PLP

Mewujudkan Guru Berkualitas, Mahasiswa PLP 1 Umsida Belajar Dari Pengalaman Di SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo

fpip.umsida.ac.id – Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (FPIP) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) melaksanakan kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) 1 di SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo. Kegiatan yang dilakukan mulai tanggal 7 hingga 22 Februari 2025 ini bertujuan memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa mengenai kultur sekolah, manajemen, dan kompetensi pendidik. Kegiatan ini dilakukan dengan bimbingan oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Dr Choirun Nisak Aulina, diikuti oleh sepuluh mahasiswa, yaitu Sheptya Ayu Miranda, Areta Atha Nabila, Nisrina Umar, Marcellina Febrilin, Alqisth Qurnain Sulaiman, Riris Ekmawati, Zelvia Afantika, Nabillah Putri Tavia, Athiyyah Meisa Zhafirah, dan Moch. Irsyadul Ibad.

Pengalaman Langsung Mahasiswa PLP 1 Mengenai Kultur dan Manajemen Sekolah

Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) 1 merupakan kegiatan yang wajib ditempuh oleh mahasiswa di semester 4, dengan fokus utama pada wawancara dan observasi lapangan tentang berbagai aspek pendidikan. Dalam kegiatan ini, mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk mengamati secara langsung budaya sekolah, manajemen sekolah, serta kompetensi pendidik. Kegiatan ini berlangsung selama lima hari di SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo, sebuah sekolah yang telah bekerja sama dengan FPIP Umsida.

Salah satu mahasiswa, Sheptya Ayu Miranda, menyatakan bahwa SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo memiliki budaya disiplin dan religius yang kuat. “Setiap pagi, kedatangan siswa disambut oleh guru yang melaksanakan jadwal piket sapa salam. Para siswa mengawali kegiatan di sekolah dengan melaksanakan Senam Anak Indonesia Hebat yang dilaksanakan bersama-sama di halaman sekolah. Selain itu, mereka juga melaksanakan doa pagi dan membaca Al-Qur’an sebelum memulai pembelajaran,” ujar Sheptya. Pengalaman ini memberi mahasiswa wawasan langsung mengenai kegiatan yang dapat menciptakan suasana yang kondusif untuk proses belajar mengajar.

Proses Pembelajaran yang Inovatif dan Pengembangan Kompetensi Pendidik

Mahasiswa Umsida juga mengamati bagaimana manajemen sekolah diterapkan di SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Kepala sekolah, Moh Saifullah Rochim SE MPd mengungkapkan bahwa pihak sekolah selalu mengutamakan komunikasi efektif antara guru, siswa, dan orang tua dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan. Salah satu mahasiswa, Alqisth Qurnain Sulaiman, menuturkan bahwa pengembangan kompetensi kurikulum dan pendidik di sekolah ini dilakukan melalui pendekatan yang inovatif, yang berorientasi pada kebutuhan siswa.

Selain itu, mahasiswa juga mengamati bagaimana proses pembelajaran dilakukan dengan metode yang menyesuaikan kebutuhan siswa. Beberapa mahasiswa, seperti Nabillah Putri Tavia, mencatat bahwa penggunaan media pembelajaran digital seperti papan interaktif sangat membantu siswa dalam memahami materi dengan lebih baik. Penerapan metode pengajaran yang inovatif dan berbasis teknologi ini memberi pengalaman berharga bagi mahasiswa dalam melihat bagaimana teori yang dipelajari di kampus diterapkan di lapangan.

Meningkatkan Kualitas Pendidikan Melalui Pengalaman Lapangan

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Dr Choirun Nisak Aulina, menyampaikan bahwa kegiatan PLP 1 ini sangat bermanfaat untuk memberikan wawasan kepada mahasiswa tentang dunia pendidikan secara lebih nyata. “Mahasiswa tidak hanya belajar teori di kampus, tetapi juga mendapatkan wawasan langsung mengenai bagaimana kultur sekolah, manajemen, serta strategi pembelajaran yang diterapkan di lapangan. Ini akan membantu mereka menjadi pendidik yang lebih berkualitas,” ujarnya.

