fpip

Sinergi Aslab FPIP Umsida dan Unesa untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA

fpip.umsida.ac.id – Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (FPIP) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) menjalin kolaborasi strategis dengan Universitas Negeri Surabaya (Unesa) dalam bidang pendidikan IPA. Kolaborasi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui penelitian dan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Penelitian Riset.

Kegiatan ini berlangsung sejak bulan Juni 2024 dalam tahap persiapan, dengan implementasi perangkat pembelajaran yang dikembangkan mulai Oktober hingga Desember 2024. Pelaksanaan kegiatan dilakukan di kedua institusi, baik di Unesa maupun Umsida, sesuai dengan jadwal perkuliahan dan praktikum mahasiswa.

Kolaborasi untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA

Kolaborasi ini melibatkan dosen-dosen dari Prodi Pendidikan IPA, khususnya dalam mata kuliah Kimia Umum, Biologi Umum, dan STEM. Program ini juga didukung penuh oleh Dekan FPIP Umsida dan Kaprodi Pendidikan IPA yang memfasilitasi kerja sama agar dapat berjalan dengan baik.

Menurut Dhita Ayu Permata Sari, M.Pd., dosen dari Unesa sekaligus anggota tim peneliti, kerja sama ini memberikan manfaat besar bagi kedua institusi. “Kolaborasi ini membuka peluang pertukaran ilmu, pengalaman, dan sumber daya, yang sangat penting untuk pengembangan keilmuan di bidang pendidikan IPA,” ujarnya.

Selain itu, dalam program MBKM Penelitian Riset, mahasiswa Unesa angkatan 2022 ikut serta dalam membantu penelitian dosen serta merancang penelitian mereka sendiri. Hal ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk lebih mendalami ilmu secara praktis dan mendapatkan pengalaman langsung dalam dunia penelitian.

Respons Mahasiswa dan Tantangan yang Dihadapi

fpip

Mahasiswa dari kedua kampus menunjukkan antusiasme tinggi selama kegiatan berlangsung. Berdasarkan sesi diskusi, mahasiswa sangat semangat mengikuti pembelajaran dan merasa pengalaman ini memberikan wawasan baru bagi mereka. Mahasiswa MBKM Penelitian Riset dari Unesa juga merespons positif dengan menyatakan bahwa mereka mendapatkan banyak pengalaman berharga dari kegiatan ini.

Namun, ada beberapa tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaan program ini. Salah satu kendala utama adalah koordinasi waktu antara kedua institusi agar implementasi berjalan efektif. Selain itu, akses jaringan internet menjadi tantangan dalam penerapan perangkat pembelajaran berbasis digital di kelas. Meskipun demikian, kendala ini dapat diatasi dengan baik melalui koordinasi yang matang antara tim dari kedua kampus.

Harapan dan Rencana Kolaborasi FPIP Umsida dan Unesa ke Depan

Dari hasil kolaborasi ini, diharapkan mahasiswa dapat lebih memahami materi melalui kegiatan praktikum yang lebih aplikatif. “Mahasiswa tidak hanya memahami konten IPA, tetapi juga bisa menghubungkannya dengan kehidupan sehari-hari serta merefleksikan pembelajaran mereka,” tambah Dhita Ayu.

Bagi institusi, program ini diharapkan membuka peluang kerja sama lebih luas dalam bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi, meliputi pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kolaborasi ini diharapkan dapat terus berlanjut dalam bentuk riset bersama, pelatihan, seminar nasional maupun internasional, serta berbagai program lain yang mendukung peningkatan kapasitas dosen, mahasiswa, dan laboratorium di kedua institusi.

Sebagai pesan untuk mahasiswa, Dhita Ayu menekankan pentingnya memanfaatkan waktu dengan baik. “Mahasiswa harus fokus pada tujuan dan terus berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan pengalaman terbaik selama kuliah. Kesempatan seperti ini sangat berharga untuk membangun prestasi dan keterampilan yang akan berguna di masa depan,” pungkasnya.

Dengan adanya kolaborasi ini, FPIP Umsida dan Unesa berharap dapat terus berkontribusi dalam pengembangan pendidikan IPA di Indonesia serta mencetak lulusan yang siap menghadapi tantangan dunia akademik dan profesional.

 

Penulis: Mutafarida

Bertita Terkini

SWARAMUDRA
SWARAMUDRA 2025: Merajut Kreasi Tunjukkan Aksi Kolaborasi Mahasiswa PGSD dan PG PAUD Umsida
July 25, 2025By
DaBeLCy
Noly Shofiyah Uji Model DaBeLCy untuk Meningkatkan Penalaran Ilmiah Mahasiswa dalam Ujian Disertasi S-3 Pendidikan Sains UNESA
July 24, 2025By
Pelatihan
Penutupan Pelatihan Koding dan Kecerdasan Artifisial Umsida, Peserta Terima Penghargaan dan Apresiasi
July 23, 2025By
KKA
Meningkatkan Kualitas Pengajaran KKA Guru SMP: Pendalaman Pedagogik, TPACK, HOTS, dan Deep Learning
July 22, 2025By
Guru
Kadin Sidoarjo Ajak Guru Tingkatkan Kompetensi di Era Revolusi Industri 4.0 melalui Pelatihan KKA
July 21, 2025By
Deepfake
Pembahasan Deepfake dan Pemanfaatan AI Pada Pelatihan KKA Umsida
July 18, 2025By
Data
Mengaplikasikan Data dan Literasi Digital di Era Pendidikan 4.0
July 17, 2025By
pelatihan
Pelatihan KKA di Kelas Dikdas SMP: Memahami Miskonsepi, Solusi, dan Praktik Baik
July 16, 2025By

Prestasi

DaBeLCy
Noly Shofiyah Uji Model DaBeLCy untuk Meningkatkan Penalaran Ilmiah Mahasiswa dalam Ujian Disertasi S-3 Pendidikan Sains UNESA
July 24, 2025By
mahasiswa
Mahasiswa Psikologi Raih Medali Emas Pada Cabor Taekwondo di Porprov IX Jatim 2025
July 10, 2025By
MBKM Asistensi Mengajar
MBKM Asistensi Mengajar Prodi PTI Umsida, Tingkatkan Keterampilan dan Bawa Kontribusi Nyata
June 20, 2025By
PTI
Kontribusi Prodi PTI dalam Penetapan Umsida sebagai Lembaga Penyelenggara Pendidikan dan Pelatihan Koding serta Kecerdasan Artifisial
June 18, 2025By
IPA
Dosen Pendidikan IPA Umsida Lolos Hibah RisetMu: Upaya Meningkatkan Literasi Lingkungan dan Wawasan Budaya Lokal
June 17, 2025By

Riset dan Inovasi

buku
Dosen PG Paud Ciptakan Buku Ajar, Musik Mampu Tingkatkan Kecerdasan Anak Usia Dini
February 5, 2025By
literasi
Wisata Literasi Virtual Reality (VR) Ramah Difabel Hadir sebagai Inovasi dari PTI Umsida
January 7, 2025By
buku ajar
Dosen FPIP Umsida Buat Buku Ajar untuk Solusi Pendidikan Literasi di Kelas Awal
December 13, 2024By