penutupan

Penutupan SDD Character Building 2025: Mahasiswa Refleksi Pembelajaran Inklusi di SLB Negeri Gedangan

fpip.umsida.ac.id – Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (FPIP) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) resmi menutup rangkaian SDD Character Building dalam Pelatihan Pendidikan Inklusi di SLB Negeri Gedangan pada Kamis, 13 Februari 2025.

Setelah dua minggu penuh dengan serangkaian pelatihan yang terbagi dalam dua gelombang, kegiatan ini mencapai puncaknya dengan sesi refleksi dan apresiasi terhadap pengalaman yang telah diperoleh. Dalam penutupan ini, mahasiswa tidak hanya merefleksikan pembelajaran yang telah dilakukan tetapi juga menyaksikan langsung potensi luar biasa dari anak-anak berkebutuhan khusus melalui berbagai pertunjukan yang menginspirasi.

Refleksi Pembelajaran Inklusi dan Kunjungan Fasilitas

penutupan

Sebagai bagian dari kegiatan character building, mahasiswa Umsida mendapatkan kesempatan untuk merasakan langsung atmosfer pembelajaran di sekolah inklusif. Mereka telah melakukan praktik lapangan, termasuk menganalisis kebutuhan anak berkebutuhan khusus (ABK), menyusun bahan ajar yang sesuai, hingga menyusun Planning Matrix, Program Pendidikan Individual (PPI), dan Modifikasi Kurikulum.

Selama di SLB Negeri Gedangan, mahasiswa juga diberikan kesempatan untuk melakukan room tour ke berbagai fasilitas yang mendukung pembelajaran bagi ABK, antara lain:

  • Ruang sumber untuk anak autis dan cerebral palsy
  • Ruang multimedia untuk metode pembelajaran berbasis teknologi
  • Ruang jahit dan vokasi handcraft sebagai bekal keterampilan siswa
  • Ruang tunanetra dan tunarungu dengan alat bantu khusus
  • Vokasi massage, salon, dan laundry sebagai bentuk kemandirian anak didik penutupan

Ajeng, salah satu peserta pelatihan, mengungkapkan kesannya setelah menjelajahi fasilitas sekolah. “SLB Negeri Gedangan memiliki fasilitas yang sangat lengkap dan mendukung perkembangan anak-anak berkebutuhan khusus. Ini benar-benar sekolah luar biasa percontohan yang bisa menjadi model bagi pendidikan inklusi di Indonesia,” ungkapnya.

Pertunjukan Inspiratif dan Pesan dari Kepala SLB

penutupan

Acara penutupan semakin berkesan dengan berbagai pertunjukan dari siswa SLB Negeri Gedangan. Mereka menampilkan permainan angklung, tarian Bale Ganjer, nyanyian, hingga hafalan Al-Qur’an yang membuat suasana semakin hangat dan penuh inspirasi. Setiap tampilan mencerminkan betapa luar biasanya potensi yang dimiliki anak-anak berkebutuhan khusus jika diberikan ruang untuk berkembang.

Dalam sesi penutupan, kepala SLB Negeri Gedangan, Miseri Mpd, menyampaikan harapannya agar pengalaman mahasiswa Umsida selama pelatihan ini dapat memberikan dampak positif, tidak hanya bagi mereka sendiri tetapi juga bagi masyarakat luas. “Saya berharap ilmu dan pengalaman yang didapatkan di sini bisa terus dibagikan kepada orang-orang yang membutuhkan. SLB Negeri Gedangan selalu terbuka bagi siapa pun yang ingin belajar dan memahami dunia pendidikan inklusi,” katanya.

penutupan

Ketua Program Studi PGSD Umsida, Dr Kemil Wachidah Mpd, juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam pelatihan ini. “Alhamdulillah, kita mendapatkan banyak ilmu baru di sini. Yang paling penting dari pengalaman ini adalah bagaimana kita belajar untuk lebih memahami dunia di luar perspektif kita yang selama ini kita anggap normal. Ini bukan sekadar tentang mengajar, tapi juga bagaimana kita belajar dari anak-anak luar biasa ini,” ujarnya.

