fpip

Sinergi Aslab FPIP Umsida dan Unesa untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA

fpip.umsida.ac.id – Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (FPIP) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) menjalin kolaborasi strategis dengan Universitas Negeri Surabaya (Unesa) dalam bidang pendidikan IPA. Kolaborasi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui penelitian dan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Penelitian Riset.

Kegiatan ini berlangsung sejak bulan Juni 2024 dalam tahap persiapan, dengan implementasi perangkat pembelajaran yang dikembangkan mulai Oktober hingga Desember 2024. Pelaksanaan kegiatan dilakukan di kedua institusi, baik di Unesa maupun Umsida, sesuai dengan jadwal perkuliahan dan praktikum mahasiswa.

Kolaborasi untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA

Kolaborasi ini melibatkan dosen-dosen dari Prodi Pendidikan IPA, khususnya dalam mata kuliah Kimia Umum, Biologi Umum, dan STEM. Program ini juga didukung penuh oleh Dekan FPIP Umsida dan Kaprodi Pendidikan IPA yang memfasilitasi kerja sama agar dapat berjalan dengan baik.

Menurut Dhita Ayu Permata Sari, M.Pd., dosen dari Unesa sekaligus anggota tim peneliti, kerja sama ini memberikan manfaat besar bagi kedua institusi. “Kolaborasi ini membuka peluang pertukaran ilmu, pengalaman, dan sumber daya, yang sangat penting untuk pengembangan keilmuan di bidang pendidikan IPA,” ujarnya.

Selain itu, dalam program MBKM Penelitian Riset, mahasiswa Unesa angkatan 2022 ikut serta dalam membantu penelitian dosen serta merancang penelitian mereka sendiri. Hal ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk lebih mendalami ilmu secara praktis dan mendapatkan pengalaman langsung dalam dunia penelitian.

Respons Mahasiswa dan Tantangan yang Dihadapi

fpip

Mahasiswa dari kedua kampus menunjukkan antusiasme tinggi selama kegiatan berlangsung. Berdasarkan sesi diskusi, mahasiswa sangat semangat mengikuti pembelajaran dan merasa pengalaman ini memberikan wawasan baru bagi mereka. Mahasiswa MBKM Penelitian Riset dari Unesa juga merespons positif dengan menyatakan bahwa mereka mendapatkan banyak pengalaman berharga dari kegiatan ini.

Namun, ada beberapa tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaan program ini. Salah satu kendala utama adalah koordinasi waktu antara kedua institusi agar implementasi berjalan efektif. Selain itu, akses jaringan internet menjadi tantangan dalam penerapan perangkat pembelajaran berbasis digital di kelas. Meskipun demikian, kendala ini dapat diatasi dengan baik melalui koordinasi yang matang antara tim dari kedua kampus.

Harapan dan Rencana Kolaborasi FPIP Umsida dan Unesa ke Depan

Dari hasil kolaborasi ini, diharapkan mahasiswa dapat lebih memahami materi melalui kegiatan praktikum yang lebih aplikatif. “Mahasiswa tidak hanya memahami konten IPA, tetapi juga bisa menghubungkannya dengan kehidupan sehari-hari serta merefleksikan pembelajaran mereka,” tambah Dhita Ayu.

Bagi institusi, program ini diharapkan membuka peluang kerja sama lebih luas dalam bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi, meliputi pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kolaborasi ini diharapkan dapat terus berlanjut dalam bentuk riset bersama, pelatihan, seminar nasional maupun internasional, serta berbagai program lain yang mendukung peningkatan kapasitas dosen, mahasiswa, dan laboratorium di kedua institusi.

Sebagai pesan untuk mahasiswa, Dhita Ayu menekankan pentingnya memanfaatkan waktu dengan baik. “Mahasiswa harus fokus pada tujuan dan terus berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan pengalaman terbaik selama kuliah. Kesempatan seperti ini sangat berharga untuk membangun prestasi dan keterampilan yang akan berguna di masa depan,” pungkasnya.

Dengan adanya kolaborasi ini, FPIP Umsida dan Unesa berharap dapat terus berkontribusi dalam pengembangan pendidikan IPA di Indonesia serta mencetak lulusan yang siap menghadapi tantangan dunia akademik dan profesional.

 

Penulis: Mutafarida

Bertita Terkini

FPIP
Mahasiswa FPIP Umsida dan Peserta Student Mobility 2025 Ciptakan Momen Bermakna di Tadika Universiti Malaya
May 17, 2025By
PLP
Mahasiswa PLP 1 Umsida Kenalkan Pembelajaran Digital Interaktif di Sekolah Pelosok NTT
May 16, 2025By
FPIP
Tampil dalam Konferensi Internasional IC-PEHES 2025, FPIP Umsida Buktikan Kompetensi Berskala Global
May 15, 2025By
Mahasiswa S2
Penarikan Mahasiswa Magang S2 UNIPA, Kuatkan Semangat Kolaborasi Pendidikan
May 13, 2025By
FPIP
FPIP Menyapa Dunia! Keseruan Student Mobility di Universiti Malaya, Tambah Wawasan Pendidikan Internasional
May 12, 2025By
prof mu'ti
Prof Mu’ti Hadiri Dies Natalis FPIP Umsida ke-20, Bahas Strategi Peningkatan Kualitas Guru Nasional
May 11, 2025By
PPG
Mendikdasmen Resmikan PPG dan S2 Pendidikan Dasar di Umsida, Perkuat Komitmen Cetak Guru Profesional
May 10, 2025By
Vidya Mandarani
Vidya Mandarani Raih Penghargaan Abdimas Terbaik: Kolaborasi Budaya, Teknologi, dan Pemberdayaan Masyarakat
May 9, 2025By

Prestasi

Peneliti Terbaik
Penghargaan Peneliti Terbaik Berhasil Diraih Oleh Dosen FPIP Umsida, Dr Rahmania Sri Untari
April 23, 2025By
pendidikan
Mengoptimalkan Pendidikan di Era Digital: Studi Doktoral Dr. Ermawati Zulikhatin Nuroh dalam Meningkatkan Literasi Digital 
April 21, 2025By
PSPB
PSPB Umsida Raih Penghargaan Pusat Studi Terbaik: Inovasi dan Kolaborasi untuk Maju Bersama
April 17, 2025By
Program MBKM
Program MBKM Asistensi Mengajar: Pengalaman Berharga bagi Mahasiswa Prodi Pendidikan IPA Umsida
April 8, 2025By
alumni
Alumni PGSD Umsida Raih Dua Beasiswa Kemdikbud, Kini Lanjut Studi S3 di UNESA
March 5, 2025By

Riset dan Inovasi

buku
Dosen PG Paud Ciptakan Buku Ajar, Musik Mampu Tingkatkan Kecerdasan Anak Usia Dini
February 5, 2025By
literasi
Wisata Literasi Virtual Reality (VR) Ramah Difabel Hadir sebagai Inovasi dari PTI Umsida
January 7, 2025By
buku ajar
Dosen FPIP Umsida Buat Buku Ajar untuk Solusi Pendidikan Literasi di Kelas Awal
December 13, 2024By