pendidikan

Mengoptimalkan Pendidikan di Era Digital: Studi Doktoral Dr. Ermawati Zulikhatin Nuroh dalam Meningkatkan Literasi Digital 

fpip.umsida.ac.id – Dr Ermawati Zulikhatin Nuroh MPd, dosen Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (FPIP) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), berbagi pengalaman seputar perjalanan studi doktoralnya. Dalam wawancara yang dilakukan, Dr Ermawati mengungkapkan bahwa motivasi utama melanjutkan studi doktoral adalah untuk memperdalam pengetahuan dalam bidang integrasi teknologi dalam pendidikan, serta bagaimana hal ini berhubungan dengan pengembangan literasi digital bagi mahasiswa dan calon guru. Perjalanan ini tidak hanya mempengaruhi dirinya sebagai pribadi, tetapi juga berkontribusi pada kemajuan dunia pendidikan, khususnya di Indonesia.

Pentingnya Literasi Digital dalam Mempersiapkan Guru di Era Digital

Melanjutkan pendidikan doktoral bukanlah hal yang mudah, namun bagi Dr. Ermawati, ini merupakan pilihan yang dilandasi oleh tekad untuk terus berkembang. “Motivasi utama saya untuk melanjutkan studi doktoral adalah untuk memperdalam pengetahuan tentang integrasi teknologi dalam pendidikan, khususnya dalam konteks pengembangan literasi digital di kalangan calon guru,” ungkap Dr Ermawati.

Sebagai seorang dosen, Dr Ermawati menyadari bahwa di era digital ini, kemampuan literasi teknologi menjadi sangat penting, terutama bagi guru yang nantinya akan mendidik generasi penerus bangsa. Melalui studi doktoralnya, ia berharap bisa mengimplementasikan ilmu yang didapat untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Umsida dan pendidikan Indonesia pada umumnya.

Sebagai seorang pengajar di Program Studi PGSD Umsida, Dr Ermawati merasa penting untuk mempersiapkan mahasiswa agar siap menghadapi tuntutan dunia pendidikan yang serba digital. “Teknologi memiliki peran besar dalam dunia pendidikan, terutama dalam mendukung proses belajar mengajar yang lebih efektif dan menyenangkan. Oleh karena itu, mahasiswa harus dibekali dengan kemampuan digital yang mumpuni,” jelasnya.

Dengan demikian, Dr Ermawati berkomitmen untuk mengintegrasikan literasi digital dan teknologi dalam pembelajaran di kelas, salah satunya dengan menggunakan digital storytelling. Metode ini, menurutnya, sangat efektif dalam meningkatkan keterampilan literasi digital mahasiswa serta memotivasi mereka untuk lebih kreatif dalam belajar.

Menghadapi Tantangan Manajemen Waktu dan Tekanan Akademik

pendidikan

Meskipun memiliki semangat yang besar, perjalanan Dr Ermawati dalam menyelesaikan studi doktoralnya tidaklah mudah. Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi adalah manajemen waktu. “Tantangan terbesar saya selama studi doktoral adalah manajemen waktu yang sangat terbatas, terutama ketika saya harus menyelesaikan disertasi dan artikel digital internasional sambil merawat ayah saya yang sakit,” jelas Dr Ermawati.

Namun, dengan dukungan dari keluarga, teman, dan kolega di kampus, Dr Ermawati mampu melewati semua kesulitan tersebut. “Dukungan dari suami saya yang selalu memberikan dorongan moral dan membantu membagi tugas di rumah sangat membantu saya untuk tetap fokus pada studi saya. Tanpa dukungan tersebut, saya tidak tahu apakah bisa menyelesaikan studi ini dengan baik,” ungkapnya.

Selain itu, tantangan lain yang dihadapi Dr Ermawati adalah tekanan dari tuntutan akademik. Ia harus mampu mengelola waktu dengan baik, baik untuk menyelesaikan tugas akademik maupun untuk melaksanakan kewajiban lainnya sebagai dosen di Umsida. Meski demikian, Dr Ermawati melihat semua tantangan tersebut sebagai peluang untuk tumbuh dan berkembang.

“Tantangan-tantangan ini membuat saya lebih matang dalam mengelola waktu dan lebih bijak dalam menghadapi tekanan. Saya belajar untuk tidak hanya fokus pada hasil, tetapi juga menikmati setiap proses yang saya jalani,” tuturnya.

