SD Muhammadiyah

Meningkatkan Kompetensi Lulusan: SD Muhammadiyah 1&2 Taman Terapkan Program Karya Ilmiah untuk Siswa Kelas 6

fpip.umsida.ac.id – SD Muhammadiyah 1&2 Taman di Sidoarjo telah mengambil langkah inovatif untuk meningkatkan kompetensi lulusan dengan menerapkan program karya ilmiah sebagai pengganti Sumatif Akhir Semester (SAS) bagi siswa kelas 6. Program ini telah berjalan selama tiga tahun dan bertujuan untuk mengembangkan keterampilan penelitian, kreativitas, serta soft skills siswa dalam sebuah kegiatan yang menyeluruh dan aplikatif. Dengan pendekatan ini, sekolah berharap dapat mencetak generasi muda yang tidak hanya unggul dalam akademis, tetapi juga memiliki karakter kuat untuk menghadapi tantangan dunia yang terus berkembang.

Kegiatan Karya Ilmiah: Wadah Pengembangan Kompetensi Siswa SD Muhammadiyah 1&2 Taman

SD Muhammadiyah

Program pembuatan karya ilmiah di SD Muhammadiyah 1&2 Taman memberikan kesempatan bagi siswa kelas 6 untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan mandiri melalui penelitian sains dan sosial sederhana. Setiap kelompok siswa yang terdiri dari 3 hingga 4 orang melakukan penelitian, mulai dari merumuskan masalah, mengumpulkan data, menganalisis, hingga menyusun laporan hasil penelitian. Kegiatan ini dilaksanakan dengan pendampingan dari guru yang berpengalaman untuk memastikan bahwa eksperimen dan data yang dikumpulkan akurat dan teruji.

Menurut pihak sekolah, tujuan dari kegiatan karya ilmiah ini adalah untuk membekali siswa dengan keterampilan dasar penelitian yang akan sangat berguna di masa depan. “Melalui kegiatan ini, siswa belajar merencanakan waktu, bertanggung jawab atas tugas mereka, serta bekerja dalam tim,” ujar Bapak Arif Yuli Purwanto, salah satu guru pembimbing yang terlibat. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat menumbuhkan rasa ingin tahu, meningkatkan kemampuan memecahkan masalah, serta melatih siswa dalam mengungkapkan ide secara terstruktur.

Kegiatan pembuatan karya ilmiah ini dilaksanakan setiap hari Sabtu mulai pukul 07.00-12.00 WIB. Agar tidak mengganggu proses belajar mengajar, siswa tidak diwajibkan mengenakan seragam sekolah, melainkan dapat mengenakan pakaian bebas. Program ini tidak hanya fokus pada aspek akademis tetapi juga pada pengembangan soft skills siswa. Siswa diwajibkan untuk mempresentasikan hasil karya ilmiah mereka di depan guru, teman-teman, dan orang tua sebagai final test.

Dampak Positif dan Pengembangan Soft Skills Melalui Presentasi

Salah satu aspek yang membedakan program karya ilmiah di SD Muhammadiyah 1&2 Taman adalah keharusan siswa untuk melakukan presentasi sebagai bagian dari penilaian. Presentasi ini membantu siswa untuk mengasah keterampilan public speaking, meningkatkan rasa percaya diri, dan membiasakan mereka untuk menerima kritik dan saran dengan sikap positif. Selain itu, hasil karya ilmiah setiap kelompok siswa dicetak dalam sebuah buku berjudul “From MUMTAZ To the NATION”, yang dapat dibaca oleh siswa, orang tua, dan masyarakat luas.

Hasil yang diperoleh dari program ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan berpikir kritis, kreativitas, dan keterampilan komunikasi siswa. “Melalui kegiatan ini, siswa tidak hanya mengembangkan keterampilan akademik, tetapi juga kemampuan sosial, seperti kepemimpinan, manajemen waktu, dan kerjasama tim,” kata Bapak Arif Yuli Purwanto. Program ini telah memberikan dampak yang sangat positif bagi perkembangan kompetensi siswa, yang tidak hanya unggul dalam aspek akademis, tetapi juga memiliki karakter yang kuat.

