak hanya mengasah pengetahuan tentang mengajar saja, namun juga mendalami kurikulum, serta membangun hubungan profesional dengan guru dan juga siswa. Program PLP 1 ini memberikan pengalaman berharga yang mendukung kesiapan kita dalam memasuki dunia pendidikan secara nyata, dengan mengamati praktik pembelajaran langsung di sekolah.

Selama PLP 1 ini, mahasiswa mendapatkan banyak wawasan baru yang memperkaya pemahaman kita tentang dinamika pembelajaran, peran guru, serta interaksi antara pendidik dengan siswa. Berbekal arahan dari dosen pembimbing dan pendampingan intensif dari guru pamong, kami berhasil mengamati  proses pembelajaran di kelas, serta beragam dinamika di lingkungan pendidikan.

Pembukaan Kelas dan Sambutan Guru

guru

Kegiatan PLP 1 ini dilakukan di kelas 2 pada hari kedua tepatnya Selasa, 18/03/2025. Di kelas tersebut suasananya sangat kondusif dan penuh semangat. Tidak hanya siswa reguler saja yang antusias berpartisipasi  dalam pembelajaran, siswa inklusi juga sama halnya dengan siswa reguler yang sangat antusias. Karena bahasa yang disampaikan guru, mudah dipahami oleh anak-anak. Meskipun setiap siswa memiliki karakter, gaya belajar, dan tingkat pemahaman yang berbeda-beda. Namun dalam aksinya, wali kelas tersebut dapat merangkul perbedaan itu, sehingga setiap siswa dapat memahami materi yang disampaikan sesuai dengan pemahaman mereka masing-masing.

Pada awal pembelajaran, setelah mereka melaksanakan mengaji bareng surah-surah pendek, membaca hadits, dan membaca doa, guru tidak langsung memberikan materi pembelajaran, tetapi menyapa para siswanya. Siswa menyambut sapaan itu dengan riang gembira. Setelah itu guru mengingatkan kembali materi pada minggu lalu agar siswa bisa memahami materi yang akan disampaikan berikutnya, sehingga memunculkan suasana hangat di kelas. Menariknya, setiap kelas memiliki yel-yel yang dinyanyikan untuk menumbuhkan rasa semangat mereka sebelum pembelajaran dimulai.

Interaksi Guru Dengan Siswa Selama Pembelajaran

guru

Saat pembelajaran berlangsung, siswa duduk memanjang sesuai dengan kelompoknya masing-masing. Kemudian guru akan memberikan beberapa pertanyaan pemantik. Jika salah satu siswa dapat menjawab pertanyaan, maka kelompok dari siswa tersebutlah yang akan mendapatkan point. Hal inilah yang akan menciptakan rasa berkompetisi pada siswa. Mereka sangat antusias dengan pertanyaan itu. Setiap hari mulai awal sampai akhir pembelajaran, guru menetap di kelas. Karena di SD Muda, menerapkan untuk setiap wali kelas bisa mengenali dan mengetahui perkembangan masing-masing siswa, terutama bagi siswa yang berkebutuhan khusus. Karena untuk siswa yang berkebutuhan khusus seperti itu dibutuhkan juga perhatian yang lebih dibandingkan dengan siswa lainnya. Meskipun di SD Muda sudah ada guru shadow yang mendampingi masing-masing siswa yang berkebutuhan khusus tersebut. Sebagai wali kelas tetap harus mengetahui karakter dari siswa yang berkebutuhan khusus tersebut. Misalnya dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah.

Seperti yang disampaikan oleh kepala sekolah, Ustadz Fahruddin SPdI MPd, “Di SD Muda ini memang tidak ada yang namanya ruang guru, hal ini dilakukan agar menciptakan bonding antara guru dengan siwa, dan juga bisa mengetahui perkembangan murid disini,” tutur Beliau.

