International

International Class 2024: Whole Brain Teaching untuk Keterampilan Sosial Anak Usia Dini

fpip.umsida.ac.id – Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (FPIP) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) kembali menggelar program International Class yang berlangsung pada Sabtu (23/11/2024) di Ruang Kelas 610 GKB 7 Kampus 3 Umsida. Kegiatan ini diisi oleh Dr Choirun Nisak Aulina MPd, dosen senior dari Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) Umsida. Dengan tema Whole Brain Teaching (WBT), kegiatan ini dirancang untuk memberikan wawasan mendalam tentang metode pembelajaran inovatif yang dapat meningkatkan keterampilan sosial anak usia dini.

Dr Choirun Nisak Aulina: Belajar Tanpa Batas

Dr Choirun Nisak Aulina membuka sesi International Class dengan menekankan pentingnya pembelajaran yang tidak hanya berfokus pada akademik, tetapi juga pada pengembangan keterampilan sosial anak.

“Pendidikan anak usia dini bukan hanya soal memahami pelajaran, tetapi juga membentuk karakter dan keterampilan sosial mereka. Metode Whole Brain Teaching memungkinkan kita mengaktifkan berbagai aspek otak untuk menciptakan pembelajaran yang lebih efektif,” jelasnya.

Acara ini dihadiri oleh sekitar 30 mahasiswa dari Universitas Malaya, Malaysia, dan sejumlah mahasiswa FPIP UMSIDA. Kehadiran peserta dari dua negara ini memberikan kesempatan untuk bertukar wawasan dan pengalaman tentang metode pembelajaran lintas budaya.

Whole Brain Teaching: Metode Pembelajaran Inovatif

international

Sesi inti dari International Class ini membahas secara mendalam model pembelajaran Whole Brain Teaching (WBT). Dr Choirun Nisak Aulina menjelaskan bahwa WBT adalah metode yang dirancang untuk mengaktifkan seluruh bagian otak siswa—seperti prefrontal cortex, motor cortex, dan hippocampus—melalui pendekatan visual, verbal, dan kinestetik.

“Metode ini memungkinkan pembelajaran yang lebih menyenangkan, interaktif, dan kolaboratif. WBT tidak hanya meningkatkan pemahaman akademik, tetapi juga melatih anak untuk lebih percaya diri dan berinteraksi secara positif dengan lingkungan sosial mereka,” ungkapnya.

Beliau juga memperkenalkan beberapa teknik dalam WBT, seperti Class-Yes dan Teach-Okay, yang dirancang untuk meningkatkan fokus dan keterlibatan siswa selama proses pembelajaran. Teknik-teknik ini memanfaatkan interaksi langsung antara guru dan siswa, sehingga menciptakan suasana belajar yang lebih dinamis.

“Misalnya, ketika guru mengatakan ‘Class’, siswa akan menjawab ‘Yes’ dengan semangat. Teknik ini membantu menjaga fokus siswa selama pembelajaran berlangsung,” jelas Dr Choirun.

Kolaborasi dan Diskusi Antar Mahasiswa

International

Setelah sesi presentasi, peserta International Class terlibat dalam diskusi interaktif. Mahasiswa Universitas Malaya dan FPIP Umsida berbagi pandangan tentang bagaimana metode Whole Brain Teaching dapat diterapkan di negara masing-masing. Diskusi ini memberikan wawasan baru tentang adaptasi WBT dalam berbagai konteks budaya dan pendidikan.

Salah satu mahasiswa Universitas Malaya menyampaikan, “Diskusi ini sangat bermanfaat karena kami dapat memahami bagaimana WBT diterapkan di Indonesia, sekaligus mendapatkan ide untuk implementasi di Malaysia.”

Salah satu mahasiswa FPIP Umsida juga menyampaikan, “Kegiatan ini sangat bermanfaat juga memberikan pengalaman baru sebab kami berkesempatan untuk mendapatkan ilmu baru dan bisa berinteraksi langsung dengan mahasiswa asing.”

Dr Choirun juga memberikan arahan kepada peserta tentang cara mengintegrasikan WBT ke dalam kurikulum anak usia dini. Para mahasiswa merasa terinspirasi untuk mencoba metode ini dalam praktik pembelajaran mereka.

Harapan ke Depan setelah Kegiatan International Class

Kegiatan International Class ditutup dengan pesan inspiratif dari Dr Choirun Nisak Aulina.