Penutupan Kesan dan Pesan dari Mahasiswa PGSD Umsida

Beberapa mahasiswa peserta pelatihan ini membagikan refleksi pribadinya setelah mengikuti pelatihan ini. “Saya sangat bersyukur mendapatkan kesempatan untuk belajar langsung di SLB Negeri Gedangan. Saya belajar banyak hal, tidak hanya dari bapak dan ibu guru, tetapi juga dari anak-anak yang luar biasa. Ini adalah pengalaman yang akan selalu saya kenang dan menjadi bekal saya sebagai calon pendidik,” ungkap Adin yang merupakan salah satu peserta pada gelombang 1.

penutupan

Selain itu, pada gelombang 2 Alif dan Tyas yang juga merupakan peserta pelatihan mengunkapkan kesan dan pesannya.

“Senang sekali rasanya bisa diberikan kesempatan untuk sama-sama belajar. Kegiatan pelatihan ini sangat menyenangkan dan diharapkan kedepannya akan terus ada,” ujar Tyas.

Dengan berakhirnya SDD Character Building dalam Pelatihan Pendidikan Inklusi ini, Umsida semakin menegaskan perannya dalam menyiapkan calon pendidik yang peduli dan kompeten dalam pendidikan inklusi. Diharapkan, mahasiswa yang telah mengikuti pelatihan ini dapat menjadi agen perubahan dalam menciptakan lingkungan belajar yang lebih inklusif dan mendukung semua anak untuk berkembang sesuai potensinya.

 

Penulis: Mutafarida

Bertita Terkini

mobile legend
Turnamen Mobile Legends FPIP EduFair 2025 Jadi Wadah Pengembangan Bakat Teknologi dan Esports di Kalangan Pelajar
June 7, 2025By
Parade Semaphore
Kompetisi Parade Semaphore PGSD Umsida: Aksi Kreatif Meningkatkan Keterampilan Siswa
June 6, 2025By
MIPA Champions
MIPA Champions 2025: Wadah Eksplorasi Sains Anak Bangsa dalam Semarakkan FPIP Edufair 2025
June 5, 2025By
Free Fire
Hima PTI Sukses Gelar Turnamen Free Fire sebagai Wadah Kreativitas dan Keterampilan Remaja Sidoarjo
June 4, 2025By
Olimpiade MIPA
Lomba Olimpiade MIPA: Memperkenalkan Sains dengan Seru di FPIP EduFair 2025
June 3, 2025By
Story Telling
Kemeriahan Lomba Story Telling FPIP Edufair 2025: Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris dan Kreativitas Pelajar
June 2, 2025By
Speech Contest
Sukses Digelar! Lomba Speech Contest FPIP Edufair 2025 Jadi Ajang Prestisius Bagi Pelajar SMP dan SMA
June 1, 2025By
Gebyar Lomba PBB Bertongkat
Gebyar Lomba PBB Bertongkat: Merajut Disiplin, Membangun Karakter Pandu yang Unggul
May 31, 2025By

Prestasi

LOEI
Inspiratif!, Kisah Isna Elsyien Maulana Mustaqim Lolos LOEI International Internship Program 2025
May 27, 2025By
Peneliti Terbaik
Penghargaan Peneliti Terbaik Berhasil Diraih Oleh Dosen FPIP Umsida, Dr Rahmania Sri Untari
April 23, 2025By
pendidikan
Mengoptimalkan Pendidikan di Era Digital: Studi Doktoral Dr. Ermawati Zulikhatin Nuroh dalam Meningkatkan Literasi Digital 
April 21, 2025By
PSPB
PSPB Umsida Raih Penghargaan Pusat Studi Terbaik: Inovasi dan Kolaborasi untuk Maju Bersama
April 17, 2025By
Program MBKM
Program MBKM Asistensi Mengajar: Pengalaman Berharga bagi Mahasiswa Prodi Pendidikan IPA Umsida
April 8, 2025By

Riset dan Inovasi

buku
Dosen PG Paud Ciptakan Buku Ajar, Musik Mampu Tingkatkan Kecerdasan Anak Usia Dini
February 5, 2025By
literasi
Wisata Literasi Virtual Reality (VR) Ramah Difabel Hadir sebagai Inovasi dari PTI Umsida
January 7, 2025By
buku ajar
Dosen FPIP Umsida Buat Buku Ajar untuk Solusi Pendidikan Literasi di Kelas Awal
December 13, 2024By