Deepfake

Pembahasan Deepfake dan Pemanfaatan AI Pada Pelatihan KKA Umsida

fpip.umsida.ac.id — Pelatihan Koding dan Kecerdasan Artifisial (KKA) yang diselenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) memasuki hari ketiga pada Rabu, 16 Juli 2025. Kegiatan kali ini dilaksanakan di ruang kelas 702 GKB 3, Kampus 1, dan dihadiri oleh para guru dari berbagai sekolah tingkat SMP di Kabupaten Sidoarjo.

Pada hari ketiga ini, materi yang diberikan berfokus pada pembahasan deepfake dan pemanfaatan kecerdasan artifisial dalam berbagai bidang, dengan fasilitator Fitria Nur Hasanah MPd dan Dr Rahmania Sri Untari MPd yang juga merupakan dosen Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi (PTI) Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (FPIP) di Umsida.

Lihat Juga: Pelatihan Koding dan Kecerdasan Artifisial Resmi Dibuka, Dosen Prodi PTI dan Informatika Umsida Jadi Fasilitator

Pelatihan dimulai dengan pemaparan singkat mengenai Modul 3, yang berisi pembahasan tentang jenis-jenis konten deepfake, ciri-ciri deepfake yang dapat diidentifikasi, serta cara penggunaan AI untuk mengganti wajah. Para peserta dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mendiskusikan materi dan mengerjakan lembar kerja (LK) yang harus diunggah ke Learning Management System (LMS) setelah sesi diskusi.

Pemanfaatan Deepfake dan AI dalam Kehidupan Sehari-hari

Deepfake

Dalam diskusi kelompok, para peserta mempelajari lebih dalam mengenai topik deepfake dan dampaknya terhadap masyarakat. Fitria Nur Hasanah MPd, salah satu fasilitator di kelas Pendidikan Dasar (Dikdas) SMP A, menjelaskan,

“Silakan menganalisis konten yang ada di Google Drive dan diskusikan serta analisis Modul 3 menggunakan pendekatan 4F: Fact (fakta), Feeling (perasaan), Finding (temuan), dan Future (masa depan). Anda harus menyampaikan fakta yang akurat dan mengidentifikasi berdasarkan lembar kerja yang telah disediakan.”

Pendekatan 4F, yang terdiri dari Fact (fakta), Feeling (perasaan), Finding (temuan), dan Future (masa depan) adalah metode yang digunakan untuk menganalisis dan memahami suatu permasalahan secara komprehensif.

Fact (fakta) berfokus pada informasi objektif dan data yang dapat diverifikasi, memberikan dasar yang kuat untuk analisis. Feeling (perasaan) menggali reaksi emosional atau persepsi individu terhadap isu yang dibahas, penting untuk memahami dampaknya pada orang-orang yang terlibat. Finding (temuan) adalah hasil dari analisis yang mengidentifikasi pola, kesimpulan, atau temuan baru yang diperoleh selama proses pengumpulan data. Terakhir, Future (masa depan) mencakup prediksi atau rekomendasi mengenai langkah yang perlu diambil untuk menghadapi perkembangan di masa depan, serta bagaimana permasalahan yang ada dapat diatasi secara berkelanjutan.

Lihat Juga: Kuatkan Pengetahuan dan Praktek Industri!, Hima PTI Umsida Kunjungi Jawa Pos Media

Pendekatan ini membantu menciptakan pemahaman yang lebih holistik dan berbasis data terhadap suatu topik atau isu.

Topik yang paling banyak dibahas adalah penggunaan AI untuk mengganti wajah dalam konten digital dan bagaimana teknologi ini bisa memberikan dampak baik maupun buruk bagi masyarakat. “Penting untuk bisa mendeteksi deepfake agar masyarakat bisa terhindar dari informasi yang menyesatkan,” ujar Dr Rahmania, salah satu fasilitator yang turut menguatkan argumen hasil diskusi dari kelompok yang presentasi.

Selain itu, peserta juga diajak untuk menilai cara-cara pencegahan terhadap penyebaran deepfake, dengan berbagai solusi yang dapat diterapkan untuk memitigasi dampak buruknya. Salah satu solusi yang diangkat dalam diskusi adalah peningkatan literasi digital di kalangan masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam menerima informasi yang datang dari sumber yang tidak jelas.

Penggunaan AI dalam Upacara Wisuda: Pendapat dan Kontroversi

Deepfake

Sesi selanjutnya dalam pelatihan ini diisi dengan pemaparan mengenai pemanfaatan AI yang semakin berkembang, salah satunya untuk menghidupkan benda mati, seperti gambar atau patung. Dalam pemaparannya, Dr Rahmania menampilkan sebuah video yang menunjukkan bagaimana AI dapat digunakan untuk mempercepat proses dalam kegiatan seperti upacara wisuda.

