fpip.umsida.ac.id – Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) melakukan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) 1 di SD Islam Al-Azhar 52 Sidoarjo. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman pada mahasiswa dalam memahami kultur sekolah, manajemen sekolah, dan kopetensi pendidik yang dilaksanakan pada tanggal 17 februari sampai 21 Februari 2025.
Selama kegiatan berlangsung mahasiswa didampingi oleh guru pembimbing yang memberikan arahan mengenai kultur sekolah, manajemen sekolah, dan kopetensi pendidik yang ada di SD Islam Al-Azhar 52 Sidoarjo. Mahasiswa disambut dengan baik oleh kepala sekolah SD Islam Al-Azhar 52 Sidoarjo dengan harapan kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi kebelah dua pihak.
“Kami senang kehadiran calon guru dari mahasiwa Umsida untuk memperoleh wawasan yang bermanfaat dan siap menjadi pendidik yang profesional” ujarnya.
Salah satu mahasiswa mengungkapkan bahwa pengalaman ini sangat berharga untuk memberikan gambaran nyata tentang dunia pendidikan.
“Kami bisa melihat secara langsung bagaimana guru atau pendidik mengelola kelas, menerapkan metode pembelajaran, serta berinteraksi dengan siswa. Ini akan menjadi bekal untuk kami sebelum terjun kedunia pendidik” katanya.
Karakteristik peserta didik yang ada di SD Islam Al-Azhar 52 Sidoarjo dalam hal kemampuan berfikir, kemampuan intelektual, psikomotorik, dll sangat baik seperti rasa ingin tau yang tinggi terhadap hal-hal baru. Mereka juga aktif bertanya dan mencari materi melalui buku ataupun internet.
Dalam berinteraksi dan berteman dengan warga sekolah, mereka juga memiliki sikap saling memahami dan menghormati. Sedangkan untuk karakteristik peserta didik dalam hal minat dan bakat, sikap, kepribadian peserta didik, sopan dan santun, serta selalu mengucapkan salam ketika bertemu dengan siapapun, dan menyalurkan minat bakatnya melalui berbagai kegiatan ekstrakulikuler yang tersedia.
Adapun visi SD Islam Al- Azhar 52 Sidoarjo, yaitu Mewujudkan cendekiawan muslim yang berakhlakul karimah & berwawasan global.
Misi :
- Memaksimal potensi anak didik untuk menjadi manusia pembelajar yang berkaidah, muamalah, dan berakhlak karimah.
- Menyediakan pendidikan holistik kelas dunia berlingkungan mawaddah warahmah & uswah hasanah yang sesuai etika masyarakat dan perkembengan zaman.
- Memberikan kepuasan dan kesejahteraan kepada setiap civitas SD Islam Al-Azhar 52 Sidoarjo.
- Mewujudkan perangkat kurikulum sekolah sesuai dengan tuntutan perkembangan ilmu pengetehauan dan teknologi.
- Mewujudkan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang profesional sesuai dengan sertifikat yang dimiliki.
- Mewujudkan menejemen sekolah yang transparan dan akuntabel.
- Mewujudkan sarana & prasarana belajar dan pembelajaran yang islami dan memenuhi standar.
- Memberikan kepuasan dan kesejahteraan kepada setiap civitas sekolah.
Selain itu, untuk sarana dan prasarana yang ada SD Islam Al-Azhar 52 Sidoarjo sangat lengkap dan memadai seperti yang sudah dikatakan oleh salah satu guru di sekolah tersebut
“Dimulai dari ruang kelas yang dilengkapi dengan AC, meja, kursi, LCD, proyektor, mesin print disetiap kelas dan papan tulis. Laboratorium yang lengkap dengan alat-alat lab untuk medukung proses pembelajaran yang ada disekolah, serta dilengkapi perpustakaan dengan koleksi buku yang berbagai macam” ujar Miss Retno.
“Dan disini sistem pembelajarannya menggunakan website khusus semacam E-learning jika diperkuliahan, quizizz, google from, dan menggunakan video animasi baik dibuat oleh pendidik maupun ambil dari internet” tambahnya.
