fpip

Sinergi Aslab FPIP Umsida dan Unesa untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA

fpip.umsida.ac.id – Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (FPIP) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) menjalin kolaborasi strategis dengan Universitas Negeri Surabaya (Unesa) dalam bidang pendidikan IPA. Kolaborasi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui penelitian dan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Penelitian Riset.

Kegiatan ini berlangsung sejak bulan Juni 2024 dalam tahap persiapan, dengan implementasi perangkat pembelajaran yang dikembangkan mulai Oktober hingga Desember 2024. Pelaksanaan kegiatan dilakukan di kedua institusi, baik di Unesa maupun Umsida, sesuai dengan jadwal perkuliahan dan praktikum mahasiswa.

Kolaborasi untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA

Kolaborasi ini melibatkan dosen-dosen dari Prodi Pendidikan IPA, khususnya dalam mata kuliah Kimia Umum, Biologi Umum, dan STEM. Program ini juga didukung penuh oleh Dekan FPIP Umsida dan Kaprodi Pendidikan IPA yang memfasilitasi kerja sama agar dapat berjalan dengan baik.

Menurut Dhita Ayu Permata Sari, M.Pd., dosen dari Unesa sekaligus anggota tim peneliti, kerja sama ini memberikan manfaat besar bagi kedua institusi. “Kolaborasi ini membuka peluang pertukaran ilmu, pengalaman, dan sumber daya, yang sangat penting untuk pengembangan keilmuan di bidang pendidikan IPA,” ujarnya.

Selain itu, dalam program MBKM Penelitian Riset, mahasiswa Unesa angkatan 2022 ikut serta dalam membantu penelitian dosen serta merancang penelitian mereka sendiri. Hal ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk lebih mendalami ilmu secara praktis dan mendapatkan pengalaman langsung dalam dunia penelitian.

Respons Mahasiswa dan Tantangan yang Dihadapi

fpip

Mahasiswa dari kedua kampus menunjukkan antusiasme tinggi selama kegiatan berlangsung. Berdasarkan sesi diskusi, mahasiswa sangat semangat mengikuti pembelajaran dan merasa pengalaman ini memberikan wawasan baru bagi mereka. Mahasiswa MBKM Penelitian Riset dari Unesa juga merespons positif dengan menyatakan bahwa mereka mendapatkan banyak pengalaman berharga dari kegiatan ini.

Namun, ada beberapa tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaan program ini. Salah satu kendala utama adalah koordinasi waktu antara kedua institusi agar implementasi berjalan efektif. Selain itu, akses jaringan internet menjadi tantangan dalam penerapan perangkat pembelajaran berbasis digital di kelas. Meskipun demikian, kendala ini dapat diatasi dengan baik melalui koordinasi yang matang antara tim dari kedua kampus.

Harapan dan Rencana Kolaborasi FPIP Umsida dan Unesa ke Depan

Dari hasil kolaborasi ini, diharapkan mahasiswa dapat lebih memahami materi melalui kegiatan praktikum yang lebih aplikatif. “Mahasiswa tidak hanya memahami konten IPA, tetapi juga bisa menghubungkannya dengan kehidupan sehari-hari serta merefleksikan pembelajaran mereka,” tambah Dhita Ayu.

Bagi institusi, program ini diharapkan membuka peluang kerja sama lebih luas dalam bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi, meliputi pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kolaborasi ini diharapkan dapat terus berlanjut dalam bentuk riset bersama, pelatihan, seminar nasional maupun internasional, serta berbagai program lain yang mendukung peningkatan kapasitas dosen, mahasiswa, dan laboratorium di kedua institusi.

Sebagai pesan untuk mahasiswa, Dhita Ayu menekankan pentingnya memanfaatkan waktu dengan baik. “Mahasiswa harus fokus pada tujuan dan terus berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan pengalaman terbaik selama kuliah. Kesempatan seperti ini sangat berharga untuk membangun prestasi dan keterampilan yang akan berguna di masa depan,” pungkasnya.

Dengan adanya kolaborasi ini, FPIP Umsida dan Unesa berharap dapat terus berkontribusi dalam pengembangan pendidikan IPA di Indonesia serta mencetak lulusan yang siap menghadapi tantangan dunia akademik dan profesional.

 

Penulis: Mutafarida

Bertita Terkini

Inspire Conference
Inspire Conference 2025: Sinergi Internasional untuk Pendidikan dan Psikologi yang Lebih Baik
October 21, 2025By
PLP II
Program PLP II Mahasiswa PGPAUD Umsida di TK Aisyiyah 1 Candi Jadi Sarana Mengasah Kompetensi
October 20, 2025By
Mahasiswa PLP II PGSD Umsida Ciptakan Mading “Ruang Ilmu dan Reward” di SD Muhammadiyah 1 Gempol
October 17, 2025By
LANG&TECH
Pembelajaran Berbasis Web “LANG&TECH”, Mahasiswa PBI & PTI Umsida Ciptakan Inovasi di SMA Negeri 3 Sidoarjo
October 16, 2025By
Tapak Suci
Di 15th Airlangga Championship Tapak Suci National Open 2025, Deisyah Amalia Rawethi Raih Medali Emas
October 14, 2025By
Perpustakaan
Kunjungan Perpustakaan dalam Kegiatan Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Literasi Siswa
October 13, 2025By
Airlangga Championship
Syihabudin Robbani Berjaya di Airlangga Championship Nasional Open 2025, Raih Dua Gelar Juara
October 10, 2025By
Kajian Keputrian
Kajian Keputrian FORTAMA FPIP Tahun 2025: Menumbuhkan Marwah dan Etika Sejak Dini
October 9, 2025By

Prestasi

Tapak Suci
Di 15th Airlangga Championship Tapak Suci National Open 2025, Deisyah Amalia Rawethi Raih Medali Emas
October 14, 2025By
Airlangga Championship
Syihabudin Robbani Berjaya di Airlangga Championship Nasional Open 2025, Raih Dua Gelar Juara
October 10, 2025By
Medali Emas
Mahasiswa Psikologi Umsida Raih Medali Emas di Indonesia Expo Battle Piala DPR RI
October 3, 2025By
Tarikh Bima
Tarikh Bima Damarjati Sabet Juara 3 di Kejuaraan Pencak Silat Tingkat Nasional
September 30, 2025By
Nabilla
Nabilla Maulidia Sari Buktikan Semangat Juang Tinggi, Sabet Emas di Kejuaraan Pencak Silat Kanjuruhan Fighter Competition II 2025
September 25, 2025By

Riset dan Inovasi

Psikologi Al-Fatihah
Pelatihan Psikologi Al-Fatihah oleh Tim Dosen Psikologi Umsida, Tingkatkan Layanan Guru BK SMA Muhammadiyah 3 Tulangan Sidoarjo
August 20, 2025By
buku
Dosen PG Paud Ciptakan Buku Ajar, Musik Mampu Tingkatkan Kecerdasan Anak Usia Dini
February 5, 2025By
literasi
Wisata Literasi Virtual Reality (VR) Ramah Difabel Hadir sebagai Inovasi dari PTI Umsida
January 7, 2025By