fpip.umsida.ac.id – Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (FPIP) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) lakukan kunjungan silaturahmi ke Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) sebagai bagian dari rangkaian Konferensi Internasional yang diselenggarakan di Universitas Malaya pada Selasa, (29/04/2025).
Kunjungan ini dilakukan juga dalam rangka mempererat kerjasama dalam bidang pendidikan antara kedua institusi, dengan fokus pada kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) dan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Internasional.
Meningkatkan Kerja Sama Akademik Antara FPIP Umsida dan SIKL
Kunjungan ini dipimpin langsung oleh Dekan FPIP Umsida, Dr Septi Budi Sartika MPd, disambut hangat secara langsung oleh Kepala Sekolah SIKL, Friny Napasti MPd beserta jajaran guru dan staf pendidikan. Ramah tamah dan saling sambut pun berlangsung dengan nuansa ceria dan bahagia.
Dalam ssambutannya, Friny Napasti menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap inisiatif FPIP Umsida, menurutnya itu sejalan dengan visi SIKL untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan bagi warga negara Indonesia di Malaysia. “Kami menyambut baik kunjungan ini dan berharap dapat terus menjalin hubungan yang lebih erat demi kemajuan pendidikan bersama,” ungkap Friny Napasti.
Kegiatan dimulai dengan sesi diskusi terbuka tentang potensi kolaborasi akademik antara kedua lembaga pendidikan, khususnya terkait program magang mahasiswa seperti PLP atau KKN Internasional. Kedua belah pihak sepakat bahwa kerja sama ini akan memberikan manfaat besar, baik bagi peningkatan kapasitas guru dan siswa, maupun pengalaman internasional bagi mahasiswa FPIP Umsida.
Dalam diskusi tersebut, Dr Septi Budi Sartika menekankan pentingnya kemitraan antara FPIP Umsida dan SIKL dalam memperluas wawasan mahasiswa dan guru dalam konteks global. “Kami berharap kolaborasi ini dapat memberi dampak positif bagi perkembangan pendidikan di kedua belah pihak,” ujar Dr Septi.
Membangun Kemitraan Berkelanjutan untuk Pendidikan Global
Dr Septi juga menjelaskan bahwa kolaborasi ini merupakan bagian dari komitmen FPIP Umsida untuk memperluas jaringan kerja sama dengan institusi pendidikan luar negeri. Selain itu, kerjasama ini juga menjadi platform untuk implementasi Ilmu Psikologi dan Pendidikan dalam konteks global. “Kerjasama ini bukan hanya untuk jangka pendek, tetapi kami berharap bisa membangun kemitraan berkelanjutan yang saling menguntungkan dalam pengembangan pendidikan,” jelas Dr Septi.
Kunjungan ini menjadi langkah yang penting untuk mempererat hubungan antara Umsida dan SIKL, dengan tujuan bersama meningkatkan mutu pendidikan yang lebih terintegrasi secara internasional. Kolaborasi antara kedua institusi ini juga diharapkan dapat menciptakan berbagai program yang relevan dengan perkembangan pendidikan saat ini, terutama yang terkait dengan pendidikan berbasis teknologi dan pengembangan kurikulum yang inklusif dan adaptif terhadap kebutuhan zaman.
Rancangan Program Kolaboratif: PLP dan KKN Internasional
Kunjungan ditutup dengan diskusi ringan mengenai rencana kegiatan PLP dan KKN Internasional yang akan dilaksanakan di Malaysia. Dr Septi menambahkan bahwa FPIP Umsida akan membentuk tim teknis yang akan merancang program-program kolaboratif yang lebih konkret dan berdampak langsung bagi mahasiswa dan dunia pendidikan secara luas.
“Ke depannya, kami akan merancang program yang bisa memberikan manfaat nyata bagi mahasiswa dan masyarakat. Kami berharap program ini dapat dilaksanakan dengan sukses dan membawa dampak positif bagi pendidikan internasional,” imbuh Dr Septi.
Melalui kegiatan ini, FPIP Umsida tidak hanya menunjukkan komitmennya untuk menjalin hubungan internasional dengan negara tetangga, tetapi juga memperkuat posisi sebagai institusi pendidikan yang terus berinovasi dalam memberikan kontribusi kepada dunia pendidikan global.
Dengan adanya kerja sama ini, diharapkan mahasiswa dari kedua institusi dapat memperoleh pengalaman yang lebih kaya dalam pengajaran dan pembelajaran, serta terlibat dalam pengembangan ilmu pengetahuan yang lebih luas. Kolaborasi antara FPIP Umsida dan SIKL ini juga menjadi momentum untuk menciptakan solusi yang lebih baik dalam menghadapi tantangan pendidikan di era digital yang semakin berkembang.
Penulis: Vanda Rezania MPd
Editor: Mutafarida, Arya Bimantara