fpip.umsida.ac.id – Pada 17 Februari 2025, tujuh mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) menjalani Praktik Lapangan Profesi (PLP) 1 di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 4 Pondok Jati, Sidoarjo. Kegiatan ini merupakan bagian dari kurikulum yang memberikan pengalaman langsung bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan teori pembelajaran di kelas, khususnya untuk mengoptimalkan potensi anak di era modern.
Dr Septi Budi Sartika MPd Dekan FPIP Umsida, mengungkapkan bahwa tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk terlibat dalam kegiatan pendidikan yang praktis dan langsung. “Melalui PLP 1 ini, mahasiswa Umsida akan membantu pengajaran dan pengembangan kurikulum, serta belajar tentang bagaimana mengoptimalkan potensi anak melalui metode pembelajaran berbasis teknologi,” ujarnya.
Kegiatan magang ini tidak hanya berfokus pada aspek akademik, tetapi juga pada nilai-nilai karakter. TK Aisyiyah Bustanul Athfal 4 Pondok Jati menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dengan mengintegrasikan pembelajaran berbasis proyek yang melibatkan konsep MELESAT (Mathematics, Existence, Literacy, Engineering, Science, Art, Technology). Dengan pembelajaran ini, diharapkan anak-anak dapat mengembangkan keterampilan yang berguna untuk masa depan.
Pembelajaran Sentra Berbasis Proyek dan Peran Sentra IT
Model pembelajaran di TK Aisyiyah menggunakan sentra berbasis proyek yang terdiri dari enam sentra, antara lain sentra balok, sentra persiapan, sentra imtaq, sentra bahan alam, sentra bermain peran, dan sentra IT. Sentra IT, khususnya, menjadi fokus utama dalam mengajarkan anak-anak tentang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dengan cara yang interaktif dan menyenangkan. Anak-anak diajak untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan menyelesaikan masalah menggunakan aplikasi desain seperti Canva.
Salah satu mahasiswa PLP 1, Clarisa Seliya Tamara, menuturkan, “Kami belajar banyak tentang bagaimana mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran anak-anak. Sentra IT memberikan kami pengalaman dalam memperkenalkan anak-anak pada dunia digital dengan cara yang menyenangkan dan mudah dimengerti.” Selain itu, mahasiswa UMSIDA juga melakukan pengamatan terhadap metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru-guru di sekolah ini, serta bagaimana teknologi digunakan dalam proses belajar mengajar.
Dengan adanya sentra IT ini, anak-anak dapat mengeksplorasi dunia digital dan mengembangkan keterampilan yang akan sangat berguna di masa depan. Pembelajaran berbasis teknologi ini juga memberikan pengalaman yang lebih praktis dan menyenangkan bagi anak-anak, memungkinkan mereka untuk belajar dengan cara yang lebih modern dan sesuai dengan perkembangan zaman.
Manfaat Kolaborasi Magang bagi Mahasiswa dan TK Aisyiyah 4 Pondok Jati
Kegiatan magang di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 4 Pondok Jati memberikan manfaat besar baik bagi mahasiswa Umsida maupun bagi pihak sekolah. Mahasiswa Umsida mendapatkan kesempatan untuk menerapkan teori yang telah dipelajari di kelas ke dalam praktik nyata. Mereka dapat mengembangkan keterampilan mengajar serta memperluas pengetahuan mereka tentang kurikulum dan metode pembelajaran yang efektif. “Magang ini memberi saya kesempatan untuk lebih memahami bagaimana cara mengajar yang efektif dan relevan dengan perkembangan zaman,” kata Reyna Salsabila Putri Fernita, salah satu mahasiswa yang terlibat.
Di sisi lain, TK Aisyiyah juga mendapatkan manfaat dari kegiatan ini dengan bantuan mahasiswa Umsida dalam mengembangkan kurikulum dan metode pengajaran yang lebih inovatif. “Kami merasa sangat terbantu dengan adanya mahasiswa Umsida yang membantu dalam merancang kegiatan pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan,” ujar guru TK Aisyiyah, Suwidiyanti MPd. Selain itu, kegiatan magang ini juga membantu meningkatkan keterampilan guru-guru di sekolah, mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan dunia pendidikan yang terus berkembang.
Dengan demikian, kegiatan magang ini diharapkan dapat terus berkembang dan memberikan dampak positif dalam meningkatkan kualitas pendidikan di TK Aisyiyah 4 Pondok Jati, sekaligus mempersiapkan mahasiswa Umsida untuk menjadi pendidik profesional yang siap menghadapi tantangan dunia pendidikan modern.