fpip.umsida.ac.id – Pada Jumat, 25 April 2025, Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (FPIP) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) mengadakan kegiatan sarasehan dan studi banding bersama Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Nusantara PGRI (UNP) Kediri. Kegiatan yang dilaksanakan di Miniteater GKB 2 Kampus 1 Umsida ini merupakan bagian dari upaya memperkuat kolaborasi antar perguruan tinggi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, khususnya di bidang pendidikan anak usia dini.
Membangun Kerjasama Melalui Kolaborasi Pendidikan
Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya yang dilakukan secara daring. Pada kesempatan kali ini, PGPAUD FKIP UNP Kediri berkesempatan hadir langsung di Umsida untuk mempererat hubungan dan menandatangani MoU yang memperpanjang kerjasama yang telah terjalin antara kedua institusi. Dalam sambutannya, Ketua Program Studi PGPAUD FKIP UNP Kediri, Dr Anik Lestariningrum MPd menyampaikan,
“Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya yang dilakukan secara online. Sekarang kami berkesempatan untuk datang langsung sekaligus untuk penandatanganan MoU memperpanjang kerjasama bersama PGPAUD FPIP Umsida. Mari belajar bersama, karena belajar bisa dari manapun dan siapapun.”
Sambutan hangat juga disampaikan oleh Dekan FPIP Umsida, Dr Septi Budi Sartika MPd yang berharap kolaborasi ini tidak hanya berhenti di sini, namun dapat berlanjut dengan kerjasama antar dosen maupun antar mahasiswa.
“Saya harap kolaborasi bersama PGPAUD FKIP UNP Kediri tidak hanya berhenti di sini, melainkan bisa melanjutkan untuk berkolaborasi antar dosen maupun antar mahasiswa,” ujarnya.
Kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan MoU antara Dekan FPIP Umsida dan Ketua Program Studi PGPAUD FKIP UNP Kediri, yang menandakan komitmen bersama dalam memperkuat kemitraan akademik antar kedua institusi. Penyerahan cinderamata juga dilakukan oleh Ketua Program Studi PGPAUD Umsida sebagai bentuk apresiasi atas kolaborasi ini.
Kolaborasi Antar Institusi untuk Meningkatkan Kualitas Pengajaran
Salah satu materi yang disampaikan oleh dosen PGPAUD Umsida, Evie Destiana SSn MPd adalah mengenai cara mengatasi tantangan penggunaan gadget pada anak-anak usia dini. Dalam sesi diskusi, mahasiswa UNP Kediri yang bernama Risma bertanya mengenai cara menyikapi anak yang terlalu aktif menggunakan gadget. Menanggapi pertanyaan tersebut, Evie Destiana menjelaskan bahwa sebagai calon pendidik, sangat penting untuk memberikan edukasi kepada orang tua tentang pembatasan konten di perangkat anak.
“Anak usia dini seharusnya tidak menggunakan HP di sekolah. Yang lebih penting adalah pemberian aturan penggunaan HP di rumah, mengoneksikan perangkat HP anak dengan perangkat orang tua, serta melakukan kegiatan bonding bersama anak agar mereka teralihkan dari gadget,” tuturnya.
Materi yang disampaikan juga mengungkapkan pentingnya peran orang tua dalam mendampingi anak di dunia digital, agar penggunaan teknologi tetap sehat dan sesuai dengan perkembangan usia anak.
Diskusi tentang Tantangan Pendidikan di Era Digital
Selain itu, Ayu Titis Rukmana Sari MSn salah satu dosen PGPAUD UNP Kediri, turut memberikan materi tentang pentingnya mengenal budaya sebagai pendidik. Dalam sesi ini, Ayu menekankan,
“Sebagai pendidik kita harus terlebih dahulu belajar dan mengenal budaya, karena jika kita saja tidak tahu budaya, bagaimana kita akan mengajarkannya kepada anak murid kita.”
Hal ini menunjukkan betapa pentingnya pendidikan yang bersifat inklusif dan adaptif terhadap berbagai latar belakang budaya, yang bisa berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.
Kegiatan ini menjadi kesempatan bagi dosen dan mahasiswa untuk saling bertukar ide dan pengalaman terkait tantangan yang dihadapi dalam dunia pendidikan, terutama dalam menghadapi perkembangan teknologi dan globalisasi. Kolaborasi yang terjalin dalam kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, khususnya dalam mengembangkan keterampilan dan pengetahuan mahasiswa dalam mengajar anak usia dini yang berkualitas.
Kegiatan sarasehan dan studi banding ini menandai langkah maju dalam penguatan hubungan akademik antara UMSIDA dan UNP Kediri. Dengan penandatanganan MoU, kedua institusi berharap dapat terus menjalin kerjasama dalam pengembangan pendidikan anak usia dini yang lebih berkualitas. Kolaborasi ini diharapkan tidak hanya memberi manfaat bagi mahasiswa, tetapi juga bagi masyarakat luas dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.
Penulis: Mutafarida