fpip.umsida.ac.id – Di era modern yang semakin dinamis dan penuh tantangan, anak-anak memerlukan pendekatan yang inovatif dalam mengembangkan potensi mereka. Agar dapat siap menghadapi tantangan global, memanfaatkan teknologi yang terus berkembang, serta mengembangkan keterampilan yang relevan untuk masa depan, peran orang tua, guru, dan pendidik sangat penting. Mereka harus memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk belajar, berkembang, dan menggali potensi mereka secara maksimal.
Di tengah kebutuhan tersebut, TK Aisyiyah Bustanul Athfal 4 Pondok Jati hadir dengan pendekatan yang sesuai, yaitu menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan berbasis pada pembelajaran sentra dengan pendekatan proyek. Model pembelajaran ini mengintegrasikan muatan MELESAT (Mathematics, Existence, Literacy, Engineering, Science, Art, Technology) yang bertujuan untuk mengoptimalkan berbagai potensi anak. Pembelajaran ini juga disertai dengan penanaman nilai-nilai Islami yang menjadi dasar pengembangan karakter peserta didik yang berakhlakul karimah, serta mengajarkan ajaran agama Islam yang bersumber dari Al-Qur’an dan As-Sunnah dalam kehidupan sehari-hari.
Model Pembelajaran Sentra Berbasis Proyek di TK Aisyiyah 4 Pondok Jati
TK Aisyiyah Bustanul Athfal 4 Pondok Jati menerapkan model pembelajaran sentra berbasis proyek, yang terdiri dari enam sentra, antara lain sentra balok, sentra persiapan, sentra imtaq, sentra bahan alam, sentra bermain peran, dan sentra IT. Sentra IT menjadi salah satu fokus utama dalam membantu anak-anak mengenal dan memahami teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dengan cara yang menyenangkan dan interaktif. Di sini, anak-anak tidak hanya mempelajari dasar-dasar TIK, tetapi juga dilatih untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis, logika, dan problem-solving.
Di sentra IT, anak-anak diajak untuk membuat desain mereka sendiri menggunakan aplikasi Canva. Aktivitas ini tidak hanya meningkatkan keterampilan teknologi, tetapi juga mengasah kreativitas dan kemampuan mereka untuk menyelesaikan masalah secara mandiri. Selain itu, sentra-sentra lainnya juga memberikan manfaat yang signifikan dalam pengembangan keterampilan sosial dan kognitif anak, menciptakan pengalaman belajar yang holistik dan menyeluruh.
Manfaat Program Magang Mahasiswa Umsida untuk TK Aisyiyah 4 Pondok Jati dan Mahasiswa
Selama kegiatan magang, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) terlibat langsung dalam proses pembelajaran di TK Aisyiyah 4 Pondok Jati. Mereka berperan sebagai asisten guru, membantu dalam merancang dan melaksanakan kegiatan pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan. Selain itu, mahasiswa Umsida juga berkesempatan melakukan observasi dan penelitian tentang metode pembelajaran yang efektif bagi anak usia dini. Mereka mengamati dan menganalisis proses belajar anak serta peran guru dalam mendukung perkembangan anak melalui pembelajaran yang efektif.
Kegiatan magang ini diharapkan memberikan manfaat bagi kedua belah pihak. Bagi mahasiswa, ini merupakan kesempatan untuk mendapatkan pengalaman langsung dan memperluas pengetahuan mereka tentang pengembangan kurikulum dan metode pembelajaran yang efektif. Mahasiswa juga dapat mengaplikasikan teori yang telah dipelajari di kelas ke dalam praktik nyata, meningkatkan kemampuan dan keterampilan mengajar mereka.
Di sisi lain, TK Aisyiyah 4 Pondok Jati juga memperoleh manfaat besar dari kegiatan magang ini. Mereka mendapatkan bantuan dalam mengembangkan kurikulum dan metode pembelajaran yang lebih efektif, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah. Selain itu, kegiatan magang ini juga berperan dalam meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru-guru di TK Aisyiyah 4 Pondok Jati, memperkaya metode pengajaran mereka dengan inovasi baru.
Dengan demikian, program magang ini tidak hanya memberikan manfaat akademis bagi mahasiswa UMSIDA, tetapi juga berkontribusi pada pengembangan kualitas pendidikan di TK Aisyiyah 4 Pondok Jati, mempersiapkan anak-anak untuk masa depan yang cerah dan penuh potensi.
Penulis: Tim PLP I
Editor: Mutafarida