inklusi

Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Pendidikan Inklusi melalui Program Kebutuhan Khusus dan Kompensatoris

fpip.umsida.ac.id – Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) melalui Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (FPIP) terus berkomitmen dalam meningkatkan kompetensi calon guru dalam pendidikan inklusi. Pada hari keempat pelatihan pendidikan inklusi yang dilaksanakan pada Kamis 6 dan 13 Februari 2025, peserta mendapatkan materi tentang Program Kebutuhan Khusus dan Program Kompensatoris yang disampaikan oleh Miseri MPd.

Pelatihan ini bertujuan untuk membekali calon guru dengan pemahaman yang lebih mendalam tentang layanan pendidikan inklusi bagi peserta didik berkebutuhan khusus. Melalui program ini, mahasiswa diajak untuk memahami bagaimana memberikan layanan yang sesuai dengan kebutuhan setiap anak agar mereka mendapatkan akses pembelajaran yang optimal.

Program Kebutuhan Khusus dan Kompensatoris dalam Pendidikan Inklusi

inklusi

Dalam dunia pendidikan inklusi, layanan pendidikan bagi peserta didik berkebutuhan khusus tidak hanya sekadar menyesuaikan materi ajar, tetapi juga memberikan intervensi yang sesuai agar mereka dapat belajar secara efektif. Program Kebutuhan Khusus adalah layanan intervensi yang bertujuan untuk mengurangi hambatan yang dialami anak berkebutuhan khusus dan meningkatkan akses mereka terhadap pendidikan.

Sementara itu, Program Kompensatoris adalah upaya untuk menggantikan atau mengalihkan fungsi tertentu yang lemah atau hilang dengan keterampilan lain yang memungkinkan anak tetap bisa belajar. Beberapa program utama yang dipelajari dalam pelatihan ini meliputi:

Pengembangan Orientasi, Mobilitas, Sosial, dan Komunikasi (OMSK) untuk siswa tunanetra
Pengembangan Komunikasi, Persepsi Bunyi, dan Irama (PKPBI) bagi siswa tunarungu
Bina Bicara dan Bina Diri bagi anak tunagrahita
Pengembangan Interaksi Sosial, Komunikasi, dan Perilaku bagi anak dengan autisme

Miseri MPd menjelaskan bahwa setiap peserta didik berkebutuhan khusus memerlukan pendekatan yang berbeda sesuai dengan kebutuhannya. “Guru harus memiliki pemahaman yang kuat dalam memberikan layanan kompensatoris agar setiap anak mendapatkan kesempatan belajar yang sama dengan anak-anak lainnya,” ungkapnya.

Memahami Tantangan melalui Studi Kasus

Untuk memperdalam pemahaman peserta, pelatihan ini juga menyajikan beberapa studi kasus nyata yang sering ditemukan dalam pendidikan inklusi.

Salah satu kasus yang dibahas adalah Andi, seorang siswa tunanetra kelas empat di sekolah inklusif yang mengalami kesulitan membaca buku cetak biasa. Solusi yang diberikan adalah menyediakan bahan ajar dalam format digital serta perangkat tambahan seperti screen reader agar ia tetap bisa mengakses informasi dengan baik.

Kasus lain yang dibahas adalah Sari, seorang siswa tunarungu yang mendapatkan layanan pendidikan berupa materi ajar yang dilengkapi teks dan gambar, serta sesi terapi bina bicara untuk membantunya dalam komunikasi verbal. Sekolah juga mengajarkan bahasa isyarat untuk mendukung interaksi sosialnya dengan teman-teman.

Siti, seorang siswi tunagrahita berusia lima belas tahun, juga menjadi salah satu contoh kasus yang dianalisis oleh peserta. Siti mengalami kesulitan dalam berkomunikasi secara verbal dan memiliki daya ingat yang lemah, sehingga ia mendapatkan program keterampilan hidup yang membantunya dalam mengurus diri sendiri, seperti berpakaian dan makan secara mandiri.

Diskusi mengenai studi kasus ini memberikan wawasan baru bagi peserta tentang bagaimana mengadaptasi metode pembelajaran dan layanan pendidikan yang sesuai bagi anak berkebutuhan khusus. “Melalui studi kasus ini, mahasiswa diajak untuk berpikir kritis dan mencari solusi nyata dalam menghadapi tantangan pendidikan inklusi di lapangan,” ujar salah satu peserta pelatihan.

