mahasiswa

Mahasiswa PGSD Umsida Berpartisipasi dalam Penerapan Pembelajaran Sirah Nabawiyah untuk Membentuk Karakter Islami Siswa di SDIT Insan Kamil

fpip.umsida.ac.id – Dalam upaya membangun karakter Islami sejak dini, mahasiswa Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) turut serta dalam kegiatan observasi partisipatif di SDIT Insan Kamil. Kegiatan ini merupakan bagian dari Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) 1 yang berlangsung pada 17-21 Februari 2025.

Selain bertujuan untuk memberikan pengalaman langsung dalam memahami proses pembelajaran dan interaksi di lingkungan sekolah, mahasiswa juga berkontribusi dalam penguatan pendidikan karakter Islami. Salah satu fokus utama dalam kegiatan ini adalah penerapan pembelajaran Sirah Nabawiyah, yaitu pembelajaran tentang kehidupan Nabi Muhammad SAW sebagai teladan bagi siswa dalam bersikap dan berperilaku.

Penerapan Sirah Nabawiyah Bersama Mahasiswa PLP 1: Menanamkan Nilai Islami Sejak Dini

mahasiswa

Di SDIT Insan Kamil, pembelajaran Sirah Nabawiyah diterapkan sebagai bagian dari program pendidikan karakter bagi siswa kelas 1 sampai kelas 6 Kegiatan ini dilaksanakan pada pagi hari sebelum proses pembelajaran dimulai. Suasana kelas menjadi tenang dan khusyuk ketika siswa melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur’an, seperti Al-Fatihah, Al-Ikhlas, dan An-Nas.

Sirah Nabawiyah tidak hanya mengajarkan sejarah kehidupan Nabi Muhammad SAW, tetapi juga menanamkan nilai-nilai luhur seperti kejujuran, amanah, dan tanggung jawab. Siswa diajarkan untuk selalu berkata jujur kepada guru, teman, dan orang tua. Jika melakukan kesalahan, mereka dibimbing untuk mengakuinya dan bertanggung jawab atas perbuatannya. Selain itu, siswa yang diberikan tugas sebagai ketua kelas juga dilatih untuk menjaga ketertiban dan menjalankan amanah dengan baik.

Pembelajaran ini dilakukan secara interaktif dengan memanfaatkan proyektor untuk mempermudah pemahaman siswa. Setelah mendapatkan penjelasan dari ustadzah, siswa diberikan pertanyaan pemantik agar lebih aktif dalam diskusi. Mereka juga mengerjakan latihan dari buku Sirah Nabawiyah, yang kemudian dikumpulkan untuk dinilai oleh ustadzah. Sebagai penutup, ustadzah memberikan refleksi agar siswa memahami inti pembelajaran yang telah dipelajari.

Membentuk Generasi Berakhlak Mulia

mahasiswa

Selain memahami sejarah Nabi, siswa di SDIT Insan Kamil juga dibiasakan untuk bersikap sopan dan santun kepada guru, warga sekolah, dan orang tua. Mereka diajarkan untuk selalu mengucapkan salam ketika bertemu guru atau orang tua serta menggunakan bahasa yang sopan dalam berkomunikasi.

Budaya tolong-menolong dan kepedulian sosial juga ditanamkan sejak dini. Siswa didorong untuk membantu teman yang mengalami kesulitan dalam belajar atau menjenguk teman yang sedang sakit. Dengan demikian, pembelajaran Sirah Nabawiyah tidak hanya menjadi teori, tetapi juga diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan observasi partisipatif yang melibatkan mahasiswa PGSD Umsida ini memberikan pengalaman berharga dalam dunia pendidikan. Tidak hanya mahasiswa yang belajar dari sekolah, tetapi kehadiran mereka juga memberikan dampak positif dalam memperkuat karakter Islami siswa di SDIT Insan Kamil.

Dengan adanya kolaborasi seperti ini, diharapkan nilai-nilai Islami terus tertanam dalam diri generasi muda sehingga mereka tumbuh menjadi individu yang berakhlak mulia dan memiliki ketaqwaan terhadap ajaran Islam.

Dengan keterlibatan mahasiswa PGSD Umsida dalam penerapan pembelajaran Sirah Nabawiyah, diharapkan siswa SDIT Insan Kamil semakin termotivasi untuk meneladani akhlak Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan ini juga menjadi pengalaman berharga bagi mahasiswa dalam mengasah keterampilan mengajar dan memahami dinamika pembelajaran di sekolah dasar.

 

Penulis: Tim PLP 1

Editor: Mutafarida

Bertita Terkini

LANG&TECH
Pembelajaran Berbasis Web “LANG&TECH”, Mahasiswa PBI & PTI Umsida Ciptakan Inovasi di SMA Negeri 3 Sidoarjo
October 16, 2025By
Tapak Suci
Di 15th Airlangga Championship Tapak Suci National Open 2025, Deisyah Amalia Rawethi Raih Medali Emas
October 14, 2025By
Perpustakaan
Kunjungan Perpustakaan dalam Kegiatan Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Literasi Siswa
October 13, 2025By
Airlangga Championship
Syihabudin Robbani Berjaya di Airlangga Championship Nasional Open 2025, Raih Dua Gelar Juara
October 10, 2025By
Kajian Keputrian
Kajian Keputrian FORTAMA FPIP Tahun 2025: Menumbuhkan Marwah dan Etika Sejak Dini
October 9, 2025By
Guru Pamong
Admin Kelas PPG Umsida Berperan Aktif dalam Pengolahan Nilai Calon Dosen dan Guru Pamong Nasional
October 8, 2025By
S2 Pendidikan Dasar
Matrikulasi Mahasiswa Baru Prodi S2 Pendidikan Dasar Umsida, 22 Mahasiswa Ikut Berpartisipasi Aktif
October 7, 2025By
Mahasiswa PLP II Prodi PGSD Umsida Ciptakan Mading “Ruang Ilmu dan Reward” di SD Muhammadiyah 1 Gempol
October 6, 2025By

Prestasi

Tapak Suci
Di 15th Airlangga Championship Tapak Suci National Open 2025, Deisyah Amalia Rawethi Raih Medali Emas
October 14, 2025By
Airlangga Championship
Syihabudin Robbani Berjaya di Airlangga Championship Nasional Open 2025, Raih Dua Gelar Juara
October 10, 2025By
Medali Emas
Mahasiswa Psikologi Umsida Raih Medali Emas di Indonesia Expo Battle Piala DPR RI
October 3, 2025By
Tarikh Bima
Tarikh Bima Damarjati Sabet Juara 3 di Kejuaraan Pencak Silat Tingkat Nasional
September 30, 2025By
Nabilla
Nabilla Maulidia Sari Buktikan Semangat Juang Tinggi, Sabet Emas di Kejuaraan Pencak Silat Kanjuruhan Fighter Competition II 2025
September 25, 2025By

Riset dan Inovasi

Psikologi Al-Fatihah
Pelatihan Psikologi Al-Fatihah oleh Tim Dosen Psikologi Umsida, Tingkatkan Layanan Guru BK SMA Muhammadiyah 3 Tulangan Sidoarjo
August 20, 2025By
buku
Dosen PG Paud Ciptakan Buku Ajar, Musik Mampu Tingkatkan Kecerdasan Anak Usia Dini
February 5, 2025By
literasi
Wisata Literasi Virtual Reality (VR) Ramah Difabel Hadir sebagai Inovasi dari PTI Umsida
January 7, 2025By