literasi

Wisata Literasi Virtual Reality (VR) Ramah Difabel Hadir sebagai Inovasi dari PTI Umsida

fpip.umsida.ac.id – Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi (PTI) Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (FPIP) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) meluncurkan inovasi terbaru berupa program Wisata Literasi Virtual Reality Ramah Difabel (Wirabel). Acara sosialisasi dan serah terima perangkat Virtual Reality (VR) ini berlangsung pada Jumat, 20 Desember 2024, di halaman Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sidoarjo.

Program ini dipimpin oleh Dr Rahmania Sri Untari, dosen Program Studi PTI Umsida, bersama tim, dengan tujuan menghadirkan solusi teknologi literasi yang inklusif dan interaktif, khususnya bagi penyandang disabilitas.

Peresmian Pojok VR Ramah Difabel

literasi

Acara peresmian pojok VR dimulai dengan sambutan dari Ketua Dinas Perpustakaan Sidoarjo. Dalam pidatonya, ia menyampaikan apresiasi terhadap inisiatif ini. “Program Wirabel menunjukkan bahwa literasi dapat diakses oleh semua kalangan, termasuk teman-teman difabel. Teknologi VR membuka peluang baru untuk mengenalkan budaya membaca dengan cara yang menarik dan inovatif,” ungkapnya.

Dalam momen tersebut, perangkat VR secara simbolis diserahkan oleh tim pengusul dari Umsida kepada Dinas Perpustakaan Sidoarjo. Perangkat ini akan menjadi fasilitas utama pojok Virtual Reality di perpustakaan, memberikan akses yang lebih luas kepada masyarakat, terutama difabel, untuk menikmati literasi dalam format baru.

Demonstrasi Teknologi VR: Literasi yang Menggugah Minat

literasi

Acara dilanjutkan dengan demonstrasi penggunaan perangkat VR yang menampilkan fitur-fitur utama program Wirabel. Salah satu yang menarik perhatian adalah pengalaman wisata literasi ke museum virtual, di mana pengguna dapat menjelajahi koleksi bersejarah lengkap dengan narasi interaktif.

Dr Rahmania Sri Untari menjelaskan manfaat teknologi ini. “Virtual Reality memberikan pengalaman literasi yang tidak hanya menarik tetapi juga memungkinkan penyandang disabilitas untuk menikmati konten literasi tanpa batasan fisik,” paparnya.

Dengan teknologi VR, perpustakaan dapat mengubah cara masyarakat, khususnya difabel, mengakses informasi. Pengguna yang memiliki keterbatasan mobilitas atau penglihatan tetap dapat merasakan pengalaman membaca buku atau menjelajahi dunia melalui teknologi ini.

Inovasi Inklusi Teknologi dalam Literasi

literasi

Program Wirabel dirancang untuk menciptakan perpustakaan yang lebih inklusif dan modern. Teknologi VR memungkinkan penyandang disabilitas menikmati literasi melalui format interaktif yang mudah diakses. Inisiatif ini sejalan dengan visi Umsida untuk mendorong transformasi perpustakaan konvensional menjadi ruang berbasis teknologi.

“Teknologi seperti ini membawa perpustakaan ke era digital, di mana akses literasi tidak lagi terbatas pada fisik buku atau lokasi, tetapi meluas ke dimensi virtual yang dapat dinikmati oleh siapa saja,” jelas Dr Rahmania.

Harapan Masa Depan untuk Literasi Inklusif

Melalui program ini, Dinas Perpustakaan dan Umsida berharap dapat meningkatkan minat baca masyarakat sekaligus mendukung inklusi sosial melalui literasi berbasis teknologi. Langkah ini menjadi pijakan awal bagi perpustakaan di Sidoarjo untuk lebih berperan sebagai ruang inklusif bagi seluruh lapisan masyarakat.

“Harapannya, teknologi ini dapat memperluas akses literasi, terutama bagi mereka yang selama ini terpinggirkan dari akses ke pengetahuan,” tambah Ketua Dinas Perpustakaan Sidoarjo.

Dengan Wisata Literasi Virtual Reality Ramah Difabel, Umsida dan Dinas Perpustakaan berkomitmen mendukung kemajuan pendidikan melalui teknologi yang inklusif, inovatif, dan inspiratif. Program ini tidak hanya memberikan manfaat bagi difabel tetapi juga menjadi model bagi pengembangan perpustakaan berbasis teknologi di masa depan.

 

Penulis: Rahma Yusrinda

Editor: Mutafarida

Bertita Terkini

sdd
Membangun Karakter Mahasiswa Psikologi Melalui SDD Character Building
January 6, 2025By
dad
DAD IMM Komisariat Al-Kawarizmi Umsida, Ciptakan Kader Bermutu
January 3, 2025By
perkembangan
Memahami Tugas Perkembangan Anak Melalui Piramida Belajar Di Kuliah Tamu Psikologi Umsida
January 2, 2025By
musykom
Komisariat IMM Ar Razi Adakan Musykom untuk Mewujudkan Ikatan yang Inklusif dan Berkemajuan
January 1, 2025By
lkmm-tm
LKMM-TM FPIP 2024, Membangun Jiwa Kepemimpinan yang Intelektual, Bermoral, dan Bertanggung Jawab
December 31, 2024By
bencana
Apel Akbar Siaga Bencana FPIP Umsida 2024, Kesiapsiagaan Mahasiswa Hadapi Ancaman Bencana
December 30, 2024By
pengomposan
Dosen IPA Umsida Ciptakan Buku ‘Teknik Pengomposan’ sebagai Solusi Praktis Atasi Polusi dan Lestarikan Lingkungan
December 27, 2024By
anak
Banyak Anak Muda Memilih Childfree, Dosen Psikologi Umsida Beri Perspektif
December 26, 2024By

Prestasi

Juara Pertama Berhasil Diraih Mahasiswa FPIP di Temilnas IPK HIMPSI 2024
December 19, 2024By
profil Dr. rahmania
Dorong Inovasi dan Kontribusi Nyata untuk Masyarakat, Dosen FPIP Terima Penghargaan Top 10 Sinta
November 19, 2024By
Noly Shofiyah Dosen Berprestasi
Noly Shofiyah, Dosen FPIP Raih Penghargaan Publikasi Ilmiah Award 2023-2024 dengan 3 Kategori
November 13, 2024By
Dr. Yuli Astutik Ucap Rasa Syukur, Raih Penghargaan Publikasi Ilmiah Award 2023-2024
November 11, 2024By
Uci Maulidia Wati: Wisudawan Berprestasi
Kisah Uci Maulidia Wati: Wisudawan Berprestasi 2024 yang Sukses Menyeimbangkan Kuliah, Organisasi, dan Prestasi Internasional
November 1, 2024By

Riset dan Inovasi

buku ajar
Dosen FPIP Umsida Buat Buku Ajar untuk Solusi Pendidikan Literasi di Kelas Awal
December 13, 2024By
Dosen Umsida Kembangkan Teknologi AR Hingga Lolos Riset DRTPM
September 18, 2024By
Libatkan Difabel Dosen Umsida Raih Hibah PDP
September 17, 2024By