Harapan untuk Masa Depan Pendidikan Inklusi

inklusi

Pelatihan pendidikan inklusi ini menjadi langkah konkret Umsida dalam mendukung pemerataan akses pendidikan bagi semua anak, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus. Dengan adanya pemahaman tentang Program Kebutuhan Khusus dan Program Kompensatoris, diharapkan calon guru dapat lebih siap menghadapi tantangan dalam pendidikan inklusi.

Selain membekali mahasiswa dengan teori pendidikan inklusi, pelatihan ini juga menanamkan nilai empati serta keterampilan praktis yang akan sangat berguna dalam praktik pengajaran di masa depan. “Sebagai calon pendidik, kita harus mampu memberikan layanan yang tepat dan memastikan setiap anak bisa belajar dengan nyaman,” ujar salah satu peserta.

Umsida terus berkomitmen untuk menghadirkan pelatihan dan workshop berkualitas agar mahasiswa dapat menjadi pendidik yang inklusif dan responsif terhadap kebutuhan semua peserta didik. Dengan adanya program seperti ini, diharapkan sekolah-sekolah di Indonesia semakin siap dalam memberikan pendidikan yang setara bagi semua anak.

 

Penulis: Mutafarida

Bertita Terkini

LANG&TECH
Pembelajaran Berbasis Web “LANG&TECH”, Mahasiswa PBI & PTI Umsida Ciptakan Inovasi di SMA Negeri 3 Sidoarjo
October 16, 2025By
Tapak Suci
Di 15th Airlangga Championship Tapak Suci National Open 2025, Deisyah Amalia Rawethi Raih Medali Emas
October 14, 2025By
Perpustakaan
Kunjungan Perpustakaan dalam Kegiatan Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Literasi Siswa
October 13, 2025By
Airlangga Championship
Syihabudin Robbani Berjaya di Airlangga Championship Nasional Open 2025, Raih Dua Gelar Juara
October 10, 2025By
Kajian Keputrian
Kajian Keputrian FORTAMA FPIP Tahun 2025: Menumbuhkan Marwah dan Etika Sejak Dini
October 9, 2025By
Guru Pamong
Admin Kelas PPG Umsida Berperan Aktif dalam Pengolahan Nilai Calon Dosen dan Guru Pamong Nasional
October 8, 2025By
S2 Pendidikan Dasar
Matrikulasi Mahasiswa Baru Prodi S2 Pendidikan Dasar Umsida, 22 Mahasiswa Ikut Berpartisipasi Aktif
October 7, 2025By
Mahasiswa PLP II Prodi PGSD Umsida Ciptakan Mading “Ruang Ilmu dan Reward” di SD Muhammadiyah 1 Gempol
October 6, 2025By

Prestasi

Tapak Suci
Di 15th Airlangga Championship Tapak Suci National Open 2025, Deisyah Amalia Rawethi Raih Medali Emas
October 14, 2025By
Airlangga Championship
Syihabudin Robbani Berjaya di Airlangga Championship Nasional Open 2025, Raih Dua Gelar Juara
October 10, 2025By
Medali Emas
Mahasiswa Psikologi Umsida Raih Medali Emas di Indonesia Expo Battle Piala DPR RI
October 3, 2025By
Tarikh Bima
Tarikh Bima Damarjati Sabet Juara 3 di Kejuaraan Pencak Silat Tingkat Nasional
September 30, 2025By
Nabilla
Nabilla Maulidia Sari Buktikan Semangat Juang Tinggi, Sabet Emas di Kejuaraan Pencak Silat Kanjuruhan Fighter Competition II 2025
September 25, 2025By

Riset dan Inovasi

Psikologi Al-Fatihah
Pelatihan Psikologi Al-Fatihah oleh Tim Dosen Psikologi Umsida, Tingkatkan Layanan Guru BK SMA Muhammadiyah 3 Tulangan Sidoarjo
August 20, 2025By
buku
Dosen PG Paud Ciptakan Buku Ajar, Musik Mampu Tingkatkan Kecerdasan Anak Usia Dini
February 5, 2025By
literasi
Wisata Literasi Virtual Reality (VR) Ramah Difabel Hadir sebagai Inovasi dari PTI Umsida
January 7, 2025By