Selama kegiatan observasi, mahasiswa Umsida juga memberikan kontribusi positif dengan berdiskusi bersama guru, membantu menertibkan suasana kelas, serta berpartisipasi dalam kegiatan sekolah seperti mengikuti kegiatan sapa salam di pagi hari, Senam Anak Indonesia Hebat, dan sholat berjamaah. Keikutsertaan mahasiswa dalam kegiatan ini memberikan mereka kesempatan untuk belajar mengelola waktu, bekerja dalam tim, serta memperbaiki keterampilan komunikasi dan kepemimpinan mereka.

Dengan adanya pengalaman ini, diharapkan mahasiswa Umsida semakin siap untuk menjadi pendidik profesional yang tidak hanya menguasai ilmu, tetapi juga memiliki karakter yang kuat serta mampu menerapkan praktik pendidikan yang efektif dan inovatif. Keberhasilan kegiatan ini membuktikan bahwa pengalaman lapangan sangat penting untuk mempersiapkan mahasiswa dalam menghadapi tantangan di dunia pendidikan.

 

Penulis: Tim PLP I

Editor: Mutafarida

Bertita Terkini

pendidikan
Kuliah Umum Prodi Pendidikan IPA Umsida, Bahas Deep Learning dan Artificial Intelligence untuk Transformasi Pembelajaran di Era Digital
June 13, 2025By
Jaya Melati 1
Jaya Melati 1 2025, Bersama Hizbul Wathan Bangun Karakter Kepanduan Mahasiswa PGSD Umsida
June 12, 2025By
Pomprov III Jatim
Persiapan dan Pengalaman Berharga Dipo, Mahasiswa Psikologi Umsida Raih Medali Perunggu Pomprov Jatim 2025 Cabor Silat
June 11, 2025By
PBI
Mahasiswa PBI Berangkat LOEI International Internship Program, Siap Raih Pengalaman Internasional
June 9, 2025By
Idul Adha
Semarak Idul Adha di Kampus 3 Umsida: Menjalin Silaturahmi dan Kepedulian Sosial
June 8, 2025By
mobile legend
Turnamen Mobile Legends FPIP EduFair 2025 Jadi Wadah Pengembangan Bakat Teknologi dan Esports di Kalangan Pelajar
June 7, 2025By
Parade Semaphore
Kompetisi Parade Semaphore PGSD Umsida: Aksi Kreatif Meningkatkan Keterampilan Siswa
June 6, 2025By
MIPA Champions
MIPA Champions FPIP Edufair 2025: Wadah Eksplorasi Sains Anak Bangsa
June 5, 2025By

Prestasi

Pomprov III Jatim
Persiapan dan Pengalaman Berharga Dipo, Mahasiswa Psikologi Umsida Raih Medali Perunggu Pomprov Jatim 2025 Cabor Silat
June 11, 2025By
PBI
Mahasiswa PBI Berangkat LOEI International Internship Program, Siap Raih Pengalaman Internasional
June 9, 2025By
Elsyien
Inspiratif! Kisah Isna Elsyien Maulana Mustaqim Lolos LOEI International Internship Program 2025
May 27, 2025By
Peneliti Terbaik
Penghargaan Peneliti Terbaik Berhasil Diraih Oleh Dosen FPIP Umsida, Dr Rahmania Sri Untari
April 23, 2025By
pendidikan
Mengoptimalkan Pendidikan di Era Digital: Studi Doktoral Dr. Ermawati Zulikhatin Nuroh dalam Meningkatkan Literasi Digital 
April 21, 2025By

Riset dan Inovasi

buku
Dosen PG Paud Ciptakan Buku Ajar, Musik Mampu Tingkatkan Kecerdasan Anak Usia Dini
February 5, 2025By
literasi
Wisata Literasi Virtual Reality (VR) Ramah Difabel Hadir sebagai Inovasi dari PTI Umsida
January 7, 2025By
buku ajar
Dosen FPIP Umsida Buat Buku Ajar untuk Solusi Pendidikan Literasi di Kelas Awal
December 13, 2024By