Dari Pecinta Literasi Menjadi Wisudawan Berprestasi 2023

fpip.umsida.ac.id – Indah Nur Febriyanti merupakan salah satu wisudawan berprestasi yang berasal dari program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (PGSD Umsida). Dunia literasi yang ia cintai, mampu mengantarkannya untuk mendapat predikat wisudawan berprestasi.

Mahasiswa Aktif Pecinta Literasi

Indah, sapaan akrabnya, merupakan mahasiswa aktif tak hanya dalam perkuliahan saja, tapi juga di kegiatan lain selain kuliah. Indah aktif di beberapa organisasi seperti Kewirausahaan, PIKM, dan LSMK. Selain itu, ia juga menjalankan kuliahnya sambil bekerja menjadi guru SD. Di sela-sela kesibukannya tersebut, Indah masih bersemangat untuk menuangkan ide-ide kreatifnya di bidang literasi.

Hingga pada tahun 2021, Indah berhasil menulis puisi yang mengantarkannya untuk mendapatkan juara 1 pada Festival Literasi Pendidikan yang mana kompetisi tersebut bertaraf nasional. Indah tak lelah mencetak prestasi kendatipun ia sedang berada di semester akhir perkuliahan. Tepatnya pada bulan Juni 2023, ia mendapatkan juara 3 menulis puisi dalam lomba “Lukiskan Karyamu, Banggakan Dirimu” yang diadakan oleh LSMK.

“Sebenarnya saya mengikuti banyak lomba literasi itu karena memang ingin mengembangkan minat saya di dalam dunia kepenulisan. Dan saya orangnya suka berkompetisi. Jadi dengan lomba tersebut jiwa kompetitif saya muncul,” tutur putri tunggal dari pasangan Hasan dan Ittah Selfijati itu.

Sumber Gambar – Istimewa

Menetukan Skala Priorotas

Pada Mei 2023, Indah merasa sedikit kewalahan dalam mengatur waktu antara semua kegiatannya sehingga ia harus berhenti bekerja. Diitambah lagi pada saat itu, Indah sudah memasuki masa pengerjaan artikel ilmiah

“Dari awal saya memang berminat untuk lulus tepat waktu. Oleh karena itu, saya harus mengambil keputusan dan menggunakan skala prioritas untuk mengerjakan artikel ilmiah terlebih dahulu,” terangnya.

Seusai memutuskan untuk tidak bekerja, kata Indah, ia langsung melaksanakan bimbingan, penelitian, olah data, hingga artikel tersebut selesai. Setelah fokus mengerjakan artikel, akhirnya Indah bisa melaksanakan sidang pada bulan Juli 2023 sekaligus mendaftarkan diri untuk mengikuti yudisium dan wisuda empat bulan setelahnya.

Sumber Gambar – Istimewa

Membuat To Do List

Perempuan kelahiran Surabaya 5 Februari 23 tahun lalu ini memiliki cara tersendiri untuk mengatur waktu dan kesibukannya yang padat itu. Indah terbiasa menggunakan to do list atau membuat daftar kegiatan pada buku jurnalnya mengenai apa saja kegiatan yang harus ia lakukan serta lomba yang akan ia ikuti.

“Saya akan mencentang semua kegiatan yang sudah saya selesaikan. Hal ini sangat memudahkan saya untuk memastikan kegiatan saya selesai sesuai dengan waktu yang ditentukan. Selain itu, dengan daftar tersebut saya bisa mengatur kegiatan agar tidak terlewat,” lanjutnya.

Misalnya, terang Indah, apabila ada rapat organisasi, Indah datang sepulang mengajar di sekolah. Setelah itu, ia melanjutkan kegiatannya untuk mengajar les privat sepulang dari kuliah.

Dengan manajemen waktu yang baik ditambah dengan menggunakan skala prioritas, Indah bisa menyelesaikan kuliahnya tepat waktu. Ia juga mendapat predikat sebagai wisudawan berprestasi, hingga pada akhirnya Indah bisa lulus Pendidikan Profesi Guru (PPG) prajabatan gelombang 2 tahun 2023.

Penulis: Romadhona S.

Sumber Berita : Umsida

Related Posts