Prodi Psikologi Bekerja Sama Dengan UII Yogyakarta, Bahas 4 Hal Ini

Fpip.umsdia.ac.id – Program Studi Psikologi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) jalin kerjasama dengan Universitas Islam Indonesia (UII) di Laboratorium Klasikal Psikologi UII Yogyakarta pada Selasa (23/07/2024).

Kerjasama ini dihadiri oleh Kepala Program Studi Psikologi Umsida, Ghozali Rusyid Affandi SPsi MA beserta jajarannya, serta beberapa pihak dari UII salah satunya adalah Sekretaris Jurusan Psikologi UII, Annisaa Miranty Nurendra SPsi MPsi Psikolog.

Kegiatan ini disambut baik oleh pihak UII. Dalam sambutannya Annisaa mengungkapkan bahwa UII menyambut baik kolaborasi tersebut dan siap untuk berbagi ilmu pengetahuan serta teknologi yang dimiliki. Dengan demikian agenda ini diharapkan dapat meningkatkan hasil penelitian yang relevan sehingga dapat berkontribusi kepada masyarakat.

“Kami berharap kerjasama ini bermanfaat bagi kedua Universitas, serta bagi perkembangan ilmu psikologi di Indonesia secara keseluruhan. Dengan adanya Laboratorium yang modern dan berkualitas tinggi, tentunya akan sangat penting bagi kegiatan penelitian yang relevan dan dapat memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat” Tutur Annisaa.

Sebenarnya tujuan utama dari agenda kerjasama ini adalah untuk mengembangkan laboratorium milik prodi Psikologi, sehingga dapat memiliki fasilitas dan teknologi yang lebih modern agar mendukung dalam berbagai kegiatan penelitian yang lebih medalam.

“Kerjasama ini merupakan langkah penting dalam upaya kami untuk menyediakan fasilitas pendidikan yang lebih baik dan modern bagi mahasiswa kami. Dengan dukungan dan pengalaman dari UII, kami yakin dapat meningkatkan kualitas laboratorium psikologi sehingga mendukung untuk penelitian-penelitian yang lebih mendalam dan aplikatif.” Tutur Ghozali.

Baca juga: PBI Umsida Cetak Generasi Berdaya Saing Global

Pengembangan Laboratorium 

Dari Kerjasama ini Umsida akan sangat terbantu dalam merancang dan mengembangkan laboratorium yang dilengkapi dengan fasilitas mendukung. Hal ini diharapkan dapat membantu dosen maupun mahasiswa untuk bisa melakukan praktikum penelitian secara mendalam dan efektif sehingga dapat mencapai hasil yang inovatif.

“Dengan kolaborasi ini UII akan membantu Umsida dalam merancang dan mengembangkan laboratorium yang dilengkapi dengan peralatan modern serta teknologi terbaru untuk mendukung kegiatan praktikum dan penelitian” Ucap Ghozali.

Pengembangan Pusat Terapan 

Kedua Unversitas ini akan saling bekerjasama untuk mendirikan pusat layanan sehingga tempat ini dapat dijadikan masyarakat sebagai pusat konsultasi. Tidak hanya itu, pusat terapan ini juga akan dijadikan sebagai tempat praktikum bagi mahasiswa.

Pengembangan Jurnal 

Selain dari Labolatoriumnnya, Umsida dan UII juga akan berkolaborasi dalam peningkatan kualitas dan kuantitas ilmiah di bidang psikologi untuk penerbitan jurnal.

“Kami akan berkolaborasi dalam penerbitan jurnal ilmiah mulai dari aspek kualitas hingga kuantitas publikasi di bidang ilmu psikologi” Tutur Ghozali.

Kolaborasi ini diharapkan dapat menghasilkan banyak jurnal ilmiah yang berkualitas sehingga dapat dijadikan untuk referensi banyak orang dalam dunia pendidikan. Beberapa cara yang dapat digunakan adalah dengan fokus pada penulisan, penyuntingan, dan peninjauan.

Dengan penerbitan jurnal secara teratur diharapkan dapat membuka peluang bagi dosen dan mahasiswa untuk mempublikasi lebih banyak penelitian yang inovatif.

Baca juga: Prodi PTI Umsida Berikan Peluang Kerja yang Luas

Pengembangan Pusat Psikologi Islam

Sebagai bagian dari upaya untuk memperkuat nilai-nilai Islam dalam pendidikan psikologi, kedua universitas akan mendirikan pusat psikologi Islam yang fokus pada penelitian dan pengembangan ilmu dan berlandaskan nilai-nilai Islam.

Kerjasama ini akan sangat membantu dalam penerapan prinsip dan ajaran Islam dalam praktik teori bidang ini sehingga, dapat menciptakan pengembangan yang holistik dan seimbang untuk menangani berbagai isu dalam bidang tersebut.

Agenda kerjasama ini diharapkan dapat memberikan dampak positif yang signifikan dalam pengembangan ilmu psikologi di Indonesia, serta memperkuat hubungan antara Umsida dan UII sebagai institusi pendidikan yang berkomitmen terhadap peningkatan kualitas pendidikan di tanah air.

Dengan adanya kerjasama ini akan membuka peluang emas untukmu raih prestasi. Nikmati berbagai fasilitas modern dan canggih untuk tunjang prestasimu.

Jangan lewatkan kesempatan ini dan daftarkan dirimu di  admisi.umsida.ac.id

Penulis: Ghozali Rusyid Affandi

Penyunting : Aisyah Windy

Bertita Terkini

Serah Terima Jabatan BEM FA FPIP Umsida 2024, Semangat Inovasi dalam Kolaborasi
October 28, 2024By
LPTK PTMA: FPIP Umsida Siap Menghasilkan Calon Pendidik Berkualitas
October 18, 2024By
RisetMu 2024: Teliti Tentang Literasi Dosen PGSD Umsida Raih Prestasi
October 17, 2024By
Dosen PBI Umsida Raih Penghargaan Terbaik dalam Hibah Internasional
October 16, 2024By
RisetMu 2024: Dosen Psikologi Umsida Raih Penghargaan Peneliti Terbaik
October 14, 2024By
Kisah Mahasiswa Non Muslim yang Memilih Umsida
October 11, 2024By
Fortama Umsida 2024: Mahasiswa Harus Tau Pentingnya 2 Hal ini di Era Modernisasi
October 10, 2024By
Mahasiswa Baru Umsida Siap Berkarakter Islami dan Berdaya Saing Global
October 9, 2024By

Prestasi

RisetMu 2024: Teliti Tentang Literasi Dosen PGSD Umsida Raih Prestasi
October 17, 2024By
Dosen Umsida Kembangkan Teknologi AR Hingga Lolos Riset DRTPM
September 18, 2024By
Libatkan Difabel Dosen Umsida Raih Hibah PDP
September 17, 2024By
PPK Ormawa Umsida di Desa Pesisir Sidoarjo
September 4, 2024By
QRIS Jelajah Indonesia: Mahasiswa Umsida Raih Prestasi
September 3, 2024By

Riset dan Inovasi

Dosen Umsida Kembangkan Teknologi AR Hingga Lolos Riset DRTPM
September 18, 2024By
Libatkan Difabel Dosen Umsida Raih Hibah PDP
September 17, 2024By
Dosen PGSD Umsida Berhasil Raih S3, Atasi Masalah Literasi Siswa
September 10, 2024By