Mempersiapkan Mahasiswa PLP II Tahun 2025: Deep Learning Diajarkan untuk Pembelajaran Bermakna dan Interaktif

fpip.umsida.ac.id — Sebagai bagian dari pembekalan PLP II tahun 2025, Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (FPIP) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) menghadirkan sesi materi Deep Learning atau Pembelajaran Mendalam yang disampaikan oleh Kaprodi PGSD, Dr Kemil Wachidah SPdI MPd. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 150 mahasiswa semester 6 dari lima program studi pendidikan, yakni Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD), Pendidikan IPA (Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam), Pendidikan Bahasa Inggris (PBI), dan Pendidikan Teknologi Informasi (PTI), secara daring melalui Zoom Meeting pada Kamis, 7 Agustus 2025.

Deep Learning, Konsep Pembelajaran Bermakna untuk Mahasiswa PLP II

Materi yang disampaikan Dr Kemil menekankan pentingnya pembelajaran mendalam sebagai pendekatan yang membuat proses belajar menjadi bermakna, berkesadaran, dan menyenangkan. “Prinsip pembelajaran mendalam ini adalah agar mahasiswa memahami, bukan hanya mengetahui,” jelasnya. Ia menambahkan bahwa pengalaman pembelajaran mendalam harus memungkinkan peserta didik menginternalisasi konsep yang dipelajari, sehingga perilaku dan pengetahuan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Lihat Juga: Pelepasan Mahasiswa PLP 1 2025, Mengisi Liburan dengan Kegiatan Bermanfaat

Dr Kemil mencontohkan praktik di kelas tentang penghematan energi. “Jika siswa diajarkan mengenai penghematan listrik di sekolah tetapi tidak diterapkan, maka pembelajaran itu tidak bermakna. Dengan pembelajaran mendalam, siswa memahami dan menerapkan konsep secara sadar,” terangnya. Konsep ini mengajarkan mahasiswa PLP II bagaimana menciptakan sinkronisasi antara pikiran, hati, dan tindakan siswa sehingga pembelajaran lebih efektif.

Selain itu, Dr Kemil menegaskan pentingnya kesadaran siswa. “Siswa harus sadar ketika belajar, sehingga pembelajaran menjadi bermakna dan menyenangkan. Misalnya, kegiatan yang dilakukan siswa di sekolah akan tetap mereka terapkan di rumah tanpa paksaan, karena sudah menginternalisasi pelajaran tersebut,” imbuhnya.

Implementasi Deep Learning dalam Rencana Pembelajaran

PLP II

Dalam sesi ini, mahasiswa PLP II juga diarahkan untuk merancang kerangka pembelajaran mendalam yang meliputi praktik pedagogis, model, media, metode, kemitraan, dan pemanfaatan digital. Dr Kemil menjelaskan, “Mahasiswa harus melakukan identifikasi kesiapan murid, menganalisis karakteristik materi, menentukan dimensi profil, serta menyusun tujuan dan desain pembelajaran.”

Lingkungan pembelajaran yang dimaksud tidak terbatas di dalam kelas, tetapi juga bisa di luar ruang kelas maupun secara virtual. Contohnya, ketika belajar tentang sampah organik dan non-organik, mahasiswa dapat membawa siswa untuk observasi di bantaran sungai, kemudian membuat produk pembelajaran berupa poster atau media digital yang dipublikasikan di media sosial. “Pemanfaatan digital tidak hanya saat proses pembelajaran, tapi juga untuk produk pembelajaran yang kreatif,” tegasnya.

Lihat Juga: MBKM Asistensi Mengajar Prodi PTI Umsida, Tingkatkan Keterampilan dan Bawa Kontribusi Nyata

Selain itu, mahasiswa diperkenalkan pada tiga tahap pengalaman pembelajaran, yakni memahami, mengaplikasikan, dan merefleksi. Tahap ini menjadi dasar asesmen di awal, proses, dan akhir pembelajaran, sehingga mahasiswa mampu melihat perkembangan pemahaman siswa secara menyeluruh.

Deep Learning untuk Pengembangan Kompetensi Guru Masa Depan

Dr Kemil menekankan bahwa pembelajaran mendalam menjadi pondasi penting agar mahasiswa PLP II menjadi guru yang adaptif dan profesional. “Dengan menguasai deep learning, mahasiswa dapat menerapkan prinsip belajar yang berkesadaran, bermakna, dan mengembirakan, sekaligus menyesuaikan dengan delapan dimensi profil pelajar yang ditetapkan pemerintah, termasuk kreativitas, kolaborasi, kesehatan, komunikasi, kemandirian, dan penalaran kritis,” jelasnya.