SD Islam Al-Azhar 52 Sidoarjo menerapkan peraturan dan tata tertib sekolah yang harus ditaati oleh setiap peserta didik, jika melakukan pelanggaran akan dikenakan sanksi. Dalam memperingati hari besar SD Islam Al-Azhar 52 Sidoarjo mengadakan kegiatan dan upacara yang berkaitan dengan hari besar tersebut.
“Sekolah ini menerapkan tiga kurikulum: Cambridge, yang berfokus pada pengembangan keterampilan akademik dan berpikir kritis melalui mata pelajaran Math, Science, dan English dengan dua jenis buku (Learner’s Book dan Workbook); Al Azhar, kurikulum berbasis agama dari Yayasan Pesantren Islam (YPI) Al Azhar yang mencakup PAI, PAQ, dan Tamyiz; serta Kurikulum Nasional, yang diadaptasi menjadi Kurikulum Merdeka Al Azhar (KURMA), memberikan fleksibilitas bagi sekolah dan guru dalam menyesuaikan pembelajaran sesuai kebutuhan siswa,” ujar Miss Retno.
SD Islam Al-Azhar 52 Sidoarjo menyediakan berbagai kegiatan ekstrakurikuler, kokurikuler, dan kurikuler untuk menunjang perkembangan siswa. Ekstrakurikuler mencakup tiga bidang utama: keagamaan (TPQ, Tahfidz, Banjari), minat dan bakat (Choir, Cooking, Coding, Digital Creator, Archery, Music, Dancing, Robotic), serta olahraga (Basket, Futsal, Taekwondo). Selain itu, kokurikuler seperti Pramuka dan kurikuler dengan mata pelajaran beragam, termasuk English, Sains, PAQ, PAI, Tamyiz, IPAS, PJOK, dan Bahasa Jawa, juga diterapkan.
Prestasi membanggakan diraih dalam berbagai bidang, seperti Choir yang meraih medali perak di Bali International Choir Festival (BICF) dan tim Basket yang memenangkan Urban & Sport Elementary 5×5 Basketball Festival DBL Academy 2023. Dalam akademik, siswa juga berhasil meraih Silver Medal di International Kangaroo Science Competition (IKSC) 2023.
Selain itu, sekolah menerapkan program Halaqoh, yaitu kegiatan tilawah pagi dan siang sebelum sholat dzuhur. Program ini bertujuan membentuk akhlak, memperkenalkan Al-Qur’an sejak dini, serta mendorong siswa berpartisipasi dalam perlombaan hafalan. Setelah menyelesaikan hafalan, siswa mengikuti munaqosah sebagai tahap evaluasi.
Dengan kombinasi pembelajaran akademik dan pengembangan karakter, SD Islam Al-Azhar 52 Sidoarjo terus mencetak siswa berprestasi di berbagai bidang.
SD Islam Al-Azhar 52 Sidoarjo membiasakan peserta didik melaksanakan sholat dhuha dan dzuhur berjama’ah guna meningkatkan kedisiplinan, konsentrasi, serta keimanan siswa. Sholat dhuha dilakukan sebelum pelajaran dimulai, sedangkan sholat dzuhur diiringi kultum oleh guru. Kegiatan ini juga mempererat tali persaudaraan dengan arahan tim adab yang dipimpin siswa.
Selain itu, sekolah menerapkan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) sesuai kurikulum nasional. Siswa kelas 3 dan 4 tengah mempersiapkan pertunjukan P5 yang akan digelar di Balai Budaya Surabaya pada 23 Februari 2025. Program ini bertujuan mengasah kreativitas, keberanian tampil, serta menjadi sarana hiburan bagi siswa.
Antusiasme siswa juga terlihat dalam melihat hasil tryout, di mana mereka tetap bersemangat untuk memperbaiki capaian belajar. Dalam hal tenaga pendidik, SD Islam Al-Azhar 52 Sidoarjo memastikan empat kompetensi guru terpenuhi, yaitu pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial, guna menciptakan pembelajaran yang berkualitas.
Melalui PLP 1, mahasiswa PGSD Umsida mendapatkan kesempatan mengaplikasikan ilmu demi menjadi pendidik profesional dan bermutu.
Penulis : Tim PLP 1
Editor: Mutafarida