Oleh karena itu, di SD Muda  tidak ada ruang guru. Seperti penuturan salah satu wali kelas 2, Ustadzah Uun Mas’ulah MPd, “Menjadi guru tidak hanya sekedar menyampaikan materi saja pada siswa, tapi kita harus bisa menjadi teman, guru, orang tua dan panutan yang baik bagi mereka,” ungkapnya.

Beliau juga menegaskan bahwa, “Kita harus bisa masuk ke dalam dunia mereka, agar kita bisa memahami karakter mereka masing-masing,” tambahnya.

Evaluasi Akhir Pembelajaran

guru

Setiap selesai pembelajaran, guru melakukan evaluasi pada siswanya agar mereka lebih paham lagi tentang kesimpulan materi hari itu. Evaluasi ini dilakukan pada saat penilaian lembar kerja siswa, guru akan menjelaskan kepada  masing-masing individu tentang kekurangan jawaban mereka, karena setiap individu mempunyai kemampuan yang berbeda-beda. Sehingga mereka akan memahami kekurangan atau kesalahan yang mereka lakukan.

 

Penulis: Mahasiswa PLP 1 Kelompok 16

Editor: Mutafarida

 

Bertita Terkini

Alfzehra
Alfzehra Muhammad Cajuizi: Mahasiswa Berprestasi yang Menginspirasi dengan Konsistensi dan Ketekunan
November 22, 2025By
peer teaching
Pelatihan Koding KA In 2 2025 Berlanjut di Umsida, Peserta Rampungkan Materi Peer Teaching
November 21, 2025By
EAGI Kazakhstan
Outbond Student EAGI Kazakhstan Perkuat Mobilitas Internasional Mahasiswa PBI Umsida
November 20, 2025By
kegiatan sosialisasi
Kegiatan Sosialisasi Program Les Gratis untuk Anak-anak Wilayah Buduran, Meningkatkan Akses Pendidikan
November 19, 2025By
ipk tinggi
Mahasiswa FPIP Berprestasi Ungkap Kunci Sukses Pertahankan IPK Tinggi
November 18, 2025By
guter tahap
GUTER Tahap 3 Umsida Gelar Bimtek Pengimbasan UKPPPG
November 17, 2025By
fpip
Pelantikan Wisuda Ke-46 Umsida 2025: FPIP Kukuhkan Lulusan Unggul, Berkarakter, dan Siap Mengabdi
November 15, 2025By
pertukaran mahasiswa
Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Umsida 2025 Ikuti Pertukaran Mahasiswa di Unesa
November 14, 2025By

Prestasi

Alfzehra
Alfzehra Muhammad Cajuizi: Mahasiswa Berprestasi yang Menginspirasi dengan Konsistensi dan Ketekunan
November 22, 2025By
ipk tinggi
Mahasiswa FPIP Berprestasi Ungkap Kunci Sukses Pertahankan IPK Tinggi
November 18, 2025By
nabilla maulidia sari
Nabilla Maulidia Sari Mahasiswa FPIP Umsida 2025 Raih Prestasi Olahraga Bukti Konsistensi dan Semangat Juang
November 3, 2025By
Tapak Suci
Di 15th Airlangga Championship Tapak Suci National Open 2025, Deisyah Amalia Rawethi Raih Medali Emas
October 14, 2025By
Airlangga Championship
Syihabudin Robbani Berjaya di Airlangga Championship Nasional Open 2025, Raih Dua Gelar Juara
October 10, 2025By

Riset dan Inovasi

Psikologi Al-Fatihah
Pelatihan Psikologi Al-Fatihah oleh Tim Dosen Psikologi Umsida, Tingkatkan Layanan Guru BK SMA Muhammadiyah 3 Tulangan Sidoarjo
August 20, 2025By
buku
Dosen PG Paud Ciptakan Buku Ajar, Musik Mampu Tingkatkan Kecerdasan Anak Usia Dini
February 5, 2025By
literasi
Wisata Literasi Virtual Reality (VR) Ramah Difabel Hadir sebagai Inovasi dari PTI Umsida
January 7, 2025By