Keunikan dan Harapan untuk Masa Depan Pendidikan

SD Muhammadiyah

Keunikan dari program ini adalah keterlibatan penuh siswa dalam setiap tahapan penelitian, dari perencanaan hingga presentasi hasil. Program ini mendorong siswa untuk berpikir kreatif dan inovatif sejak dini. Di sekolah lain, kegiatan penelitian mungkin hanya dilakukan sebagai tugas tambahan, tetapi di SD Muhammadiyah 1&2 Taman, pembuatan karya ilmiah menjadi bagian integral dari sistem evaluasi.

Dengan keberhasilan yang dicapai, pihak sekolah berharap program ini dapat menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah lain untuk mengadopsi metode serupa. “Penerapan pembelajaran berbasis penelitian di tingkat sekolah dasar dapat menjadi langkah strategis dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia,” ujar pihak sekolah. Program ini juga memperlihatkan bahwa pendidikan yang berbasis pada penelitian dapat menghasilkan generasi muda yang lebih kompetitif, inovatif, dan siap menghadapi tantangan global.

Secara keseluruhan, program karya ilmiah di SD Muhammadiyah 1&2 Taman telah menunjukkan bahwa pendidikan yang berbasis penelitian bukan hanya meningkatkan kemampuan akademik, tetapi juga membangun keterampilan sosial dan kepemimpinan yang akan sangat berguna bagi siswa di masa depan. Dengan pencapaian ini, SD Muhammadiyah 1&2 Taman optimis dapat terus mengembangkan dan memperluas program serupa untuk menghasilkan lulusan yang unggul dalam berbagai aspek kehidupan.

 

Penulis: Tim PLP I

Editor: Mutafarida

Bertita Terkini

MIPA Champions
MIPA Champions 2025: Wadah Eksplorasi Sains Anak Bangsa dalam Semarakkan FPIP Edufair 2025
June 5, 2025By
Free Fire
Hima PTI Sukses Gelar Turnamen Free Fire sebagai Wadah Kreativitas dan Keterampilan Remaja Sidoarjo
June 4, 2025By
Olimpiade MIPA
Lomba Olimpiade MIPA: Memperkenalkan Sains dengan Seru di FPIP EduFair 2025
June 3, 2025By
Story Telling
Kemeriahan Lomba Story Telling FPIP Edufair 2025: Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris dan Kreativitas Pelajar
June 2, 2025By
Speech Contest
Sukses Digelar! Lomba Speech Contest FPIP Edufair 2025 Jadi Ajang Prestisius Bagi Pelajar SMP dan SMA
June 1, 2025By
Gebyar Lomba PBB Bertongkat
Gebyar Lomba PBB Bertongkat: Merajut Disiplin, Membangun Karakter Pandu yang Unggul
May 31, 2025By
psikologi
Hima Psikologi Umsida Sukses Gelar Ground Archery U-16, Mengembangkan Keterampilan Psikologi Siswa Lewat Olahraga
May 30, 2025By
FPIP
Semarak FPIP EduFair 2025: Lomba Mewarnai, Warnai Keceriaan Anak-Anak dan Tumbuhkan Kreativitas Dini
May 29, 2025By

Prestasi

LOEI
Inspiratif!, Kisah Isna Elsyien Maulana Mustaqim Lolos LOEI International Internship Program 2025
May 27, 2025By
Peneliti Terbaik
Penghargaan Peneliti Terbaik Berhasil Diraih Oleh Dosen FPIP Umsida, Dr Rahmania Sri Untari
April 23, 2025By
pendidikan
Mengoptimalkan Pendidikan di Era Digital: Studi Doktoral Dr. Ermawati Zulikhatin Nuroh dalam Meningkatkan Literasi Digital 
April 21, 2025By
PSPB
PSPB Umsida Raih Penghargaan Pusat Studi Terbaik: Inovasi dan Kolaborasi untuk Maju Bersama
April 17, 2025By
Program MBKM
Program MBKM Asistensi Mengajar: Pengalaman Berharga bagi Mahasiswa Prodi Pendidikan IPA Umsida
April 8, 2025By

Riset dan Inovasi

buku
Dosen PG Paud Ciptakan Buku Ajar, Musik Mampu Tingkatkan Kecerdasan Anak Usia Dini
February 5, 2025By
literasi
Wisata Literasi Virtual Reality (VR) Ramah Difabel Hadir sebagai Inovasi dari PTI Umsida
January 7, 2025By
buku ajar
Dosen FPIP Umsida Buat Buku Ajar untuk Solusi Pendidikan Literasi di Kelas Awal
December 13, 2024By