Warek 1 Umsida: Inilah Tips Kuliah Tepat Waktu

Fpip.umsida.ac.id – Pada acara Forum Ta’aruf Mahasiswa (Fortama) wakil rektor 1 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) Dr Hana Catur Wahyuni ST MT memberikan sambutannya pada mahasiswa baru di Auditorium KH A R Fachrudin SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo (Smamda).

Pada kesempatan ini, Dr Hana memberikan beberapa tips kunci sukses kuliah. Tentunya hal ini sangat dibutuhkan apalagi bagi mahasiswa yang baru menginjak dunia Universitas yang sebenarnya.

Dalam artikel ini, akan membahas delapan cara menjadi akademisi sukses yang harus diterapkan oleh seorang mahasiswa.

Baca juga: Warek 1 Umsida Beri 8 Kiat untuk Maba Agar Semangat Kuliah

1. Berintegritas

Menjadi seorang mahasiswa sudah sepatutnya mempunyai sebuah sikap yang sesuai dengan nilai moral atau etika yang ada. Seorang mahasiswa harus mempunyai kemandirian yang kuat baik kejujuran, keadilan, tanggung jawab, dan komitmennya.

“Kalian harus tumbuh menjadi seseorang yang berintegritas, karena sekarang kalian adalah seorang mahasiswa maka semuanya harus bisa kalian pegang sendiri termasuk juga sistem informasi,” ucap Dr Hana.

2. Hormat & Patuh Pada Orang Tua, Guru, serta Dosen

Pada kiat yang kedua, Dr Hana mengatakan ini merupakan salah satu kunci sukses seorang mahasiswa yakni dengan menghormati para guru dan orang tua, jika didunia perkuliahan dosen lah yang harus mereka hormati.

Dr Hana berharap, apa yang disampaikan oleh para dosen nanti bukan hanya dimengerti tetapi juga dapat mereka terapkan

3. Kerja Keras, Cerdas, Tuntas, dan Ikhlas

Berbeda dengan dunia sekolah sebelumnya, saat seseorang sudah menjadi mahasiswa dan memiliki rutinitas yang sibuk mulai pagi hingga malam itu merupakan suatu hal yang biasa.

“Seorang mahasiswa tidak boleh mengeluh karena kalau SMA kalian terbiasanya pulang lebih cepat, namun jika sudah menjadi mahasiswa kalian bisa saja menjalani perkuliahan mulai dari pagi hingga malam,” ujar Dr Hana.

Beliau juga menambahkan, hasil dari rutinitas tersebut nanti pasti akan terlihat.

4. Kreatif, Inovatif, dan Kolaboratif

Kolaborasi adalah suatu hal yang lumrah di kalangan mahasiswa, menurut Dr Hana adanya kolaborasi ini akan memunculkan sebuah ide yang kreatif sehingga dapat menciptakan suatu hal yang inovatif dan bermanfaat bagi banyak orang.

5. Tertib Ibadah, Kuliah, dan Berorganisasi

Dengan beribadah, pikiran dan hati menjadi lebih tentram. Hal ini membantu mahasiswa menjaga keseimbangan di tengah padatnya aktivitas kuliah dan organisasi, sehingga tetap tenang dan fokus dalam menjalani setiap tantangan.

Bukan hanya perihal religiusitas, tertib dalam akademik dan berorganisasi juga pasti harus dilakukan dengan begitu prestasi dan soft skill akan didapatkan oleh para mahasiswa.

Dan dari penggabungan tiga hal ini, mereka akan lebih siap menjalani setiap tantangan dan proses yang ada.

6. Peduli dan Tangguh

Dr Hana menghimbau bahwa seorang mahasiswa harus tangguh dalam menjalani dan menghadapi setiap tantangan di berbagai situasi yang ada.

“Mahasiswa harus memiliki pribadi yang peduli dan tangguh. Jangan sedikit-sedikit mengeluh, terlebih lagi jika di media sosial,”.

Bukan hanya tangguh namun seorang mahasiswa harus memiliki sebuah kepedulian yang tinggi, terutama bagi kesejahteraan masyarakat sehingga akan membantu dalam memajukan bangsa.

Baca juga: Fortama Fakultas Umsida 2024: Uniknya Fortama Tahun Ini

7. Menghasilkan Karya Ilmiah & Publikasi Ilmiah

Ketika mahasiswa baru memasuki dunia perkuliahan, tentu tidak akan asing lagi dengan sebuah karya ilmiah. Ini merupakan rujukan dan bahan belajar yang pasti akan sering dibutuhkan oleh mereka.

Namun sebagai seorang mahasiswa seharusnya bukan hanya menjadi pembaca, namun juga menjadi mencipta. Menurut Dr Hana, dengan adanya sebuah karya hingga publikasi ilmiah, akan lebih membantu mereka dalam menambah prestasi kedepannya.

8. Lulus Kuliah Tepat Waktu

Dari semua usaha yang telah dilakukan ini lulus tepat waktu adalah tujuan utamanya. Menurut beliau, lulus tepat waktu dan di waktu yang tepat adalah hal yang berbeda.

Lulus diwaktu yang tepat bisa memakan waktu yang cukup panjang yakni 7 tahun atau 14 semester, tentunya ini bukan sesuatu yang diharapkan oleh Umsida.

Sedangkan lulus diwaktu yang tepat, adalah menyelesaikan waktu kuliah selama 3,5 hingga 4 tahun. Dan inilah yang harus diraih oleh mereka.

Melalui kiat-kiat tersebut, Dr Hana berharap mahasiswa dapat menerapkan hal ini dalam menjalani proses akademik kedepannya.

Penulis: Aisyah Windy

Bertita Terkini

Serah Terima Jabatan BEM FA FPIP Umsida 2024, Semangat Inovasi dalam Kolaborasi
October 28, 2024By
LPTK PTMA: FPIP Umsida Siap Menghasilkan Calon Pendidik Berkualitas
October 18, 2024By
RisetMu 2024: Teliti Tentang Literasi Dosen PGSD Umsida Raih Prestasi
October 17, 2024By
Dosen PBI Umsida Raih Penghargaan Terbaik dalam Hibah Internasional
October 16, 2024By
RisetMu 2024: Dosen Psikologi Umsida Raih Penghargaan Peneliti Terbaik
October 14, 2024By
Kisah Mahasiswa Non Muslim yang Memilih Umsida
October 11, 2024By
Fortama Umsida 2024: Mahasiswa Harus Tau Pentingnya 2 Hal ini di Era Modernisasi
October 10, 2024By
Mahasiswa Baru Umsida Siap Berkarakter Islami dan Berdaya Saing Global
October 9, 2024By

Prestasi

RisetMu 2024: Teliti Tentang Literasi Dosen PGSD Umsida Raih Prestasi
October 17, 2024By
Dosen Umsida Kembangkan Teknologi AR Hingga Lolos Riset DRTPM
September 18, 2024By
Libatkan Difabel Dosen Umsida Raih Hibah PDP
September 17, 2024By
PPK Ormawa Umsida di Desa Pesisir Sidoarjo
September 4, 2024By
QRIS Jelajah Indonesia: Mahasiswa Umsida Raih Prestasi
September 3, 2024By

Riset dan Inovasi

Dosen Umsida Kembangkan Teknologi AR Hingga Lolos Riset DRTPM
September 18, 2024By
Libatkan Difabel Dosen Umsida Raih Hibah PDP
September 17, 2024By
Dosen PGSD Umsida Berhasil Raih S3, Atasi Masalah Literasi Siswa
September 10, 2024By