responsif

Mewujudkan Sekolah Responsif Gender, PGSD Umsida Adakan Diskusi Inspiratif

fpip.umsida.ac.id – Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (FPIP) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) menggelar diskusi inspiratif pada Senin (02/12/2024) untuk membahas pentingnya menciptakan sekolah yang responsif terhadap isu gender. Acara yang berlangsung di Aula Nyai Walidah, Kampus 3 GKB 7, ini dihadiri sekitar 300 mahasiswa PGSD dari semester 3 dan 5, dan menghasilkan berbagai rekomendasi untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan adil.

Meningkatkan Kesadaran Responsif Gender di Sekolah

responsif

Diskusi ini bertujuan memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang pentingnya kesetaraan gender di lingkungan pendidikan dasar. Indra Budi Setiawan dari Kemendikdasmen menjelaskan bahwa isu kekerasan dan ketidakadilan berbasis gender di sekolah dasar masih menjadi perhatian utama.

“Kami di Pusat Pendidikan Karakter terus bergerak untuk menyelaraskan norma-norma pendidikan yang ramah gender, dengan kolaborasi berbagai pihak untuk meminimalisir kekerasan di sekolah,” jelasnya.

Hal serupa disampaikan oleh Nurohma Fitrani, Kepala Sekolah SD Karang Tanjung, Sidoarjo. Ia mengakui bahwa perundungan di sekolah masih sering terjadi. “Setelah mengikuti pelatihan tentang responsif gender, saya berhasil membuat media pembelajaran yang bertujuan membantu siswa memahami apa itu perundungan dan bagaimana menghindarinya,” tuturnya.

Tantangan Gender di Sekolah dan Solusinya

responif

Joan Wicitra, Gender and Child Protection Lead-INOVASI, menyoroti pentingnya memahami kebutuhan gender, termasuk pengalaman menstruasi perempuan di sekolah.

“Kita harus menciptakan kesadaran dan memberikan pembelajaran tentang peran gender. Misalnya, memastikan bahwa pengalaman menstruasi siswa perempuan tidak menjadi sumber perundungan atau kekerasan,” ungkapnya.

Dalam sesi diskusi, mahasiswa Umsida juga antusias mengajukan pertanyaan. Salah satu mahasiswa, Hilda, menanyakan bagaimana pendidikan dapat melawan stereotip gender dan langkah apa yang bisa diambil calon guru untuk mengatasinya.

“Sebagai guru, kita harus memberikan pemahaman kepada siswa sesuai zaman mereka. Guru juga harus memfasilitasi komunikasi antara orang tua, siswa, dan sekolah terkait isu gender, serta memastikan sekolah menjadi tempat yang aman,” jawab Nurohma Fitrani.

Membentuk Generasi Berdaya Melalui Sekolah Responsif Gender

responsif

Sekolah Responsif Gender adalah institusi yang berkomitmen untuk menciptakan lingkungan belajar bebas diskriminasi, di mana semua siswa memiliki kesempatan yang sama untuk berkembang. Tujuan diskusi ini antara lain:

  1. Meningkatkan Kesadaran: Memahami isu-isu gender di lingkungan sekolah.
  2. Membangkitkan Kreativitas: Mencari solusi inovatif untuk tantangan gender.
  3. Membangun Jaringan: Menghubungkan pemangku kepentingan untuk bekerja sama.
  4. Menginspirasi Perubahan: Menciptakan semangat untuk perubahan positif di sekolah.
Langkah Awal Menuju Masa Depan yang Lebih Baik

Diskusi ini menjadi langkah awal menuju terwujudnya sekolah yang lebih inklusif. Dengan saling berbagi ide dan pengalaman, mahasiswa dan pendidik diharapkan dapat menciptakan lingkungan belajar yang memberdayakan generasi mendatang.

“Saya sangat senang bisa mengetahui lebih banyak tentang bagaimana menciptakan lingkungan sekolah yang adil bagi semua siswa. Ini adalah langkah penting untuk masa depan pendidikan,” ungkap salah satu peserta seminar.

Seminar ini tidak hanya memberikan wawasan baru, tetapi juga memperkuat komitmen semua pihak untuk terus bekerja menuju pendidikan yang setara, adil, dan bebas diskriminasi gender.

 

Penulis: Mutafarida

Bertita Terkini

Story Telling
Kemeriahan Lomba Story Telling FPIP Edufair 2025: Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris dan Kreativitas Pelajar
June 2, 2025By
Speech Contest
Sukses Digelar! Lomba Speech Contest FPIP Edufair 2025 Jadi Ajang Prestisius Bagi Pelajar SMP dan SMA
June 1, 2025By
Gebyar Lomba PBB Bertongkat
Gebyar Lomba PBB Bertongkat: Merajut Disiplin, Membangun Karakter Pandu yang Unggul
May 31, 2025By
psikologi
Hima Psikologi Umsida Sukses Gelar Ground Archery U-16, Mengembangkan Keterampilan Psikologi Siswa Lewat Olahraga
May 30, 2025By
FPIP
Semarak FPIP EduFair 2025: Lomba Mewarnai, Warnai Keceriaan Anak-Anak dan Tumbuhkan Kreativitas Dini
May 29, 2025By
psikologi
Benchmarking Psikologi Umsida dengan UM Purworejo, Bentuk Kolaborasi dan Kembangkan Kurikulum!
May 28, 2025By
LOEI
Inspiratif!, Kisah Isna Elsyien Maulana Mustaqim Lolos LOEI International Internship Program 2025
May 27, 2025By
psikologi
Sinergi Internasional: Psikologi Umsida Jalin Kerjasama dengan Universiti Malaya dan UM Purwokerto dalam Pendidikan Psikologi
May 26, 2025By

Prestasi

LOEI
Inspiratif!, Kisah Isna Elsyien Maulana Mustaqim Lolos LOEI International Internship Program 2025
May 27, 2025By
Peneliti Terbaik
Penghargaan Peneliti Terbaik Berhasil Diraih Oleh Dosen FPIP Umsida, Dr Rahmania Sri Untari
April 23, 2025By
pendidikan
Mengoptimalkan Pendidikan di Era Digital: Studi Doktoral Dr. Ermawati Zulikhatin Nuroh dalam Meningkatkan Literasi Digital 
April 21, 2025By
PSPB
PSPB Umsida Raih Penghargaan Pusat Studi Terbaik: Inovasi dan Kolaborasi untuk Maju Bersama
April 17, 2025By
Program MBKM
Program MBKM Asistensi Mengajar: Pengalaman Berharga bagi Mahasiswa Prodi Pendidikan IPA Umsida
April 8, 2025By

Riset dan Inovasi

buku
Dosen PG Paud Ciptakan Buku Ajar, Musik Mampu Tingkatkan Kecerdasan Anak Usia Dini
February 5, 2025By
literasi
Wisata Literasi Virtual Reality (VR) Ramah Difabel Hadir sebagai Inovasi dari PTI Umsida
January 7, 2025By
buku ajar
Dosen FPIP Umsida Buat Buku Ajar untuk Solusi Pendidikan Literasi di Kelas Awal
December 13, 2024By