fpip.umsida.ac.id – Terhitung selama 6 hari, Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (FPIP) resmi mengadakan kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan 1 (PLP 1) yang melibatkan 5 program studi di FPIP yakni Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD), Pendidikan Bahasa Inggris (PBI), Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PIPA), dan Pendidikan Teknologi Informasi (PTI).
Kegiatan PLP 1 merupakan salah satu bagian dari mata kuliah semester 4 yang bertujuan untuk memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa melalui pengamatan/observasi untuk mempelajari aspek pembelajaran dan pengelolaan pendidikan di sekolah. Di mana seluruh mahasiswa ditugaskan untuk terjun langsung ke lapangan sekolah dan melakukan observasi terkait kultur sekolah, manajemen sekolah, kompetensi pendidik, serta pelaksanaan pembelajaran yang melibatkan guru dan siswa di sekolah.
Dalam kesempatan kali ini, kelompok 8 PLP 1 yang berasal dari prodi PIPA dan PBI memulai kegiatannya pada tanggal 17 dan berakhir pada 22 Februari 2025 bertempat di SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo, dengan didampingi Dr Nur Effendi M Pd sebagai Dosen Pendamping Lapangan (DPL) dan Edy Prawoto S Ag M Pd sebagai Guru Pamong. Mereka mengamati dan melakukan wawancara pada beberapa pihak di sekolah seperti guru BK, waka kesiswaan, dan waka kurikulum tentang kultur sekolah yang ada di SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo.
Dalam sesi wawancara yang diajukan, guru BK memaparkan bahwa untuk menyambut peserta didik baru, SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo dilakukan kegiatan asesmen awal beserta psikotesnya yang berguna untuk menentukan karakteristik dan minat bakat tiap peserta didik yang selanjutnya akan dikelompokkan dalam beberapa kelas peminatan seperti kelas Saintek, kelas Internasional, serta kelas Entrepreneur. “Melalui asesmen awal ini, diharapkan siswa dapat memiliki karakter yang lebih baik,” tambah Bu Nabila sebagai guru BK.
Nilai-nilai Islami dan Kedisiplinan Membentuk Karakter Siswa SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo
Selain itu, Bu Nabila juga menjelaskan sekolah yang berlandaskan pada visi yang islami, cerdas, dan berprestasi. Untuk mewujudkan visi tersebut, SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo juga memiliki misi yang jelas, yakni “Mencetak siswa yang berakhlak mulia, cerdas, dan berprestasi melalui pembelajaran efektif yang mengintegrasikan nilai-nilai Islam, disiplin, etos kerja, dan keterampilan hidup.” Misi ini kemudian menjadi panduan bagi guru dan staf sekolah dalam merancang dan melaksanakan program-program pendidikan yang berkualitas.
Para guru di SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo juga turut andil dalam pengontrolan dan evaluasi mengenai bagaimana interaksi sosial antara peserta didik dengan warga sekolah. Guru akan selalu memantau dan memberikan edukasi kepada siswanya akan pentingnya nilai kesopanan dan saling membantu sesama untuk mewujudkan karakter siswa yang baik.
“Apabila ada siswa yang kurang sopan ataupun mengganggu warga sekitar sekolah, sebagai contoh membuang sampah dari lantai atas yang kemudian mengenai lingkungan warga, maka warga akan melapor kepada guru supaya peserta didik dapat dievaluasi,” tutur guru BK. Hal kecil seperti itu akan menjadi pembelajaran kepada peserta didik, siswa yang melakukan hal tersebut akan diminta untuk meminta maaf kepada yang bersangkutan sebagai tanggung jawab dan bentuk rasa sopan terhadap lingkungan sekitar.
Partisipasi Aktif Mahasiswa dalam Kegiatan Sekolah
Selama masa pengobservasian, mahasiswa kelompok 8 PLP 1 tidak hanya melakukan wawancara, namun juga turut berpartisipasi dalam beberapa kegiatan yang ada di sekolah seperti halnya upacara hari senin yang diadakan pada pukul 06.45 WIB. Di sini, mahasiwa berkumpul dan berbaris bersama para guru dan siswa di lapangan untuk melaksanakan upacara dengan penuh kekhidmatan dan keteraturan, kemudian di akhir upacara terdapat pembacaan ikrar janji pelajar muhammadiyah yang dikumandangkan oleh seluruh peserta didik.
Selain upacara hari senin, mahasiwa juga berpartisipasi pada pembiasaan 3S (Senyum, Sapa, Salam) di lingkungan sekolah bersama para peserta didik sebelum bel masuk berbunyi. Selanjutnya melakukan sholat dhuha setiap pagi untuk memulai kegiatan belajar mengajar di kelas, serta kegiatan yang menjadi ciri khas SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo yakni mengaji bersama atau biasa disebut Diniyah yang di mana guru akan mengajak siswanya untuk mengaji bersama dengan menyesuaikan jadwal per kelas. Di samping kegiatan tersebut, siswa juga melakukan sholat berjamaah baik dzuhur maupun ashar.
Dalam penerapan tata tertib di sekolah, mahasiswa menanyakan berbagai aspek salah satunya mengenai pemakaian atribut sekolah dan seragam yang harus sesuai dengan peraturan di sekolah. Hal ini bertujuan agar siswa disiplin dengan peraturan yang ada, “Peraturan dan tata tertib ini penting untuk menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan aman bagi seluruh siswa,” ujar Pak Edy selaku waka kesiswaan di sekolah.
Kegiatan PLP 1 ini memberikan pengalaman berharga bagi mahasiswa FPIP Umsida dalam memahami kultur sekolah dan pengelolaan pendidikan di SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo. Observasi ini diharapkan dapat menjadi bekal bagi mahasiswa dalam mempersiapkan diri menjadi tenaga pendidik yang profesional dan berdedikasi.
Penulis: Tim PLP I
Editor: Mutafarida