Mahasiswa juga diberikan pemahaman bahwa AI dan digitalisasi menjadi bagian dari proses pembelajaran mendalam. Dengan memanfaatkan teknologi, mahasiswa dapat membuat media interaktif, kuis online, modul ajar, hingga aktivitas refleksi digital. “Mahasiswa PLP II diharapkan mampu menginternalisasi prinsip pembelajaran mendalam dan mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran, sehingga mampu menjadi guru inovatif dan mampu menghadapi tantangan pendidikan di era digital,” pungkas Dr Kemil.

Lihat Juga: Mahasiswa PLP 1 Umsida Kenalkan Pembelajaran Digital Interaktif di Sekolah Pelosok NTT

Melalui sesi ini, FPIP Umsida menegaskan komitmennya untuk mencetak calon guru profesional, kreatif, dan adaptif, yang mampu menerapkan inovasi dalam proses belajar-mengajar serta menginternalisasi pembelajaran bermakna bagi peserta didik.

 

Penulis: Mutafarida

Bertita Terkini

KKA
Pengenalan Koding dan Kecerdasan Artifisial (KKA) untuk Siapkan Mahasiswa PLP II Tahun 2025 Terjun Ke Sekolah Mitra
August 12, 2025By
Wisudawan Berprestasi
Wisudawan Berprestasi Psikologi Umsida, Sapna Nofita Sari Bagikan Kisah Inspiratif
August 11, 2025By
PLP II
Pembekalan PLP II Tahun 2025 FPIP Umsida: Mempersiapkan Mahasiswa Menjadi Pendidik Adaptif di Era Digital
August 8, 2025By
wisudawan berprestasi
Yuniar Rifti Nurfadhila, Wisudawan Berprestasi yang Menginspirasi dengan Dedikasi dan Manajemen Waktu yang Efektif
August 7, 2025By
Wisudawan Terbaik
Wisudawan Terbaik Nada Salsabila Ungkap Manajemen Waktu dan Dedikasi Tinggi Adalah Kunci
August 6, 2025By
wisudawan berprestasi
Wisudawan Berprestasi dari Prodi pendidikan IPA yang Menjadi Inspirasi dengan Mengatur Waktu Antara Kuliah, Kerja, dan Organisasi
August 5, 2025By
Mahasiswa
Mahasiswa Psikologi Umsida, Nabilla Maulidia Sari Persembahkan Medali Emas dalam Kejuaraan Pencak Silat Naional
August 4, 2025By
mahasiswa
Prestasi Gemilang Mahasiswa PGSD Umsida, Syihabudin Robbani Raih Juara 1 di Kejuaraan Nasional Malang Championship 5
August 1, 2025By

Prestasi

Wisudawan Berprestasi
Wisudawan Berprestasi Psikologi Umsida, Sapna Nofita Sari Bagikan Kisah Inspiratif
August 11, 2025By
wisudawan berprestasi
Yuniar Rifti Nurfadhila, Wisudawan Berprestasi yang Menginspirasi dengan Dedikasi dan Manajemen Waktu yang Efektif
August 7, 2025By
Wisudawan Terbaik
Wisudawan Terbaik Nada Salsabila Ungkap Manajemen Waktu dan Dedikasi Tinggi Adalah Kunci
August 6, 2025By
wisudawan berprestasi
Wisudawan Berprestasi dari Prodi pendidikan IPA yang Menjadi Inspirasi dengan Mengatur Waktu Antara Kuliah, Kerja, dan Organisasi
August 5, 2025By
Mahasiswa
Mahasiswa Psikologi Umsida, Nabilla Maulidia Sari Persembahkan Medali Emas dalam Kejuaraan Pencak Silat Naional
August 4, 2025By

Riset dan Inovasi

buku
Dosen PG Paud Ciptakan Buku Ajar, Musik Mampu Tingkatkan Kecerdasan Anak Usia Dini
February 5, 2025By
literasi
Wisata Literasi Virtual Reality (VR) Ramah Difabel Hadir sebagai Inovasi dari PTI Umsida
January 7, 2025By
buku ajar
Dosen FPIP Umsida Buat Buku Ajar untuk Solusi Pendidikan Literasi di Kelas Awal
December 13, 2024By