“Dengan pemanfaatan AI, seperti yang terlihat dalam video ini, berdasarkan dari hasil angket penelitian saya banyak yang mengatakan bisa menghemat waktu panitia wisuda yang biasanya sangat padat, terutama di sekolah-sekolah dengan jumlah siswa yang banyak. Teknologi ini bisa membuat proses wisuda lebih efisien,” jelas Bu Rahmania.

Lihat Juga: Penghargaan Peneliti Terbaik Berhasil Diraih Oleh Dosen FPIP Umsida, Dr Rahmania Sri Untari

Deepfake

Namun, tidak semua peserta setuju dengan penggunaan AI dalam upacara yang memiliki nilai sakral seperti wisuda. Pak Defik, salah seorang peserta pelatihan, menyampaikan pandangannya, “Melihat situasi, jika ini digunakan untuk edukasi atau menggambarkan karakter dari gambar atau patung, saya setuju. Namun, untuk wisuda, saya tidak setuju. Penggunaan AI untuk menggantikan momen sakral ini justru bisa mengurangi makna dan kesakralannya.”

Diskusi ini membuka pemahaman tentang bagaimana AI, meskipun membawa banyak manfaat dalam hal efisiensi, tetap harus diterapkan dengan pertimbangan yang matang, terutama dalam konteks yang melibatkan nilai-nilai emosional dan sosial.

 

Penulis: Mutafarida

 

 

Bertita Terkini

Data
Mengaplikasikan Data dan Literasi Digital di Era Pendidikan 4.0
July 17, 2025By
pelatihan
Pelatihan KKA di Kelas Dikdas SMP: Memahami Miskonsepi, Solusi, dan Praktik Baik
July 16, 2025By
factory visit
Melalui Factory Visit 2025 Mahasiswa Psikologi Umsida Pelajari Manajemen SDM
July 15, 2025By
Pelatihan
Pelatihan Koding dan Kecerdasan Artifisial Resmi Dibuka, Dosen Prodi PTI dan Informatika Umsida Jadi Fasilitator
July 14, 2025By
mahasiswa
Mahasiswa Psikologi Raih Medali Emas Pada Cabor Taekwondo di Porprov IX Jatim 2025
July 10, 2025By
PAUD
PG PAUD Umsida Gelar Kuliah Umum untuk Mewujudkan Pendidikan Anak Usia Dini yang Adaptif di Era Digital
July 9, 2025By
IPA
HIMA Pendidikan IPA Umsida 2025 Selenggarakan Workshop Artikel Ilmiah: Dorong Generasi Muda Kreatif dan Inovatif
July 8, 2025By
budaya
Mengenal Budaya Suku Tengger, Mahasiswa Psikologi Umsida Belajar Langsung di Lapangan Melalui Studi Budaya
July 7, 2025By

Prestasi

mahasiswa
Mahasiswa Psikologi Raih Medali Emas Pada Cabor Taekwondo di Porprov IX Jatim 2025
July 10, 2025By
MBKM Asistensi Mengajar
MBKM Asistensi Mengajar Prodi PTI Umsida, Tingkatkan Keterampilan dan Bawa Kontribusi Nyata
June 20, 2025By
PTI
Kontribusi Prodi PTI dalam Penetapan Umsida sebagai Lembaga Penyelenggara Pendidikan dan Pelatihan Koding serta Kecerdasan Artifisial
June 18, 2025By
IPA
Dosen Pendidikan IPA Umsida Lolos Hibah RisetMu: Upaya Meningkatkan Literasi Lingkungan dan Wawasan Budaya Lokal
June 17, 2025By
Persiapan
Persiapan dan Pengalaman Berharga Dipo, Mahasiswa Psikologi Umsida Raih Medali Perunggu Pomprov Jatim 2025 Cabor Silat
June 11, 2025By

Riset dan Inovasi

buku
Dosen PG Paud Ciptakan Buku Ajar, Musik Mampu Tingkatkan Kecerdasan Anak Usia Dini
February 5, 2025By
literasi
Wisata Literasi Virtual Reality (VR) Ramah Difabel Hadir sebagai Inovasi dari PTI Umsida
January 7, 2025By
buku ajar
Dosen FPIP Umsida Buat Buku Ajar untuk Solusi Pendidikan Literasi di Kelas Awal
December 13, 2024By