Pengembangan Kurikulum Berbasis Teknologi untuk Pendidikan Guru

Dengan berakhirnya studi doktoralnya, Dr Ermawati tidak hanya merasakan kepuasan pribadi, tetapi juga merencanakan untuk mengimplementasikan ilmu yang didapat dalam pengajaran di Program Studi PGSD Umsida. “Saya berencana untuk mengintegrasikan digital storytelling dalam pembelajaran, dengan harapan mahasiswa dapat lebih termotivasi untuk mengasah keterampilan literasi digital mereka,” ungkap Dr Ermawati. Selain itu, ia juga berencana untuk memberikan kontribusi lebih dalam pengembangan kebijakan pendidikan yang berkaitan dengan literasi digital dan integrasi teknologi dalam pembelajaran.

“Studi doktoral ini tidak hanya memperkaya pengetahuan pribadi saya, tetapi juga membuka peluang untuk mengembangkan metode pembelajaran yang lebih inovatif di Umsida. Saya berharap bisa berbagi ilmu ini dengan mahasiswa dan rekan-rekan sejawat, agar mereka juga dapat merasakan manfaatnya dalam mengembangkan keterampilan mengajar yang relevan dengan perkembangan zaman,” tambahnya.

Dr Ermawati juga menyatakan bahwa setelah menyelesaikan studi doktoralnya, ia akan berfokus pada pengembangan kurikulum berbasis teknologi untuk pendidikan guru. “Pendidikan berbasis teknologi adalah hal yang tidak bisa dihindari. Kita harus mempersiapkan guru-guru yang tidak hanya menguasai ilmu pengetahuan, tetapi juga mampu mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran mereka,” tuturnya.

Melalui pengalaman studi doktoral ini, Dr Ermawati berharap dapat memberikan dampak yang besar pada pendidikan di Indonesia, terutama dalam meningkatkan kualitas guru dan mahasiswa yang lebih siap menghadapi tantangan pendidikan di era digital.

Penulis: Mutafarida

Bertita Terkini

Bakti sosial
BEM FPIP dan ACTION Gelar Bakti Sosial di Desa Wonokasian, Bangun Kepedulian Sosial Mahasiswa
June 23, 2025By
MBKM Asistensi Mengajar
Program MBKM Asistensi Mengajar Prodi PTI Umsida, Meningkatkan Keterampilan Mengajar dan Kontribusi di Dunia Pendidikan
June 20, 2025By
Public Speaking
Bagikan Tips Public Speaking, Dosen PBI Umsida Tampil di IC-PEHES 2025
June 19, 2025By
PTI
Kontribusi Prodi PTI dalam Penetapan Umsida sebagai Lembaga Penyelenggara Pendidikan dan Pelatihan Koding serta Kecerdasan Artifisial
June 18, 2025By
IPA
Dosen Pendidikan IPA Umsida Lolos Hibah RisetMu: Upaya Meningkatkan Literasi Lingkungan dan Wawasan Budaya Lokal
June 17, 2025By
Jaya Melati 1
Penutupan Jaya Melati 1 2025, Meningkatkan Ketaqwaan dan Pembinaan Karakter Mahasiswa PGSD
June 16, 2025By
Lomba tahfidz
Lomba Tahfidz FPIP Edufair 2025: Menumbuhkan Semangat Islami di Kalangan Pelajar
June 15, 2025By
Lomba Pildacil
Lomba Pildacil FPIP Edufair 2025: Membentuk Generasi Muda Berani Berdakwah Sejak Dini
June 14, 2025By

Prestasi

MBKM Asistensi Mengajar
Program MBKM Asistensi Mengajar Prodi PTI Umsida, Meningkatkan Keterampilan Mengajar dan Kontribusi di Dunia Pendidikan
June 20, 2025By
PTI
Kontribusi Prodi PTI dalam Penetapan Umsida sebagai Lembaga Penyelenggara Pendidikan dan Pelatihan Koding serta Kecerdasan Artifisial
June 18, 2025By
IPA
Dosen Pendidikan IPA Umsida Lolos Hibah RisetMu: Upaya Meningkatkan Literasi Lingkungan dan Wawasan Budaya Lokal
June 17, 2025By
Persiapan
Persiapan dan Pengalaman Berharga Dipo, Mahasiswa Psikologi Umsida Raih Medali Perunggu Pomprov Jatim 2025 Cabor Silat
June 11, 2025By
PBI
Mahasiswa PBI Berangkat LOEI International Internship Program, Siap Raih Pengalaman Internasional
June 9, 2025By

Riset dan Inovasi

buku
Dosen PG Paud Ciptakan Buku Ajar, Musik Mampu Tingkatkan Kecerdasan Anak Usia Dini
February 5, 2025By
literasi
Wisata Literasi Virtual Reality (VR) Ramah Difabel Hadir sebagai Inovasi dari PTI Umsida
January 7, 2025By
buku ajar
Dosen FPIP Umsida Buat Buku Ajar untuk Solusi Pendidikan Literasi di Kelas Awal
December 13, 2024By