“Metode Whole Brain Teaching ini memberikan peluang besar untuk menciptakan pembelajaran yang tidak hanya efektif, tetapi juga bermakna. Saya berharap metode ini dapat diadaptasi dengan baik oleh semua peserta, baik di Indonesia maupun Malaysia,” ujarnya.

Selain itu, beliau menekankan pentingnya kerjasama internasional seperti International Class ini untuk memperkuat hubungan akademik lintas negara.

“Kegiatan ini bukan hanya soal berbagi ilmu, tetapi juga tentang membangun jaringan akademik yang lebih kuat dan memperluas wawasan lintas budaya,” tambahnya.

Acara ini menjadi momentum penting bagi FPIP Umsida untuk menunjukkan komitmennya dalam memajukan pendidikan berbasis inovasi. Melalui program International Class ini, Umsida terus memperluas perannya sebagai institusi pendidikan yang mendukung kolaborasi global dan pengembangan ilmu pengetahuan.

Dengan keberhasilan International Class 2024, FPIP Umsida berharap dapat terus menghadirkan program-program berkualitas yang memberikan dampak positif, baik bagi mahasiswa lokal maupun internasional. Model Whole Brain Teaching yang diperkenalkan Dr Choirun Nisak Aulina diharapkan menjadi inspirasi dalam menciptakan generasi yang tidak hanya cerdas secara akademik, tetapi juga unggul dalam keterampilan sosial.

 

Penulis: Mutafarida

Bertita Terkini

Speech Contest
Sukses Digelar! Lomba Speech Contest FPIP Edufair 2025 Jadi Ajang Prestisius Bagi Pelajar SMP dan SMA
June 1, 2025By
Gebyar Lomba PBB Bertongkat
Gebyar Lomba PBB Bertongkat: Merajut Disiplin, Membangun Karakter Pandu yang Unggul
May 31, 2025By
psikologi
Hima Psikologi Umsida Sukses Gelar Ground Archery U-16, Mengembangkan Keterampilan Psikologi Siswa Lewat Olahraga
May 30, 2025By
FPIP
Semarak FPIP EduFair 2025: Lomba Mewarnai, Warnai Keceriaan Anak-Anak dan Tumbuhkan Kreativitas Dini
May 29, 2025By
psikologi
Benchmarking Psikologi Umsida dengan UM Purworejo Perkuat Kolaborasi dan Pengembangan Kurikulum
May 28, 2025By
LOEI
Lolos LOEI International Internship Program 2025, Isna Elsyien Maulana Mustaqim Bagikan Kisah Inspiratif!
May 27, 2025By
psikologi
Sinergi Internasional: Psikologi Umsida Jalin Kerjasama dengan Universiti Malaya dan UM Purwokerto dalam Pendidikan Psikologi
May 26, 2025By
FPIP Edufair 2025
Penutupan FPIP Edufair 2025: Merayakan Talenta Muda dengan Kegiatan Kompetitif dan Inspiratif
May 25, 2025By

Prestasi

LOEI
Lolos LOEI International Internship Program 2025, Isna Elsyien Maulana Mustaqim Bagikan Kisah Inspiratif!
May 27, 2025By
Peneliti Terbaik
Penghargaan Peneliti Terbaik Berhasil Diraih Oleh Dosen FPIP Umsida, Dr Rahmania Sri Untari
April 23, 2025By
pendidikan
Mengoptimalkan Pendidikan di Era Digital: Studi Doktoral Dr. Ermawati Zulikhatin Nuroh dalam Meningkatkan Literasi Digital 
April 21, 2025By
PSPB
PSPB Umsida Raih Penghargaan Pusat Studi Terbaik: Inovasi dan Kolaborasi untuk Maju Bersama
April 17, 2025By
Program MBKM
Program MBKM Asistensi Mengajar: Pengalaman Berharga bagi Mahasiswa Prodi Pendidikan IPA Umsida
April 8, 2025By

Riset dan Inovasi

buku
Dosen PG Paud Ciptakan Buku Ajar, Musik Mampu Tingkatkan Kecerdasan Anak Usia Dini
February 5, 2025By
literasi
Wisata Literasi Virtual Reality (VR) Ramah Difabel Hadir sebagai Inovasi dari PTI Umsida
January 7, 2025By
buku ajar
Dosen FPIP Umsida Buat Buku Ajar untuk Solusi Pendidikan Literasi di Kelas Awal
December 13, 2024By